Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Cross Matching

Cross Matching

Ratings: (0)|Views: 524 |Likes:
Published by Fitry adx

More info:

Published by: Fitry adx on Dec 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/12/2014

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUMIMUNOLOGI
CROSS MATCHING (RUTIN)
 
Oleh :
NURFITRI RAHMAYANI (0901040)
Kelompok I
Tanggal Praktikum : 22 November 2012Dosen : Dra. Syilfia Hasti, M.farm, AptAsisten :
Alifiana AnggrainiOna Sisca Nova
 
Program Studi S1 FarmasiSekolah Tinggi Ilmu Farmasi
 
2012
CROSS MATCHING (RUTIN)I.
 
Tujuan Percobaan
Untuk menentukan apakah golongan darah tertentu dapat menerima darah dari pendonorlain.
II.
 
Tinjauan Pustaka
Cross-matching adalah suatu jenis pemeriksaan yang dilakukan sebelumpelaksanaan transfusi darah. Tujuannya adalah untuk melihat apakah darah dari pendonorcocok dengan penerima (resipien) sehingga dapat mencegah terjadinya reaksi transfusihemolitik. Selain itu juga untuk konfirmasi golongan darah.Cross-matching darah, dalam transfusi kedokteran, mengacu pada pengujiankompleks yang dilakukan sebelum transfusi darah, untuk menentukan apakah darahdonor kompatibel dengan darah dari penerima yang dimaksud, atau untuk mengidentifikasi pertandingan untuk transplantasi organ. Cross-matching biasanyadilakukan hanya setelah lain, tes kurang kompleks belum dikecualikan kompatibilitas.Kompatibilitas darah memiliki banyak aspek, dan tidak hanya ditentukan oleh golongandarah (O, A, B, AB), tetapi juga oleh faktor-faktor darah, ( Rh , Kell , dll).Cross-matching dilakukan oleh teknolog laboratorium bersertifikat, dilaboratorium. Hal ini dapat dilakukan secara elektronik, dengan database komputer, atauserologis . Tes sederhana dapat digunakan untuk menentukan golongan darah (hanya),atau untuk menyaring antibodi (hanya).Crossmatch mempunyai tiga fungsi:
 
Konfirmasi jenis ABO dan Rh (kurang dari 5 menit).
 
Mendeteksi antibodi pada golongan darah lain.
 
 
Mendeteksi antibody dengan titer rendah atau tidak terjadi aglutinasi mudah. Yang duaterakhir memerlukan sedikitnya 45 menit.
 
 
 
Macam-macam dari cross-matching:
1.
 
Reaksi silang mayor : eritrosit donor + serum resipien
 
Memeriksa ada tidaknya aglutinin resipien yang mungkin dapat merusak eritrositdonor yang masuk pada saat pelaksanaan transfusi
2.
 
Reaksi silang minor : serum donor + eritrosit resipien
 
Memeriksa ada tidaknya aglutinin donor yang mungkin dapat merusak eritrositresipien. Reaksi ini dianggap kurang penting dibanding reaksi silang mayor, karenaagglutinin donor akan sangat diencerkan oleh plasma di dalam sirkulasi darah resipien.Cara menilai hasil pemeriksaan adalah sebagai berikut:
 
Bila kedua pemeriksaan (crossmatch mayor dan minor tidak mengakibatkan aglutinasieritrosit, maka diartikan bahwa darah donor sesual dengan darah resipien sehinggatransfuse darah boleh dilakukan; bila crossmatch mayor menghasilkan aglutinasi, tanpamemperhatikan basil crossmatch minor, diartikan bahwa darah donor tidak sesuaidengan darah resipiensehingga transfusi darah tidak dapat dilakukan denganmenggunakan darah donor itu.
 
Bila crossmatch mayor tidak menghasilkan aglutinasi, sedangkan dengan crossmatchminor terjadi aglutinasi, maka crossmatch minor harus diulangi dengan menggunakanserum donor yang diencerkan. Bila pemeriksaan terakhir ternyata tidak menghasilkanaglutinasi, maka transfuse darah masih dapat dilakukan dengan menggunacan darahdonor tersebut, hal ini disesuaikan dengan keadaan pada waktu transfusi dilakukan,yaitu serum darah donor akan mengalami pengaan dalam aliran darah resipien.
 
Bila pemeriksaan dengan serum donor yang diencerkanmenghasilkan aglutinasi, makadarah donor itu tidak dapat ditransfusikanTahapan Cross-matching:
1.
 
Reaksi silang salin
 

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
Ciput Rapusha liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Muaddiba L-fitry liked this
Hansun Suniah liked this
Fino Gunners liked this
Riris Premilga liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->