Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Prasangka Sosial

Prasangka Sosial

Ratings: (0)|Views: 44 |Likes:
Published by Dede Nugraha S
Dede Nugraha S
Dede Nugraha S

More info:

Published by: Dede Nugraha S on Dec 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang Masalah
Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa atau kelompok etnisdan tiap
 – 
tiap suku tersebut mempunyai kebudayaan dan sejarahperkembangannya masing
 – 
masing yang pada akhirnya mempengaruhiperilakunya termasuk didalam prasangka sosial. Hal ini sesuai denganpendapat Lavine, (1977) yang menyatakan bahwa kebudayaan mempengaruhianggota masyarakat dalam segala aspek kehidupannya. Selanjutnyakebudayaan adalah cara manusia meneropong lingkungannya maka dari itukebudayaan adalah hasil dari perilaku manusia dan kebudayaan jugamembentuk serta menentukan perilaku manusia. Dengan demikian jugadiartikan, bahwa kebudayaan yang dimiliki oleh tiap
 – 
tiap suku bangsa yangada diindonesia akan mempengaruhi segala aspek kehidupan manusiatermasuk didalamnya prasangka sosial.
1.2
 
Rumusan Masalah
Dari latar belakang bahwa dapat diketahui permasalahan yang dihadapisebagai berikut :1. Apa yang di maksud dengan prasangka sosial ?2.
 
Apa sebab
 – 
sebab timbulnya prasangka ?3.
 
Apa yang membuat terbentuknya jarak sosial ?4.
 
Bagaimana usaha mengurangi prasangka sosial ?
1.3
 
Tujuan Penulisan
1. Mengetahui pengertian prasangka sosial.2. Mengetahui sebab
 – 
sebab timbulnya prasangka.3. Mengetahui terbentuknya jarak sosial.4. Mengetahui bagaimana usaha mengurangi prasangka sosial.
 
2
1.4
 
Manfaat Penulisan
Makalah ini dibuat dan disusun agar mampu membawa suatu manfaatdiantarnya :1.
 
Tujuan penulisan tugas ini Agar bisa menjadi salah satu acuan dalambelajar memahami psikologi sosial terutama tentang motif sosial.
 
3
BAB IILANDASAN TEORI2.1 Teori Prasangka sosial
Prasangka merupakan hasil dari interaksi sosial, maka prasangka sebagianbesar disebabkan oleh faktor sosial. Berikut terdapat beberapa teori psikologiyang dapat menjelaskan bagaimana faktor sosial yang telah dijelaskan diatasdapat menyebabkan munculnya prasangka dan mengapa prasangka munculdalam interaksi sosial, yaitu : teori konflik realistik, teori belajar sosial, teorikognitif, teori psikodinamika, teori kategorisasi sosial, teori perbandingansosial, teori biologi dan devrisasi relatif.1.
 
Teori Konflik Realistik Teori ini memandang bahwa terjadinya kompetisi (biasanya persainganmemperoleh sumber-sumber langka, seperti ekonomi dan kekuasaan) dankonflik antar kelompok dapat meningkatkan kecenderungan untuk berprasangka dan mendiskriminasikan anggota
out group
. Kompetisi yangterjadi antara dua kelompok yang saling mengancam akan menimbulkanpermusuhan dan menciptakan penilaian negatif yang bersifat timbal balik.Jadi, prasangka merupakan konsekuensi dari konflik nyata yang tidak dapatdielakan.Judd dan Park (1988) menyatakan bahwa ketika kelompok ada dalamsituasi kompetisi maka akan memunculkan efek homogenitas
out group
,yaitu kecenderungan untuk melihat semua anggota dari
out group
adalahsama atau homogen semakin intensif.LeVine dan Campbel (1972) menyebut kompetisi yang terjadi sebagaikonflik kelompok yang realistik. Biasanya terjadi karena kedua kelompok bersaing untuk memperebutkan sumber langka yang sama.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->