Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kutu putih

kutu putih

Ratings: (0)|Views: 565 |Likes:
Published by Fitria Eka
hama pada tanaman mangga
hama pada tanaman mangga

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Fitria Eka on Dec 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/04/2014

pdf

text

original

 
Kutu putih
Wednesday, 25 April 2012 04:27 ndik_63
Kutu dompolan / Kutu putih: (
Pseudococcus sp
.)
Ordo : Hemiptera
 
Famili : Pseudococcidae
 
Gejala serangan
 Kutu putih ini biasanya ditemukan pada anak daun terutama dekat tulang daun karena serangga ini merusak tanaman dengan cara mengisap cairan tanaman.Infestasi berat serangan ditandai adanya warna putih dan terdapat semacam massa seperti lilin pada bagian batang, buah dan sepanjang tulang daun bagianpermukaan bawah daun. Infestasi berat biasanya muncul pada percabangan dan daun disertai embun madu.Apabila serangan terjadi pada pucuk, daun tidak dapat berkembang dengan sempurna, bahkan dapat mati. Daun tua yang terserang menjadi berwarna hijau kusam,pada serangan berat, daun menjadi layu.
Morfologi dan Bioekologi
 Populasi kutu biasanya meningkat pada bulan kering terutama saat kelembaban nisbi pada siang hari turun sampai di bawah 75%. Eksplosi dapat terjadi apabilakelembaban nisbi turun drastis di bawah 70% selama 3
4 bulan dan dikombinasikan dengan hari hujan kurang dari 10 hari per bulan.Serangga dewasa tidak menghasilkan telur. Nimfanya berukuran 0.3 mm berwarna kekuningan pucat seluruh tubuhnya tertutup lilin putih. Serangga betina baik yangdewasa maupun yang belum dewasa memiliki warna sama, dan masing-
masing memiliki 17 pasang ’tungkai’ berwarna putih.
 
Tanaman Inang Lainnya
 Jeruk, persik, alpukat, jambu biji, pir, terong dan anggur.
Pengendalian
 Cara Biologis
 
Pengendalian secara biologi, pernah diterapkan di California, dilakukan dengan penggunaan parasitoid jenis lebah, yaitu : Tetracnemoidea sydneyensisdan T. Peregrina, serta predator dari bangsa kepik : Cryptolaemus montrouzieri.
 
Terjadinya ledakan hama sering disebabkan oleh penggunaan pestisida secara tidak bijaksana, jadi sedapat mungkin pengendalian dengan bahan kimiadihindari karena berdasarkan penelitian, terdapat resistensi setelah dilakukan aplikasi pestisida pada kutu ini.
 
1/07/2010 05:08:00 PM By Gema Pramugia RachmatWah tanaman hiasku terserang kutu putih, dan parahnya hama ini bisa terbang dan pindah ke tanamanlainnya dengan cepat, ditambah dengan kemampuannya bertelur, repot deh. Untuk urusan ini terpaksadiriku cari info di internet, sekalian buat bahan tulisan di blog tentunya.Berikut yang aku temukan. Hama kutu putih atau bahasa kerennya mealy bug atau paracoccusmarginatus merupakan salah satu hama yang kerap menyerang tanaman, baik tanaman sayuranmaupun tanaman hias, Hama jenis serangga ini mengeluarkan sejenis zat putih yang berlilin, berkapasputih yang menutupi keseluruhan badan lembut yang berwarna merah muda, menyebabkan ia kelihatanseperti debu putih. Kutu putih dapat ditemukan pada bagian tanaman yang menjadi pertemuan antaradaun dan batang (buku-buku batang), atau batang dan buah (kebetulan pohon jerukku juga terkenahama ini, dan sang kutu berdiam diri di sela sela buah dan batang), serta diatas dan atau dibawah daunmuda. Sang kutu menyerang tanaman dengan cara menghisap sari dari tanaman, yang mengakibatkantanaman menjadi layu, dan itu juga sebabnya daun muda tanaman hiasku semuanya mengkerut. Selainitu kutu putih ini juga mengeluarkan cairan manis sepertt madu yang dapat mengundang semut, danseperti pepatah ada gula ada semut, maka juga berlaku keadaan ada kutu putih ada pula semut, padaawalnya aku kira semut ini berfungsi sebagai predator alam sang kutu tapi ternyata bukan begituadanya.Menurut beberapa sumber, hama kutu putih terjadi pertama kali di luar negeri pada 1998, tepatnya diFlorida, Amerika Serikat. Hama ini bisa sampai ke Indonesia dengan perantara melalui tanaman hiasimpor seperti plumeria, hibiscus, acalypha yang dikenal luas sebagai tanaman inang hama kutu putihyang sama. Dengan kemampuannya menempel di baju, bisa jadi salah satu kemungkinan mengapa sangkutu bisa ada di Indonesia adalah melalu proses pertukaran baju dan atau kegiatan import barang bekas,bisa juga sang kutu menempel di baju pelancong dari luar negeri lalu melayang terbang saat sang turissinggah di Indonesia. Tentu saja ini masih harus dibuktikan lebih lanjut, dan aku pikir tidak ada pihakyang berniat untuk mengadakan penelitian mengenai ini.
 
