Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
proses persiapan kemerdekaan indonesia

proses persiapan kemerdekaan indonesia

Ratings: (0)|Views: 37 |Likes:
Published by Vivi Ansita Dewi
ips
ips

More info:

Published by: Vivi Ansita Dewi on Dec 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2013

pdf

text

original

 
Kekalahan jepang dalam perang fasifik
Perang Pasifik disebut juga Perang Asia Timur Raya.Perang ini terjadi antara Jepang dengan Sekutu (yangtermasuk Tiongkok, Amerika Serikat, Britania Raya,Filipina, Belanda, dan Selandia Baru). Dalam PerangPasifik, Pulau Saipan jatuh ke tangan pasukan AmerikaSerikat. Keadaan ini terjadi pada bulan Juni 1944.Jatuhnya Pulau Saipan menyebabkan posisi Jepangsemakin terancam, karena di berbagai wilayahpeperangan Jepang selalu menemui kekalahan. Olehkarena itu, pada tanggal 9 September 1944 PerdanaMenteri Koiso memberi janji kemerdekaan kepadarakyat Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menariksimpati rakyat Indonesia.
 
Golongan tua dan muda yang berbedapendapat
Menjelang akhir PD II, Jepang mengalami banyak kekalahan. Pada tanggal6 dan 9 Agustus 1945 kota Hirosima dan Nagasaki dibom oleh Sekutu.Pada tanggal 11 Agustus 1945, Jepang memberikan janji kemerdekaanyang disampaikan kepada tiga orang pemimpin Indonesia, yaitu Ir.Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Dr. Rajiman Wedyodiningrat. Ketiganyadiminta mempersiapkan kemerdekaan. Dengan janji ini Jepang berharap,rakyat Indonesia mau membantu Jepang yang semakin terdesak danmengalami kekalahan di mana-mana.
Sebelum janjinya terpenuhi, pada tanggal 14 Agustus 1945 Jepangmenyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Berita kekalahan Jepang tersebutmasih dirahasiakan. Tetapi salah seorang pemuda Indonesia yaitu SutanSyahrir mendengar lewat siaran radio luar negeri. Akhirnya pada tanggal15 Agustus golongan pemuda yang terdiri dari Wikana, Sutan Syahrir,Darwis dan lain-lain mendesak Bung Karno untuk segera mengumumkankemerdekaan Indonesia. Hal ini ditolak oleh para golongan tua denganalasan harus dibicarakan dalam sidang PPKI.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->