Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kurikulum spectrum smk 2 spn

Kurikulum spectrum smk 2 spn

Ratings: (0)|Views: 623|Likes:
Published by Arif Harianto, S.Pd

More info:

Published by: Arif Harianto, S.Pd on Dec 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/06/2012

pdf

text

original

 
 
KTSP SMK NEGERI 2 SUNGAI PENUH
BAB.IPENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwaKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar danmenengah disusun oleh satuan pendidikan.Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengacu padastandar nasional pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuanpendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas: (1) standar isi, (2)standar proses, (3) standar kompetensi lulusan, (4) standar pendidik dan tenagakependidikan, (5) standar sarana dan prasarana, (6) standar pengelolaan, (7)standar pembiayaan, dan (8) standar penilaian pendidikan. Empat dari kedelapanstandar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI), Standar KompetensiLulusan (SKL), Standar Proses, dan Standar Penilaian merupakan acuan utamabagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.Untuk memenuhi amanat Undang-undang/Peraturan Pemerintah tersebut di atas,dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuanpendidikan sekolah pada khususnya, SMK Negeri 2 Sungai Penuh sebagaisatuan pendidikan kejuruan mengembangkan Kurikulum SMK Negeri 2 SungaiPenuh.Dalam mengembangkan kurikulum, SMK Negeri 2 Sungai Penuh melibatkanseluruh warga sekolah dan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan (stakeholders). Melalui Kurikulum SMK Negeri 2 Sungai Penuh ini diharapkan sekolahdapat melaksanakan program pendidikan sesuai dengan karakteristik, potensi,dan kebutuhan peserta didik.
B. Landasan
1.Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional.2.Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang StandaNasional Pendidikan.
3.
Peraturan Mendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.4.Peraturan Mendiknas Nomor 23 tahun 2006 tentang StandaKompetensi Lulusan.5.Peraturan Mendiknas Nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaanpermendiknas nomor 22 dan 23.6.Peraturan Mendiknas Nomor 6 tahun 2007 tentang perubahanpermendiknas Nomor 24 tahun 2006.7.Peraturan Mendiknas Nomor 12, 13, dan 16 tahun 2007 tentangStandar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.8.Peraturan Mendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang StandaPengelolaan.9.Peraturan Mendiknas Nomor 20 tahun 2007 tentang StandaPenilaian Pendidikan.
PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN
Halaman- 1 –dari 95
 
 
KTSP SMK NEGERI 2 SUNGAI PENUH
10.Peraturan Mendiknas Nomor 24 tahun 2007 tentang StandaSarana dan Prasarana.11.Peraturan Mendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang StandaProses.
C. Tujuan Penyusunan KTSP
1.Untuk menjadi acuan dan pedoman bagi Sekolah (Pendidik dan TenagaKependidikan) dalam rangka penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yangbermutu, terukur, berkesinambungan, dan dapat dipertanggungjawabkan.2.Untuk menjadi acuan dan pedoman bagi Stakeholders (pemangku kepentingan)dalam rangka ikut serta memberikan partisipasi maupun pengendalian/controluntuk terwujudnya satuan pendidikan yang sehat, bermutu, dan memenuhiharapan masyarakat.
D. Prinsip Pengembangan KTSP
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMK dikembangkan sesuai denganrelevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah, dibawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan, mengacu pada standar isi danstandar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan penyusunan KTSPyang disusun oleh BSNP.Sebagaimana Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada umumnya, KTSP SMKdikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip berikut.
1.Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentinganpeserta didik dan lingkungannya
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memilikiposisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusiayang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yangdemokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuantersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan denganpotensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik sertatuntutan lingkungan. Peserta didik memiliki posisi sentral, berarti segalakegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik.
2.Beragam dan terpadu
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristikpeserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargaidan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat,status sosial ekonomi, dan jender. Kurikulum meliputi substansi komponenmuatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu,serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dantepat antarsubstansi.
3.Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN
Halaman- 2 –dari 95
 
 
KTSP SMK NEGERI 2 SUNGAI PENUH
Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan,teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu,semangat dan isi kurikulum harus memberikan kegiatan pembelajaran pesertadidik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan,teknologi, seni.
4.Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangkukepentingan
(stakeholders)
untuk menjamin relevansi pendidikan dengankebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan,dunia usaha/industri dan dunia kerja. Oleh karena itu, upaya pengembangankecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan kecakapanvokasional merupakan keniscayaan.
5.Menyeluruh dan berkesinambungan
Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidangkajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secaraberkesinambungan antarsemua jenjang pendidikan.
6.Belajar sepanjang hayat
Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, danpemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulummencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal,dan informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yangselalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
7.Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dankepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa,dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus salingmengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhinneka Tunggal Ikadalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN
Halaman- 3 –dari 95

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->