Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
95Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RPP SKI XII MA

RPP SKI XII MA

Ratings:

4.56

(27)
|Views: 14,168 |Likes:
Published by muhammad nuh
RPP SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM UNTUK MADRASAH ALIYAH KELAS XII KTSP
RPP SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM UNTUK MADRASAH ALIYAH KELAS XII KTSP

More info:

Published by: muhammad nuh on Feb 01, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2014

 
   R  e  n  c  a  n  a   P  e   l  a   k  s  a  n  a  a  n   P  e  m   b  e   l  a   j  a  r  a  n
11 
3. Kegiatan Akhir
a) Memberikan latihan harian menjelang jam pelajaran habis, dengan meminta murid menjawabrubrik Selisik (hlm. 3 dan 11) dalam buku SKI ini.b) Menutup pertemuan dengan meminta murid mencermati rubrik Dari Pojok Sejarah sebagai bahanrenungan (hlm. 15-16).c) Menugaskan kepada murid untuk membaca dan membuat catatan atas pelajaran yang akandatang.d) SituSoal (hlm. 18-21) sebagai tugas rumah murid.e) Mengucapkan salam penutup.
B. Alat dan Sumber
- Tim Penyusun. 2006.
Menjelajahi Peradaban Islam Kelas XII 
. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.- Buku-buku sejarah Islam lainnya yang relevan.- Buku Pengayaan siswa kelas XII.- Artikel/berita di media massa dan internet.
C. Penilaian1. Penilaian (Tes) Pengetahuan
Tes pengetahuan dimaksudkan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap mata pelajaran yangsudah dipelajari. Tes ini dapat dilakukan secara tertulis atau lisan. Tes pengetahuan secara tertulis–ulangan harian, misalnya– dapat dilakukan dengan meminta murid menyelesaikan soal-soal tertulisyang dibuat oleh guru. Dalam hal ini, soal-soal Uji Kompetensi (hlm. 18-21) dapat digunakan sebagaisoal-soal alternatif.Sedangkan tes pengetahuan secara lisan dapat dilakukan dengan meminta murid untuk menjawabsecara lisan soal-soal yang dilontarkan guru.
Contoh:No.Butir-butir SoalKunci Jawaban
1Andalusia ditaklukkan DinastiUmayyah I pada tahun 711 M.Siapakah khalifah yang berkuasapada saat penaklukan Andalusia?Walid bin Abdul Malik.2Jelaskan proses masuknya Islam keAndalusia?Musa bin Nusair sebagai gubernur Afrika Utara sebelum-nya meminta izin kepada Khalifah Walid bin Abdul Malikuntuk memperluas wilayah kekuasaan Islam ke Anda-lusia. Bersamaan dengan itu, Gubernur Julian memintabantuan Musa bin Nusair untuk menyerbu Andalusiayang pada waktu itu dikuasai Raja Roderick. Akhirnya,pasukan Musa dapat menaklukkan Andalusia sehinggaIslam bisa disebarkan di Andalusia. 
2. Penilaian Perbuatan/Kinerja
Tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan psikomotorik siswa dalam merespon mata pelajar-an yang telah dipelajari. Untuk itu, beberapa poin dalam tes ini lebih menonjolkan apresisasi praktissiswa terhadap mata pelajaran.
Contoh:
NoNama MuridKemampua BerceritaCatatan GuruIIIIIIIV1.AmirBCBAPenguasaan materi masih lemah. Aktivitas mem-baca perlu ditingkatkan.2.MamanCACAPenguasaan materi dan daya analitis sudah bagus,tetapi kecakapan berbicara atau bercerita masihperlu diasah lagi.dst...................
Keterangan: Skor Tes Kinerja
I. Gaya Bahasa A : Istimewa = 80-90II. Penguasaan Materi B : Baik = 70-79III. Sistematika Bercerita C : Cukup = 60-69IV. Daya Analitis D : Kurang = 50-59E : Buruk = <50
 
12 
3. Penilaian (Tes) Sikap
Penilaian ini dilakukan guna mengetahui sejauh mana keterbangunan kesadaran siswa dalam bersikap,setelah mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran yang diprogramkan. Salah satu instrumen yangdapat digunakan untuk melakukan penilaian ini adalah angket skala sikap.
Contoh:NoPernyataanSikapNilaiSSSTSSTS
1Sebagaimana Abdurrahman ad-Dakhil yang mendirikankekuasaannya dengan cara kotor, kekuasaan pada dasarnyaboleh kita raih dengan cara apa pun.vSTB*2Kepemimpinan Abdurrahman ad-Dakhil mengangkat umat Is-lam menjadi peradaban paling maju kala itu. Hal ini karena iaberkuasa dengan cara diktator.dst..............................................
 
