Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Pengkajian Kmb Lanjut i Siti Khoiroh

Tugas Pengkajian Kmb Lanjut i Siti Khoiroh

Ratings: (0)|Views: 171 |Likes:

More info:

Published by: Zahrah Maulidia Septimar on Dec 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/06/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Adanya pergeseran demografi, pergeseran sosial ekonomi, serta meningkatdan bertambah rumitnya masalah kesehatan akan berdampak pada tuntutan dankebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan termasuk pelayanan keperawatan.Masyarakat lebih sadar akan hak dan kewajiban untuk menuntut tersedianya pelayanan pelayanan kesehatan dan keperawatan dengan mutu yang secara profesional dapat dipertanggungjawabkan.Peningkatan mutu pelayanan keperawatan dapat diberikan dengan bebagaicara salah satunya dengan memberikan asuhan keperawatan yang berkualitas dan profesional melalui lima tahapan proses keperawatan, yaitu pengkajian, penetapandiagnosa keperawatan, intervensi, implementasi dan evaluasi. Asuhan keperawatanyang profesional akan terwujud jika perawat sendiri benar-benar memahami ilmukeperawatan secara benar dan baik. Pemahaman yang baik dan benar tentunyamerujuk kepada ilmu keperawatan yang dijadikan dasar dalam pemberian asuhankeperawatan pada pasien baik di rumah sakit, keluarga maupun di mayarakat.Peningkatan mutu pelayanan keperawatan didukung oleh pengembangan teoriteori keperawatan. Perkembangan teori keperawatan telah menghasilkan banyak karya/ide baru yang dikembangkan yang menguntungkan dunia keperawatan untuk mengembangkan pemikiran dan penalaran perawat dengan teori yang cocok untuk digunakan atau diterapkan dalam praktek keperawatan pada klien secara nyata.Salah satu teori keperawatan yang dapat dikembangkan untuk praktekeperawatan di Indonesia adalah teori “Model Adaptasi Roy” dari Sister CallistaRoy. Teori ini menjelaskan bagaimana individu/klien mampu meningkatkankesehatannya dengan mempertahankan perilaku secara adaptif dan merubah perilaku yang maladaptif.
1
 
Teori adaptasi Roy menggunakan pendekatan yang dinamis, dimana peran perawat dalam memberikan asuhan keperawatan dengan memfasilitasi kemampuanklien untuk melakukan adaptasi dalam menghadapi perubahan kebutuhan dasarnya.Dalam memberikan asuhan keperawatan yang profesional dan komprehensif, datadasar klien sangat diperlukan dalam mengidentifikasi respon respon klien terhadapmasalah kesehatan. Dengan demikian cara perawat mengumpulkan data danmengorganisasi data saat berada dalam tahap pengkajian merupakan hal yangsangat penting sehingga diagnosis keperawatan yang sesuai dapat teridentifikasi.Roy memberikan pendekatan multifokal dalam pengkajian tingkat pertamanya tentang empat cara adaptasi klien yaitu cara fisiologis, konsep diri,fungsi peran dan interdependensi. Setelah pengkajian tingkat pertama, perawatkemudian menentukan stimulus fokal, kontekstual dan residual yang menunjangmasing masing prilaku tersebut. Pengkajian tingkat kedua difokuskan pada faktor faktor yang mempengaruhi prilaku dari masalah.Mengingat pentingnya konsep pengkajian dalam keperawatan dan penerapanteori yang sudah dikembangkan pakar keperawatan dalam hal ini Model AdaptasiRoy, maka penulis tertarik untuk menyusun makalah tentang Penerapan theoriModel Adaptasi Sister Callista Roy dalam pengkajian sistem endokrin.
1.2Tujuan
1.Tujuan Umum :Memahami penerapan Model Adaptasi Roy dalam pengkajian keperawatantentang system endokrin2.Tujuan Khusus :a.Memahami pengkajian menurut konsep model adaptasi Sister Calista Roy b.Mengaplikasikan konsep pengkajian keperawatan menurut Roy dalam studykasus system Endokrin
2
 
c.Menganalisis kesesuaian asuhan keperawatan yang diberikan dankesenjangan kesenjangan yang terjadi.
1.3Manfaat Penulisan
Manfaat penulisan makalah ini adalah Memberikan arahan bagi penulisuntuk penerapan model teori keperawatan menurut Sister Calista Roy dalam pemberian asuhan keperawatan pada pasien.
1.4Sistematika Penulisan
Penulisan makalah ini disusun dalam 5 bab, yaitu :Bab I : Pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah, tujuan penulisan,manfaat penulisan dan Sistematika penulisan.Bab II : Tinjauan Teori yang berisi tentang konsep theori Adaptasi menurut Sister Calista Roy.Bab III : Analisis / Aplikasi Konsep theori Calista Roy dalam kasus.Bab IV : PembahasanBab V : Kesimpulan dan Saran.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->