Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH TRANSPORTASI

MAKALAH TRANSPORTASI

Ratings: (0)|Views: 829|Likes:
Published by Mehmet Rizaloğlü

More info:

Published by: Mehmet Rizaloğlü on Dec 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/09/2012

pdf

text

original

 
PERMASALAHAN TRANSPORTASI DI KOTA SEMARANG(JATINGALEH)Di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Sanitasi Pemukiman dan Tempat-Tempat UmumDiampu oleh : Arum siwiendrawati, S.KM, M.KesDisusun oleh:
Lailatul hikmah (6411409058)
Bianka beladina(6411409078)
Iffa failasufa(6411409079)
Asmorowati N. Aerita (6411409081)
Estydyah Nurroisah (6411409087)
Mustafidah (6411409089)
Nurma izul husna (6411409090)
Victa sonia (6411409118 )Rombel 01
ILMU KESEHATAN MASYARAKATFAKULTAS KEOLAHRAGANUNNIVERSITAS NEGERI SEMARANG2011
 
Permasalahan Transportasi Kota SemarangLokasi : Jati ngaleh (perempatan) Kota SemarangHari/ Tanggal Observasi : Jum’at, 23 September 2011Tranportasi merupakan kegiatan yang berperan sebagai urat nadikehidupan ekonomi maupun sosial. Oleh karenanya kegiatan tersebut perludiarahkan pada terwujudnya sistem transportasi yang andal, berkemampuantinggi dan diselenggarakan secara terpadu, tertib, aman, lancar, nyaman,efisien dan selamat dalam menunjang dan sekaligus menggerakkan dinamika pembangunan, mendukung mobilitas manusia, barang dan jasa sertamendukung pola distribusi.Transportasi merupakan salah satu komponen utama yang begitu penting dalam komponen sistem transportasi. Seiring berkembangnya tingkat perekonomian masyarakat, daya beli masyarakat terhadap transportasi jugakian menguat. Hal itu menyebabkan semakin banyak pula variasi transportasi pribadi dengan segala kelebihannya yang melaju dijalanan. Namun pertumbuhan jumlah transportasi di kota besar, salah satunya kota Semarangsangatlah cepat, sehingga menyebabkan jaringan jalan sebagai prasaranatransportai tersebut tidak dapat lagi menyediakan kelancaran dan kenyamanan bertransportasi diakibatkan arus lalu lintas terlalu padat. Jika jumlah kendaraanmeningkat dengan pemanfaatan kapasitas angkut yang maksimal tentunya haltersebut adalah wajar dan sebanding dengan manfaatnya. Pada kenyataannya pemanfaatan kendaraan pribadi tidaklah maksimal,setiap kendaraan pribadi dengan rute perjalanan dalam kota rata-rata hanyadikendarai oleh 2 orang untuk jenis kendaraan roda 4 atau lebih, dan kendaraanroda dua yang kapsitas maksimalnya 2 orang, hanya dikendarai oleh 1 orangsaja. Hal tersebut terjadi karena kurangnya minat masyarakat terhadaptransportasi umum, sehingga mereka lebih menyukai transportasi pribadi yanglebih nyaman dan dapat diakses kapanpun dengan tujuan yang mereka mau.Pada akhirnya menyebabkan ruang dan manfaat jaringan jalan tidak dapatdirasakan secara maksimal karena terpakai oleh badan kendaraan pribadi yang bermuatan sedikit.
 
Permasalahan transportasi yang ada di Kota Semarang (Jati Ngaleh) antaralain:1.Pertumbuhan jumlah kendaraan per tahun tidak sebanding dengan pertumbuhan jalan2.Pertumbuhan pusat kegiatan tidak seiring dengan peningkatan kapasitasdan pembukaan akses.3.Penggunaan kendaraan pribadi lebih besar daripada kendaraan umum.4.Tingkat kemacetan arus lalu lintas meningkat pada beberapa penggal jalanutama.Hal ini dikarenakan tidak adanya lampu lalu lintas di persimpangan jalan, padahal banyak sekali persimpangan jalan di jati ngaleh, sehinggamengakibatkat kemacetan lalu lintas.5.Pelayanan angkutan umum dari sisi kenyamanan relatif kurang.6.Tingginya tingkat polusi udara.Solusi-Solusi mengatasi kemacetan di Kota Semarang (Jati Ngaleh) :1.Peningkatan pengawasanHukum bersifat memaksa dan berunsur perintah dan larangan. Selama pemerintah tidak tegas maka hukum tidak akan tegak.pihak yang berwenangwajib mengawasi dengan ketat pergerakan transportasi.2.Sosialisasi UU transportasiMasyarakat mungkin tidak tahu bahkan tidak mau tau tentang UUtransportasi, padahal UU transportasi perlu diketahui oleh masyarakat.sepertiUU no.22 tentang LLAJ diperlukan sosialisasi agar masyarakat mengetahuidan menjalankan apa isi ketentuan didalamnya.3.Peningkatan( perbaikan) moralHal ini lebih bersifat individu,meski begitu hal ini yang lebih berpengaruhterhadap perubahan.peran serta tokoh masyarakat, sekolah, serta perguruantinggi dalam mengajar dan membimbing sangat dibutuhkan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->