Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
EVALUASI MANDIRI

EVALUASI MANDIRI

Ratings: (0)|Views: 2 |Likes:
Published by Susi Susanti

More info:

Published by: Susi Susanti on Dec 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/04/2014

pdf

text

original

 
TUGAS TERSTRUKTURUSAHATANIKELAYAKAN USAHATANI TANAMAN SEMUSIM
1.
 
Tiffany Rahma A 1150401001111552.
 
Susi Susanti 1150401001110243.
 
Tiara Shahnaz I 1150401001110194.
 
Vika Sari 1150401011111655.
 
Tamsil Aris W 115040100111098PROGAM STUDI AGRIBISNISFAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS BRAWIJAYAMALANG2012
 
EVALUASI MANDIRI1.
 
Apa yang di maksud dengan tanaman semusim dan beri contohnya !
Tanaman semusim merupakan istilahagrobotanibagi tumbuhan yang dapat dipanenhasilnya dalam satumusimtanam. Dalam pengertian botani, pengertiannya agak diperlonggarmenjadi tumbuhan yang menyelesaikan seluruh siklus hidupnya dalam rentang setahun.
Istilah dalam bahasa Inggris, annual plant, menunjukkan bahwa yang dimaksud “satu musim”
adalah satu tahap dalam setahun. Bagi pertanian di daerah beriklim sedang seringkali yangdimaksud semusim adalah apabila tanaman yang dimaksud tidak perlu mengalami musimdingin bagi pembungaannya(vernalisasi).Tanaman semusin merupakan tanaman yang pada umumnya berumur kurang dari 1tahun dan pemanenannya dilakukan sekali panen langsung bongkar. contohnya jagung, jagung dapat dipanen pada saat umurnya sekitar tiga bulan (kurang dari satu tahun) setelahdipanen tanaman jagung harus segera dibongkar
 
Berikut beberapa jenis tanaman semusim yang merupakan jenis umbi-umbian:1.
 
BENGKUANG ( Pachyrrhizus erosus )Bengkuang adalah suatu terna merambat dan berdaun majemuk beranak daun 8,merupakan salah satu anggota suku leguminoceae. Bunga-buang tersusun dalam satu tandanyang panjangnya 15-25 cm, buahnya berbulu halus berbentuk polong dan berisi 4-9 biji, umbiakarnya putih, berbentuk gasing yang kulitnya mudah dikupas.Jenis ini ditanam terutama untuk umbinya yang dapat dimakan mentah, sedangkanuntuk asinan atau rujak dapat dimakan setelah dimasak. Perbanyakan dilakukan melalui stek batang, umbi maupun bijinya yang biasanya ditanam di atas bedengan-bedengan di tanahsawah. Biji bengkuang memerlukan 1-3 minggu untuk berkecambah, setelah umur 1 bulantanaman memerlukan tonggak panjang sebagai penunjang untuk merambat, agar diperolehumbi yang besar pembungaannya perlu dibuang. Umbi bengkuang umumnya dipanen setelahtanaman berumur 6-11 bulan.2.
 
UBI MANIS ( Dioscorea alata )
 
Diantara jenis-jenis Dioscorea ubi inilah yang paling digemari karena rasanya yangpaling enak. Daunnya berbentuk bundar telur, bentuk umbinya sangat beragam ada yangbulat, pipih panjang, biasanya nama daerahnya diberikan berdasarkan bentuk umbi. Umbi inisebagai penghasil karbohidrat.Pada musim kemarau umbinya mengalami masa istirahat, agar tidak busuk biasanyaumbinya disimpan di tempat yang kering, diatas peraian di dapur atau juga dibungkus denganabu, menjelang musim hujan umbi ini akan bertunas. Umbi yang telah bertunas digunakansebagai bibit, setelah berumur 9-12 bulan umbinya dapat dipanen. Tanaman ini tumbuh ditanah datar hingga ketinggian 800 m dpl.3.
 
KIMPUL ( Xanthosoma violaceum )Kimpul dapat dibedakan dari C. esculenta dari umbi dan bentuk daunnya serta letak tangkai daunnya. Pada X. violaceum yang dapat dimakan ialah umbi anaknya, sedang C.esculenta umbi induknya. Umbi anak kimpul ini akan berlendir setelah direbus dan rasanyatak seenak umbi talas.Dari tanaman budidaya ini banyak anaknya yang terbuang tidak dipelihara dantumbuh liar. Kimpul ini dikenal sedikitnya 2 forma, yaitu yang tangkai dan urat daunnyabewarna biru tua sampai hitam dan yang tangkai dan urat daunnya bewarna hijau. Kimpul inicara penanamannya menyerupai talas. Umbi biobniot digunakan anak yang tumbuh disamping induknya, tetapi walaupun begitu cara memanennya sangat berbeda dengan talas.Kimpul dipanen tanpa membongkar pohonnya, caranya ialah dengan menggali di sekelilingtanaman dan melepaskan umbi anak dari induknya, kemudian tanaman ditimbun lagi untuk dipane n kembali setelah 3-4 bulan.4.
 
UBI BUAH ( Dioscorea bulbifera L. )Ubi buah merupakan perdu merambat, batangnya bulat dapat mencapai tinggi 3-10 m.Daunnya tunggal berbentuk jantung, umbinya bulat diliputi rambit akar yang pendek dankasar. Daging umbinya bewarna kuning, keras dan sangat bergetah. Selain membentuk umbidi dalam tanah tumbuhan ini juga membentuk umbi batang pada ketiak daun yang disebut ubigantung atau bulbil. umbi gantung berbentuk hati, berukuran kecil dan rasanya enak.Selain dimakan umbinya dan umbi gantungnya dapat digunakan sebagai obat.Perbanyakan ubi buah dapat dilakukan baik dengan umbi maupun dengan umbi gantungnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->