Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
fisika ayuman matematis

fisika ayuman matematis

Ratings: (0)|Views: 8 |Likes:
Published by Naely KikyoumaruSaa

More info:

Published by: Naely KikyoumaruSaa on Dec 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/05/2014

pdf

text

original

 
Selasa, 24 Januari 2012
AYUNAN MATEMATIS
C. Dasar Teori
 
Gerak Harmonik Sederhana
 Gerak harmonik sederhana adalah gerak bolak 
 – 
balik benda melalui suatu titik keseimbangan tertentu dengan banyaknya getaran benda dalam setiap sekon selalukonstan. Gerak Harmonik Sederhana dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu (1)Gerak Harmonik Sederhana (GHS) Linier, misalnya penghisap dalam silinder gas,gerak osilasi air raksa/ air dalam pipa U, gerak horizontal / vertikal dari pegas, dansebagainya; (2) Gerak Harmonik Sederhana (GHS) Angular, misalnya gerak bandul/ bandul fisis, osilasi ayunan torsi, dan sebagainya.
Beberapa Contoh Gerak Harmonik Sederhana
 Gerak harmonik pada bandulKetikabeban digantungkan pada ayunan dan tidak diberikan gaya, maka benda akan diandi titik keseimbangan B. Jika beban ditarik ke titik A dan1.
 
dilepaskan, maka beban akan bergerak ke B, C, lalu kembali lagi ke A.Gerakan beban akan terjadi berulang secara periodik, dengan kata lainbeban pada ayunan di atas melakukan gerak harmonik sederhana.2.
 
Gerak harmonik pada pegasontoh3.
 
lain dari kategori ayunan mekanik, yakni pendulum. Contoh gerak osilasi(getaran) yang populer adalah gerak osilasi pendulum (bandul). Pendulum
 
sederhana terdiri dari seutas tali ringan dan sebuah bola kecil (bolapendulum) bermassa m yang digantungkan pada ujung tali, sebagaimanatampak pada gambar di bawah. Dalam menganalisis gerakan pendulumsederhana, gaya gesekan udara kita abaikan dan massa talisangat kecilsehingga dapat diabaikan relatif terhadap bola. Kita akan memulai kajiankita dengan meninjau persamaan gerak untuk system seperti yang dsajikandalam Gambar (1).
http://yuliasquirrel.blogspot.com/2012/01/ayunan-matematis.html faktor yg mempengsruhipanjang tali, jarak ke pusat bumi
Bandul yang dipergunakan pada percobaan ini sebenarnya ada dua jenis, yaitubandul mekanis dan bandul fisis. Bandul mekanis adalah disebut juga bandulsederhana merupakan sebuah bandul ideal yang terdiri dari sebuah partikel yangdigantung pada seutas tali panjang yang ringan.Bila bandul ditarik kesamping dari posisi seimbangnya kemudian dilepas, makabandul akan berayun karena pengaruh gravitasi atau bandul bergetar denganragam getaran selaras. Gaya pemulih yang bekerja pada m: F = -mg sin 0. karenagaya pemulihnya sebanding dengan sin 0 bukan dengan simpangannya, gerak yang terjadi bukan gerakharmonik sederhana.Perioda yang mengalami gerak selaras sederhana, termasuk bandul, tidak bergantung pada amplitudo. Galileo dikatakan sebagai yang pertama mencatatkenyataan ini, sementara ia melihat ayunan lampu dalam katedalan di pissa.Penemuan ini mengarah pada bandul jam yang pertama mirip dengan lonceng.Bandul juga berguna dalam bidang geologi dan sering kali diperlukan untuk mengukur percepatan gravitasi pada lapis tertentu dengan sangat teliti.
 
LKS PERCOBAAN AYUNAN MATEMATISIV. TEORIAyunan dengan massa yang besar M dan dengan tali yang dianggap tidakmempunyai massa disebut dengan ayunan matematis. Ayunan matematis juga disebutdengan ayunan sederhana yang menghasilkan suatu getaran yang selaras. Getaranadalah gerak bolak-balik yang cepat dan ayunan adalah gerak bolak-balik yang lambat.Getaran atau ayunan adalah gerak bolak-balik melalui lintasan yang tetap.Gerak ayunan sederhana adalah gerak bolak-balik melalui titik setimbang. Titiksetimbang O adalah kedudukan benda pada saat benda melakukan gerak getar diam(Lihat Gambar) . Simpangan terbesar yang diukur terhadap titik setimbang diam disebutdengan Amplitudo (A). Waktu yang diperlukan untuk melakukan satu kali ayunan
sempurna disebut waktu getar atau periode. Frekuensi (ƒ) adalah jumlah getaran yang
dilakukan tiap detik. Satuan dari periode adalah detik dan satuan frekuensi adalah hertz(Hz).Pada ayu
nan matematis berlaku rumusan T = 2π√(L/g).Maka g = 4 πL/T2
 V. ALAT DAN BAHAN
bandul matematis
 
- Gerak periode merupakan suatu gerak yang berulang pada selangwaktu yang tetap. Contohnya gerak ayunan pada bandul. Dari satu massa yangbrgantung pada sutas tali, kebanyakan gerak tidaklah betul-betul periodik karenapengaruh gaya gesekan yang membuang energi gerak.Benda berayun lama akan berhenti bergetar. ini merupakan periodik teredam. Gerakdengan persamaan berupa fungsi sinus merupakan gerak harmonik sederhana.Periode getaran yaitu T. Waktu yang diperlukan untuk satu getaran frekwensi gerak f. jumlah getaran dalam satu satuan waktu T = 1/f posisi saat dimana resultan gaya padabenda sama dengan nol adalah posisi setimbang, kedua benda mencapai titik nol(setimbang) selalu pada saat yang samaGaya pada partikel sebanding dengan jarak partikel dari posisi setimbang maka partikeltersebut melakukan gerak harmonik sederhana. Teori Robert hooke (1635-1703)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->