Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SNI 03-6570-2001 Instalasi Pompa Yang Dipasang Tetap Untuk Pemadam Kebakaran

SNI 03-6570-2001 Instalasi Pompa Yang Dipasang Tetap Untuk Pemadam Kebakaran

Ratings:

4.5

(12)
|Views: 3,800 |Likes:
Published by purboyoari5637

More info:

Published by: purboyoari5637 on Feb 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2014

 
SNI 03-6570-2001
1dari142 
Instalasi Pompa Yang Dipasang Tetap Untuk Proteksi Kebakaran
1 Pendahuluan.
1.1 Ruang Lingkup dan Acuan.1.1.1 Ruang Lingkup.
Standar ini berhubungan dengan pemilihan dan instalasi pompa yang memasok air untukproteksi kebakaran pada bangunan gedung.Hal-hal yang dipertimbangkan, termasuk:a) pasokan air.b) hisapan, pelepasan, dan peralatan pelengkap.c) pasokan daya.d) penggerak elektrik dan kontrol.e) motor bakar penggerak dan kontrol.f) turbin uap penggerak dan kontrol.g) uji serah terima dan pengoperasian.Standar ini tidak mencakup kapasitas sistem pasokan air dan persyaratan tekanan (lihatA.2.1.1), maupun persyaratan yang mencakup pemeriksaan berkala, pengujian danpemeliharaan sistem pompa kebakaran. Standar ini juga tidak mencakup persyaratan untukinstalasi pengkabelan unit pompa kebakaran.
1.1.2 Acuan.
NFPA 20, Standar for the installation of stationary pumps for fire protection, 1999, edition,National Fire Protection Association.
1.2 Tujuan.1.2.1
Tujuan standar ini untuk menyediakan secara wajar proteksi terhadap jiwa danharta milik dari kebakaran melalui persyaratan instalasi pompa yang dipasang tetap untukproteksi kebakaran, didasarkan pada prinsip keteknikan, data uji, dan pengalaman lokasi.Standar ini termasuk pompa satu tingkat dan bertingkat banyak dengan poros yangdirancang horisontal atau vertikal.Persyaratan ditentukan untuk perancangan dan pemasangan pompa, penggerak pompa danperalatan yang berhubungan dengannya.Standar ini mengusahakan agar catatan-catatan dari instalasi pompa yang dipasang tetapdan memenuhi tuntutan perkembangan teknologi terus dipakai.Standar ini tidak dimaksudkan untuk menghambat teknologi baru atau penggantiansusunannya, asalkan ketentuan tersebut tidak lebih rendah dari standar ini.
 
