Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Usg

Usg

Ratings: (0)|Views: 284|Likes:
Published by Fauzan Hantoro

More info:

Published by: Fauzan Hantoro on Dec 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/10/2013

pdf

text

original

 
 Pengertian USG
USG merupakan suatu prosedur diagnosis yang digunakan untuk melihat struktur jaringan tubuhatau analisis dari gelombang Doppler dimana pemeriksaannya dilakukan diatas permukaan kulitatau diatas rongga tubuh untuk menghasilkan suatu ultrasound dalam jaringan. GelombangDoppler tersebut dipantulakn kembali dari permukaan struktur organ sehingga komputer dapatmenginterpretasikan densitas jaringan berdasarkan gelombang-gelombang tersebut.USG ini dapat digunakan untuk mendeteksi berbagai kelainan yang ada pada abdomen, otak,kandung kemih, jantung, ginjal, hepar, uterus atau pelvis. Selain itu USG dapat digunakan untuk memebdakan kista dan tumor. Pada kehamilan, cairan ambion dapat menambah refleksigelombang suara dari plasenta dan fetus sehingga dapat mengidentifikasi ukuran, bentuk, sertaposisi si bayi.Prinsip USG adalah penggunaan gelombang ultrasonic, yaitu gelombang suara dengan frekuensilebih tinggi daripada kemampuan pendengeran telinga manusia, sehingga kita tidak bisamendengarnya sama sekali. Suara yang dapat didengar manusia memiliki frekuensi yang berkisarantara 20-20.000 cpd (Cycles per detik-Hz), sedangkan frekuensi suara yang digunakan olehUSG ini menggunakan frekuensi berkisar antara 1000-10 juta Hz.
 Perkembangan USG
Pada awalnya penemuan alat USG diawali dengan penemuan gelombang ultrasonic yangkemudian sekitar tahun 1920-an, gelombang ultrasonic ini mulai diterapkan dalam bidang medis.Penggunaan gelombang ultrasonic dalam bidang medis ini awalnya bukan untuk mendeketeksikelainan pada organ dalam tubuh atau untuk mengidentifikasi bentuk, ukuran, dan posisi bayiyang ada dalam perut seorang ibu, melainkan digunakan untuk kepentingan terapi. Dalam hal ini,kemampuan gelombang ultrasonic yang digunakan atau dimanfaatkan adalah kemampuangelombang tersebut untuk menghancurkan sel-sel atau jaringan berbahaya.Barulah pada awal tahun 1940, gelombang ultrasonic dinilai memungkinkan untuk digunakansebagai alat untuk mendiagnosis suatu penyakit. dengan menggunakan transduser (kombinasialat pengirim dan penerima data), pada masa itu, hasil pemindaian masih berupa gambar duadimensi yang terdiri dari barisan titik-titik berintensitas rendah.Kemudian pada tahun 1990-an, dikembangkanlah tranduser digital yang memungkinkan sinyalgelombang ultrasonic yang diterima menghasilkan tampilan gambar suatu jaringan tubuh dengan
 
lebih jelas.penemuan komputer pada tahun 1990 juga sangat membantu dalam perkembanganteknologi USG ini. Pada masa ini, USG masih dalam taraf USG 2 dimensi. Barulah sekitar 3-4tahun yang lalu dikembangkan USG 3 dimensi dan akhir-akhir kita juga dapat menemukan USG4 dimensi yang merupakan pengembangan dari USG 3 dimensi. Perbedaan dari USG 3 dimensidan 4 dimensi ini terletak pada ada tidaknya pergerakan dari gambar yang muncul dilayarkomputer. Pada USG 3 dimensi, tidak terdapat pergerakan pada gambar di layar monitorkomputer, sedangkan pada USG 4 dimensi terdapat pergerakan.
 Komponen-Komponen yang Terdapat Pada USG
1. TransduserTransduser adalah komponen USG yang ditempelkan pada bagian tubuh yang akan diperiksa,seperti dinding perut atau dinding poros usus besar pada pemeriksaan prostat. Di dalamtransduser terdapat kristal yang digunakan untuk menangkap pantulan gelombang yangdisalurkan oleh transduser. Gelombang yang diterima masih dalam bentuk gelombang akusitik (gelombang pantulan) sehingga fungsi kristal disini adalah untuk mengubah gelombang tersebutmenjadi gelombang elektronik yang dapat dibaca oleh komputer sehingga dapat diterjemahkandalam bentuk gambar.
 
 2.Monitor Monitor yang digunakan dalam USG3. Mesin USG

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->