Dengan kemampuannya dalam berkembangbiak, disebutkan bahwa kutu putih dewasa betina mampubertelur hingga 500 butir yang diletakkan dalam satu kantung telur terbuat dari lilin dan berbiak 11-12generasi dalam kurun setahun, adalah menjadi sangat wajar bila kutu ini menjadi ancaman seriusdidalam dunia pertanaman. Saking seriusnya, sampai ada penelitian mengenai sang kutu sepertidilaporkan dalam Journal of Agricultural and Urban Entomology, berikut ini aku tampilkan abstrak daripenelitian tersebut.
The papaya mealybug, Paracoccus marginatus Williams and Granara de Willink (Hemiptera:Pseudococcidae), is recorded from the Oriental Region for the first time, where it was found in Indonesia(Java) and India (Tamil Nadu) in 2008. Papaya mealybug is a polyphagous pest that damages many tropical crops. A native of Central America, it spread to the Caribbean region and South America in the1990s; since then it has been accidentally introduced to some islands in the Pacific region. Thedistribution, host range and characteristics of the mealybug are summarized.
 Mengapa papaya, karena ternyata kutu putih ini pada awalnya adalah hama papaya. Silahkan klik link iniuntuk membaca mengenai kutu putih pepaya. Lalu bagaimanakah cara kita membasminya? Ada banyak cara yang bisa lakukan, dari pengobatanalami/herbal sampai pengobatan menggunakan insectisida. Kita mulai dari pengobatan alami.Menurut beberapa sumber bawang putih bisa dijadikan alternatif untuk obat kutu putih ini. Akan tetapi,itu tergantung dari pemilihan bawang putih itu sendiri, yaitu pengetahuan kita mengenai sehat atautidaknya bawang putih yang akan kita gunakan untuk obat, apabila kita memotong bawang putih, akansering ditemukan kondisi bawang putih dengan bercak coklat, atau busuk kecil atau lingkaran berwarnacoklat pada daging bawang yang menurut beberapa literature, tanda bahwa bawang putih tersebutmengalami serangan jamur dan bakteri. Jadi saran mengenai teknik ini adalah gunakanlah bawang putihyang sehat sehingga tujuan yang kita kehendaki dapat tercapai, Amien.Berikutnya adalah metoda yang di dapat dari milis India, yaitu pengobatan menggunakan campuran Air,Sabun Colek, Minyak Tanah dan Obat Pestisida. Berikut adalah langkah langkahnya:1. Ambil sabun colek satu sendok makan lalu larutkan dalam kaleng susu bekas ukuran 900 gram.Gunakan air bersih sebanyak setengah kaleng susu tersebut.2. Tambahkan minyak tanah (kerosene) sebanyak seperempat dari kaleng tersebut. (jadi perbandinganair dan minyak tanah adalah 2:1).3. Jika tidak mempunyai pestisida, maka gunakanlah cairan pembunuh serangga sebanyak dua sendokmakan.4. Campur dan aduk hingga membentuk emulsi dan sabun tidak berbusa dan tidak menggumpal lagi.Hindari gumpalan sabun karena akan menyumbat botol sprayer. Tampak larutan seperti air cucian

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->