SNI 03-6570-2001
2dari142 
1.2.2 Instalasi yang sudah ada.
Apabila instalasi pompa yang sudah ada memenuhi standar pada saat pemasangan, pompaboleh tetap digunakan, di mana pompa ini tidak menimbulkan perbedaan di dalammemproteksi jiwa atau harta milik yang bersebelahan.
1.3 Pompa lainnya.
Pompa yang lain dari spesifikasi dalam standar ini dan mempunyai fasilitas rancangan yangberbeda boleh dipasang apabila pompa tersebut telah teruji oleh laboratorium uji. Pompatersebut dibatasi sampai kapasitas kurang dari 1.892 liter/menit (500 gpm).
1.4* Syarat persetujuan.1.4.1
Persetujuan diberikan apabila pompa tetap dipilih berdasarkan pada kondisidimana pompa ini dipasang dan digunakan.
1.4.2
Pabrik pembuat pompa atau perwakilan yang ditunjuk harus memberikaninformasi yang lengkap berkaitan dengan karakteristik air dan pasokan daya listrik.Suatu perencanaan lengkap dan data detail yang menggambarkan pompa, penggerak, alatkontrol, pasokan daya, sambungan hisap dan pelepasan, dan kondisi pasokan air harusdisiapkan untuk persetujuan.Setiap pompa, penggerak, alat kontrol peralatan, pasokan daya dan susunannya, danpasokan air harus disetujui oleh instansi berwenang untuk kondisi lokasi spesifik yangdijumpai.
1.5 Pengoperasian pompa.
Dalam kejadian pompa kebakaran beroperasi, petugas yang terlatih harus tanggap terhadaplokasi pompa kebakaran untuk memastikan bahwa pompa kebakaran beroperasi denganmemuaskan.
1.6 Kinerja unit.1.6.1
Unit yang terdiri dari pompa, penggerak, dan alat kontrol harus sepenuhnyamemenuhi standar pemasangan atau bila komponennya diganti.
1.6.2
Untuk memenuhi kinerja sesuai ketentuan standar ini maka unit lengkap harusdiuji sebelum diadakan serah terima lokasi.
1.7 Sertifikat uji pabrik.
Kurva pada sertifikat uji pabrik yang menunjukkan head, kapasitas dan daya poros daripompa harus dilengkapi oleh pabrik pembuat untuk pembelinya. Pembeli harus melengkapidata ini untuk disampaikan kepada instansi berwenang.
1.8 Istilah dan Definisi.1.8.1 Definisi sebagai berikut digunakan dalam standar ini:1.8.1.1aditif 
Suatu cairan seperti konsentrat busa, pengemulsi, cairan supresi uap berbahaya dan bahanberbusa ditujukan untuk disuntikkan ke dalam aliran air pada atau di atas tekanan air.
 
SNI 03-6570-2001
3dari142 
1.8.1.81.8.1.2air tanah
Air yang tersedia pada sumur, yang berasal dari permukaan lapisan penyangga air (aquifer)
1.8.1.3alat kontrol pompa kebakaran
kelompok peralatan yang berfungsi sebagai pengatur, pada umumnya diset (disetel)sebelumnya, yang menjalankan dan menghentikan penggerak pompa kebakaran sertamemantau sinyal status dan kondisi unit pompa kebakaran.
1.8.1.4analisa kinerja aquafer 
pengujian yang dirancang untuk menentukan jumlah air di bawah tanah yang tersedia dilokasi dan mempunyai ruang yang cukup memadai untuk mencegah gangguan di lokasitersebut. Pada dasarnya hasil pengujian menyediakan informasi yang berhubungan dengankemampuan alir dan koefisien penyimpanan (volume air yang ada) dari aquifer.
1.8.1.5aquafer 
formasi di bawah tanah yang mengandung bahan stabil yang dapat ditembus air untukmenghasilkan sejumlah air yang cukup.
1.8.1.6bahan tahan korosi
bahan seperti brass, tembaga, monel, baja tahan karat, atau bahan-bahan setara yangtahan korosi.
1.8.1.7daya angkat hisap total
daya angkat hisap ada bila head hisap total di bawah tekanan atmosfer. Daya angkat hisaptotal seperti ditentukan pada pengujian, adalah bacaan pada manometer cairan pada nozelhisap dari pompa, dirubah ke meter ( ft ) cairan, ditunjukkan ke titik duga, dikurangi headkecepatan pada titik dimana pengukur dipasang.
daya poros maksimum pompa
daya poros maksimum pompa yang dipersyaratkan untuk menjalankan pompa pada suatukecepatan nominal. Pabrik pembuat pompa menentukan ini dengan uji di pabrik di bawahkondisi hisapan dan pelepasan yang ditentukan. Kondisi aktual di lokasi dapat berbedadengan kondisi pabrik.
1.8.1.9disetujui
dapat diterima oleh instansi berwenang.
1.8.1.10faktor pelayanan
perkalian dari motor arus bolak balik yang bila diterapkan ke daya poros menunjukkan bebandaya poros yang diijinkan yang dapat menghantarkan tegangan, frekuensi dan temperatur.

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mbah Trukan added this note
Gimana nih gan caranya download
Akbar Adiwijaya liked this
Daud Simon A liked this
Nur Susanto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->