Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
METODE ILMIAH DAN IMPLEMENTASINYA.

METODE ILMIAH DAN IMPLEMENTASINYA.

Ratings: (0)|Views: 672 |Likes:
Published by Nidal Zuwida

More info:

Published by: Nidal Zuwida on Dec 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/29/2013

pdf

text

original

 
METODE ILMIAH DAN IMPLEMENTASINYA
A.Metode IlmiahPengetahuan diperoleh dengan berbagai cara,antara lain :
Prasangka, yaitu suatu anggapan yang benar ,padahal baru merupakankemungkinan yang bisa saja benar ataupun bisa juga salah
Intuisi , yaitu pendapat seseorang yang diangkat melalui pendaharaan pengetahuan yang terdahulu , melalui suatu proses yang tidak disadari dan belumtentu cocok dengan kenyataan.
Trial and error( coba – coba ) yaitu metode coba – coba atau untung – untungan .Banyak sekali pengetahuan yang diperoleh manusia pada zaman ini , sejak zamanmanusia purba hingga kini . Pada zaman Yunani ,orang cenderung untuk mengikutiajaran para pakar ataupun penguasa.Namun ajaran ini teryata banyak yang keliru sebabahli-ahli itu terlalu mengandalkan pemikirannya saja.Pengetahuan yang diperoleh dengan cara ini termasuk pada golongan pengetahuanyang tidak ilmiah. Sebab pengetahuan yang ilmiah itu harus memiliki empat syarat yaitu :
Objektif 
Metodik 
Sistematik 
Berlaku umum, dan
Komulatif 
A.Langkah – Langkah Operasional Metode Ilmiah
Salah satu syarat ilmu pengetahuan yaitu materi pengetahuan itu harus diperolehmelalui metode ilmiah .Metode ilmiah adalah prosedur dalam mendapatkan ilmu.Salah
 
satu ahli berpendapat yaitu
Senn
bahwa metode ilmah merupakan suatu cara untuk mengetahui segala sesuatu dengan langkah – langkah yang sistematis , bersifat objektif dan konsisten .Sedangkan metoodologi merupakan suatu pengkajian dalam mempelajari peraturan peraturan dalam metode tersebut.Dan pendekatan yang digunakan kadang-kadang bersifat deduktif maupun induktif.
B.Kriteria Metode Ilmiah
Jika metode yang digunakan dalam penelitian disebut metode ilmiah , maka metodetersebut harus memiliki criteria sebagai berikut :
Berdasarkan FaktaKeterangan yang diperoleh dalam penelitian haruslah berdasarkan fakta – fakta yang nyata .
Bebas Dari PrasangkaArtinya bersih dan jauh dari pertimbangan subjektif .
Menggunakan Prinsip AnalisisSemua masalah harus dicari sebab-sebabnya serta pemecahannya denganmenggunakan analisis yang logis .
Menggunakan HipotesisHipotesis harus ada untuk mengumpulkan persoalan hingga hasilnya akanmengenai sasaran .
Menggunakan Ukuran Objektif Penelitian dan analisis harus dinyatakan dengan ukuran objektif,pertimbanganyang dibuat secara objektif.
Menggunakan Teknik Kuantitif 
 
Dalam metode ilmiah lazim digunkan,kecuali untuk atribut yang tidak dikuantifikasi.Alur berfikir yang tercakup dalam metode ilmiah dapat dijabarkan dalam langkah – langkah yang mencerminkan tahapan kegiatan ilmiah . Langkah – langkah operasionalmetode ilmiah yaitu :
Perumusan masalah
Penyusunan kerangka berfikir dalam pengajuan hipotesis
Perumusan hipotesi
Pengujian hipotesis
Penarikan kesimpulanKeseluruhan langkah tersebut harus ditempuh melalui urutan yang teratur ,sebablangkah yang satu merupakan landasan untuk langkah berikutnya.Maka dapatdisimpulkan bahwa ilmu pengetahuan merupakan pengetahuan yang disusun secarasistematis , berlaku umum dan kebenarannya telah teruji secara empiris .
C.Keterbatasan dan Keunggulan Metode Ilmiah
1.KeterbatasanPengetahuan ilmiah dihasilkan dengan menggunakan metode ilmiah,dimana metodeilmiah tidak sanggup menjangkau untuk menguji adanya Tuhan .Metode ilmiah jugatidak dapat menjangkau untuk membuat kesimpulan yang berkenaan dengan baik dan buruk atau system nilai.Juga tidak dapat menjangkau tentang seni dan keindahan .2.KeunggulanCirri khas ilmu pengetahuan bersifat objektif , metodik , sistematik dan berlakuumum.Hal yang demikian akan membimbing pada sikap ilmiah yang terpuji yaitu :
Mencintai kebenaran yang objektif 

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ina Yunita liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->