Keterangan:
*) Nilai STB (Sangat Tidak Benar) diberikan karena sikap yang dipilih tidak sesuai dengan nilai-nilailuhur dalam kehidupan. Bagaimanapun, sikap menghalalkan segala cara untuk menggapai se-suatu –kekuasaan, misalnya– tidak akan pernah dibenarkan menurut etika moral dan agama. Jikasaja sikap yang dipilih adalah STS (Sangat Tidak Setuju), guru dapat memberikan nilai SB (SangatBenar).
Nilai:SB
(Sangat Benar) = Skor 50
TB
(Tidak Benar) = Skor 10
B
(Benar) = Skor 40
STB
(Sangat Tidak Benar = Skor 0
4. Penilaian (Tes) Produk/Proyek
Penilaian produk dilakukan guna mengukur kemampuan murid dalam menyelesaikan pelbagai jeniskegiatan penugasan kreatif seperti menulis, mengarang, merangkum, dan sebagainya. Produk-produksiswa, baik hasil kerja individu maupun kelompok, dapat dilihat melalui lembar-lembar penugasanyang terkumpul secara temporal. Berikut ini salah satu contoh bentuk penugasan yang biasa digu-nakan sebagai instrumen siswa dalam membuat produk.
Contoh:
Setiap siswa diminta berdiskusi dengan kelompok mereka. Kemudian hasil diskusi,dipresentasikan di depan teman-teman (Selisik, hlm. 3 dan 11).
5. Portofolio
Portofolio dapat diartikan sebagai wujud benda sik dari suatu proses sosial pedagogis. Portofolioadalah kumpulan atau dokumentasi proses belajar murid yang disimpan dalam sebuah bundel
da-tabase
, yang kemudian biasa disebut sebagai bundel portofolio. Dengan portofolio, kita dapat mem-beri catatan pada hasil kegiatan murid dan memberinya komentar perbaikan dari waktu ke waktu.Dari bundel portofolio ini pula kemajuan (
 progress
) proses belajar murid dapat kita ketahui. Denganungkapan lain, portofolio juga berfungsi sebagai laporan hasil kegiatan pembelajaran murid. Portofolio juga berfungsi sebagai dasar pijakan dalam melakukan evaluasi terhadap murid, demi tercapainyakemajuan hasil belajar pada waktu selanjutnya. Adapun beberapa hal yang dapat diportofoliokandalam kegiatan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah sebagai berikut.1. Berkas pengerjaan soal Uji Kompetensi berikut hasil-hasilnya.2. Berkas dari hasil penugasan.3. Produk dari hasil penugasan produk/proyek.
Contoh:Portofolio Bab I
Nama Murid : AbdullahKelas : XIINIM : 00110203Hari/Tgl.TugasKeterlaksanaanKetepatanWaktuSkorKeteranganYaTidakSenin/12 Mengidentikasi tokoh-to-koh hadis (Selisik, hlm. 6)vTepat 13Identikasikurang baik.Rabu/22 Mengerjakan soal-soalSituSoal (hlm. 18-21)vTepat214 jawabansalah.

Activity (95)

You've already reviewed this. Edit your review.
dinarmujib added this note
bisa email ke dinarvikajanetzea@gmail>com ya pak saya minta.mksh
dinarmujib liked this
Vadell Bin Abdullah added this note
minta filenya
1 thousand reads
1 hundred reads
Fadrizal liked this
As'ad Jelajah liked this
wongwonorejo liked this
Jainul Arifin added this note
minta file nya ya, ini sangat di butuhkan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->