Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HAKIKAT PENDIDIK (2)

HAKIKAT PENDIDIK (2)

Ratings: (0)|Views: 545|Likes:
Published by Muhammad Ghozali

More info:

Published by: Muhammad Ghozali on Dec 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

 
Hakikat Pendidik 
Makalah ini disusun untuk memenui tugas MatakuliahFilsafat Pendidikan IslamDiampu oleh: Dr. Ahmad Janan Asifuddin, M.ADisusun oleh:Rifai Kusuma Nurudin(1220411189)PAI Mandiri BKONSENTRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAMPROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAMPROGRAM PASCA SARJANAUNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA2012
1
 
HAKIKAT PENDIDIK A.Pendahuluan
Pendidik merupakan salah satu komponen penopang berdirinya pendidikan.Pendidik memanglah memiliki banyak term dengan latar belakang yang berbeda-beda,misalnya, tutor, guru, ustadz, kyai, syeikh, muqri, ulama (jamak ‘alim), ‘allamah danlain-lain sebagainya, namun memiliki satu inti yang sama yaitu mendidik. Ya inilah katayang sangat pas untuk diposisikan dalam menempati arti dari hakikat pendidik yaitumendidik. Yang dalam Islam, maka kurang lebih konseptualisasinya pendidik adalahmendidik peserta didik untuk menjadi hamba Allah Swt yang diridhai-Nya dengan katalain untuk mencapai tujuan penciptaan peserta didik itu sendiri dengan dasar ajaran-ajaran Islam.Untuk lebih jelasnya dalam memahami hakikat pendidik, maka dalam makalahini akan dirumuskan secara ringkas seputar tentang pendidik dalam perspektif Islam yangmeliputi: pengertian pendidik, kedudukan pendidik, syarat-syarat pendidik, karakteristik  pendidik ideal, dan kontribusinya bagi konseptualisasi pendidikan Islam.
B.Pembahasan1.Pengertian Pendidik 
Dalam dunia pendidikan Islam terdapat beberapa sebutan bagi pendidik,antara lain
al-mu’allim, al-muaddib, dan al-murabby. Mu’allim
artinya pengajar atau pemberi ilmu, konsekuensinya dia harus berilmu, menghargai nilai-nilai ilmiah sertamemiliki komitmen tinggi bagi pengembangannya.
 Muaddib,
 berarti pendidik adabatau akhlak. Artinya ia mempunyai tugas melatih perserta didik hingga bisamembedakan baik da buruk berdasarkan agama (Islam), dalam memahami ajaran itu pada umumnya menggunakan hati nurani dan akal (ijtihad). Kemudian mndoronguntuk mengarahkan peserta didik terbiasa melakukan yang baik dan menghindariyang buruk hingga perilaku demikian menjadi kebiasaan dan karakter. sedangkan
murabby,
akar katanya
(rabba, yurabbi)
artinya dapat mencakup seluruh aktivitasmendidik, termasuk: memlihara, mengurus, menumbuhkembangkan potensi,
 
mengarahkan, dan sebagainya termasuk mengajar dan menanamkan nilai-nilai.
1
Mudarris adalah orang yang memiliki kepekaan intelektual dan informasiserta memperbaharui pengetahuan dan keahliannya secara berkelanjutan, dan berusaha mencerdaskan peserta didiknya, memberantas kebodohan mereka, sertamelatih keterampilan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya. Mursyidadalah orang yang mampu menjadi model atau sentral identifikasi diri atau menjadi pusat anutan, teladan dan konsultan bagi peserta didiknya.
2
Dari konsep-konsep diatas, maka dapat ditarik kesimpulannya bahwa tujuan dan tugas pendidik adalahmengajari ilmu, menanamkan adab atau akhlak, memelihara dan menumbuhkembangkan potensi, mencerdaskan, dan menjadi panutan, bagi peserta didik.
2.Kedudukan Pendidik 
Ada penyebab khusus mengapa orang Islam amat menghargai pendidik, yaitu pandangan bahwa ilmu pengetahuan itu semuanya bersumber dari Tuhan.
3
FirmanAllah Swt
:
w
…..
 
zNù
=
Ïæ
 
!
$uZs9
 
wÎ
)
 
$tB
 
!
$oYtFôJ¯ 
=
 
(
 
……..
 
ÇÌËÈ
 
“tidak ada yang Kami ketahui selain dari apa yang telah Engkauajarkan kepada kami” 
(al-Baqarah [2]: 32)Begitu pula dengan
statement 
Allah Swt tentang mulianyapendidik, yaitu:
 Æìsùöt
 
ª
!
$
#
 
tûïÏ
%
©
!
$
#
 
(#
qãZtB
#
 
öNä3ZÏB
 
tûïÏ
%
©
!
$
#
ur
(#
qè?ré
&
 
zOù
=
Ïèø9$
#
 
;
M
»
y_uy
 
4
 
ª
!
$
#
ur
 
$yJÎ
/
 
tbqè
=
yJ
÷
ès?
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramudan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat” 
(al-Mujaadilah [58]: 11)
1 Ahmad janan Asifudin,
 Mengungkit Pilar-pilar Pendidikan Islam,
(Yohyakarta: SUKA-Press UINSunan Kalijaga, 2010), hlm. 124-1252 http://ml.scribd.com/doc/51007071/Hakikat-Pendidik diakses pada tanggal 1 Desember 2012 pukul16:32 wib
3
Khoiron Rosyadi,
 Pendidikan Profetik,
(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004), hal. 177
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->