Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Fmh, Bab 8, Kevin Halim, 31409113

Fmh, Bab 8, Kevin Halim, 31409113

Ratings: (0)|Views: 3|Likes:

More info:

Published by: Kevin Febtryawan Halim on Dec 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/16/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
Dunia bisnis telah berkembang dengan pesat selama beberapadekade terakhir, tetapi perkembangan itu sering kali tidak disertaidengan perkembangan dunia kerja yang sepadan. Hal ini dipandangterjadi karena sifat dunia bisnis yang oportunistis. Namun sebenarnyafenomena ini terjadi karena dipengaruhi oleh pola pikirpenyelenggara dan pengelola bisnis itu sendiri, terutama pola pikiryang bersangkutan dengan perusahaan dan para pelakunya.
Critical Review PARADIGMA BARU MANAJEMEN INDONESIA | KevinFebtryawan Halim - 31409113122
 
RINGKASAN
Perkembangan Pemahaman tentang Peran dan Posisi Pekerja
Selama ini, dunia bisnis melihat bahwa yang paling menentukankeberhasilan usaha adalah mereka yang diberi kekuasaan danwewenang untuk menyelenggarakan dan mengelola bisnis, yaitu paramanager. Para pekerja dianggap sebagai faktor produksi yang haruspatuh dengan perintah managerial. Pekerjaan pekerja ditetapkansecara rinci dalam job desk yang baku. Mengelola perusahaan dengansistem birokrasi yang mekanistis mendominasi kehidupan kerja diseluruh dunia. Pola manajemen ini memang terbukti efektif danmenghasilkan kinerja baik. Tetapi kini orang mulai menyadari bahwakonsep manajemen yang selama ini dianggap baik perlu diubah,kadang secara radikal.
Barat Mulai Menengok ke Timur
Baru selama tahun 1970-1980an, para pengelola perusahaan danpakar manajemen mulai melihat bahwa pola manajemen yangbirokratik tak dapat lagi memenuhi kebutuhan dunia bisniskontemporer. Kesadaran itu menemukan wujud nyata pada saatOuchi (1981) secara jelas menunjukkan perusahaan berhasil tidakharus dijalankan secara birokratis seperti pola dasar pada tahun1930an. Ouchi mengatakan bahwa meskipun perusahaan jepangdikelola dengan cara yang berbeda dari perusahaan Amerika,perusahaan itu dapat menghasilkan kinerja yang tidak kalah bahkankadang melebihi kinerja perusahaan Amerika. Secara ringkas Ouchimenunjukkan perbedaan pola perusahaan Amerika dan Jepang sepertidipaparkan dalam tabel 8.1. Organisasi perlu mencari keseimbangandi antara kerja yang efektif dengan perlakuan yang adil berdasarkanketerampilan dan efisiensi para pelakunya, bukan berdasarkan
Critical Review PARADIGMA BARU MANAJEMEN INDONESIA | KevinFebtryawan Halim - 31409113123
 
pertimbangan politik atau persahabatan. Kehidupan sosial dankehidupan kerja di kalangan pekerja Jepang sering kali takdipisahkan. Orientasi holistis seperti ini tecermin dari caraperusahaan memperlakukan pekerjanya dengan menyediakan rumahdinas dan tunjangan keluarga. Praktik seperti ini jarang ditemui diperusahaan Amerika. Agar keberhasilan bersifat langgeng, kinerjayang dihasilkan perlu diusahakan agar menjadi bermakna bagi semuapihak yang menghasilkannya. Bukan laba besar yang diperlukantetapi kemampuan berlaba yang langgeng.
Pendorong Perubahan Paradigma Manajemen
Paradigma manajemen telah mengalami perubahan radikal danterjadi dimana-mana selama dua dekade terakhir ini. Masing-masingkultur mengembangkan pola manajemen yang cocok denganbudayanya sendiri. Namun perubahan itu tetap mengandung unsuruniversal yaitu munculnya keyakinan yang kuat bahwa faktor penentukeberhasilan bisnis adalah pekerja yang menjadi pelaku bisnis diseluruh jajaran perusahaan. Proses perubahan pola manajemenmemerlukan perubahan pada model mental dari para pelakunya,khususnya yang memegang posisi kunci di perusahaan. Perubahaninilah yang disebut perubahan paradigmatis. Perubahan paradigmamanajemen ini terjadi karena dorongan perubahan dari lingkunganyang dilayaninya. Ada enam peristiwa yang menunjukkan perubahantersebut dan dampaknya terhadap praktik manajemen dan peranmanusia di dalamnya.1.Dunia bisnis kini makin membutuhkan anggota perusahaanyang berani dan cepat tanggap untuk memenuhi kebutuhandan harapan pelanggan serta masyarakat yang makinbervariasi dan berubah dengan cepat tanpa pola yang jelas.
Critical Review PARADIGMA BARU MANAJEMEN INDONESIA | KevinFebtryawan Halim - 31409113124

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->