Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KELEMBABAN RELATIF

KELEMBABAN RELATIF

Ratings: (0)|Views: 61 |Likes:
Published by Krujid Satria

More info:

Published by: Krujid Satria on Dec 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/29/2013

pdf

text

original

 
KELEMBABAN RELATIFP8I.
 
TUJUAN
Menentukan RH (Relative Humidity) atau kelembaban udara pada suaturuang.
 II.
 
TEORI
Tekanan uap adalah tekanan suatu uap pada kesetimbangan dengan fasebukan uap-nya. Semua zat padat dan cair memiliki kecenderungan untuk menguapmenjadi suatu bentuk gas, dan semua gas memiliki suatu kecenderungan untuk mengembun kembali. Pada suatu suatu suhu tertentu, suatu zat tertentu memilikisuatu tekanan parsial yang merupakan titik kesetimbangan dinamis gas zattersebut dengan bentuk cair atau padatnya. Titik ini adalah tekanan uap zattersebut pada suhu tersebut (Giancoli, 2001).Kelembaban relatif didefinisikan sebagai perbandingan fraksi molekul uapair di dalam udara basah terhadap fraksi molekul uap air jenuh pada suhu dantekanan yang sama, atau perbandingan antara tekanan persial uap air yang ada didalam udara dengan tekanan jenuh uap air yang ada pada temperatur yang sama.Kelembaban relatif dapat dikatakan sebagai kemampuan udara untuk menerimakandungan uap air, jadi semakin besar RH semakin kecil kemampuan udaratersebut untuk menyerap uap air (Hanafi, 1988).Psikometrik merupakan suatu bahasan tentang sifat-sifat campuran udaradengan uap air, dan ini mempunyai arti yang sangat penting dalam pengkondisianudara karena udara pada atmosfir merupakan percampuran antara udara dan uapair, jadi tidak benar-benar kering. Kandungan uap air dalam udara pada untuk suatu keperluan harus dibuang atau malah ditambahkan. temperatur padapsikrometrik terbagi dalam 2 bagian yaitu :1.
 
Temperatur termometer kering.Temperatur bola kering merupakan temperaturyang terbaca pada termometer sensor kering dan terbuka, namun penunjukan daritemperatur ini tidak tepat karena adanya pengaruh radiasi panas.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->