Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Askep CA Ovari

Askep CA Ovari

Ratings: (0)|Views: 149 |Likes:

More info:

Published by: Arimbi Yiyienn Trisna on Dec 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/12/2013

pdf

text

original

 
BAB IPendahuluan1.1.Latar Belakang
Kanker ovarium adalah penyakit yang membuat frustasi bagi pasien dan pemberi perawatan kesehatan karena awitannya yang tersembunyi. Dan tidak adagejala peringatan adalah penyebab mengapa penyakit ini telah mencapai tahap lanjutketika didiagnosa. Kondisi ini merupakan penyebab kematian utama diantaramalignansi ginekologis. Penyakit ini mempunyai angka kejadian sekitar 13,8 wanita per 100.000. Sayang sekali, sekitar 75% dari kasus dideteksi pada tahap lanjut.Amatlah sulit untuk mendiagnosa dan adalah unik sehingga kemungkinan kondisi inimerupakan awal dari banyak kanker primer dan mungkin menjadi tempat metastasisdari kanker lainnya. Kondisi ini membawa angka kematian 14.500 setiap tahunnyadan merupakan penyebab prevalen keenam dari kematian akibat kanker pada wanita(Wingo et al., 1995). Sebagian kasus mengenai wanita antara usia 50 sampai 59tahun. Insiden tertingginya adalah di negara-negara industri, kecuali Jepang, yanginsidennya rendah.Hereditas dapat berperan dalam menimbulkan penyakit ini, dan banyak dokter menyarankan pemeriksaan pelvis bimanual bagi wanita yang mempunyai satuatau dua orang saudara dengan kanker ovarium. Meskipun dengan pemeriksaan yangcermat, tumor ovarium biasanya terdapat jauh di dalam dan sulit untuk dideteksi.Belum ada skrining dini yang tersedia saat ini meskipun penanda tumor sedangdalam penelitian.
1.2.Tujuan1.2.1 Tujuan Umum
Untuk mengetahui gambaran tentang asuhan keperawatan klien dengankanker ovarium.
1.2.2 Tujuan Khusus
1. Dapat melakukan pengkajian keperawatan pada klien dengan kanker ovarium.
1
 
2. Dapat menegakkan diagnosa keperawatan klien dengan kanker ovarium.3. Dapat menyusun rencana asuhan keperawatan pada klien dengan kanker ovarium.4. Dapat melakukan implementasi kepada berupa pemenuhan kebutuhandasar klien dengan kanker ovarium.
1.3.Manfaat
1.Untuk menambah pengetahuan mahasiswa tentang asuhan keperawatanklien dengan kanker ovarium.2.Untuk memberikan masukan kepada tenaga kesehatan, khususnya perawatruangan dalam memberikan asuhan keperawatan klien dengan kanker ovarium.
2
 
BAB IITinjauan Teoritis2.1. Defenisi
Kanker ovarium adalah kumpulan tumor dengan histogenesis yang beranekaragam, dapat berasal dari ketiga dermoblast (endoderma, mesoderma, ektoderma)dengan sifat-sifat histologis maupun biologis yang beraneka ragam. Kanker ovariumadalah penyakit yang membuat frustasi bagi pasien dan pemberi perawatan kesehatankarena awitannya yang tersembunyi dan tidak ada gejala. Kanker ovarium ini dapat berupa kistik, padat, kecil, besar dan bisa pula jinak atau ganas. (Sinopsis obstetri,2001).
2.2. Etiologi dan Faktor Resiko
Etiologi pasti dari kanker ovarium belum ditemukan, namun beberapa faktor resiko diduga dapat menginduksi terjadinya penyakit ini pada wanita.Wanita dengan kanker ovarium mempunyai faktor resiko mengidap kanker  payudara 3 sampai 4 kali lipat pada wanita dan wanita dengan kanker payudaramempunyai resiko yang meningkat terhadap kanker ovarium. Tak ada faktor  penyebab defenitif yang telah ditetapkan, tetapi kontrasepsi oral tampak memberikanefek protektif. Hereditas dapat berperan dalam menimbulkan penyakit ini.Faktor resiko : - Diet tinggi lemak. - Penggunaan bedak talk perineal-Merokok - Infertilitas-Alkohol-Nullipara
2.3. Klasifikasi Tumor
Klasifikasi tumor berdasarkan sistem TNMT = Tumor primer Tx= Tumor primer tidak dapat ditaksir.Ta= Tidak terdapat bukti adanya tumor primeTis= Carsinoma in situT1, T2, T3= Dari T1 sampai T3 tumor primer makin besar dan makin jauhinfiltrasi di jaringan dan alat berdampingan.
3
- Riwayat kanker payudara, kolonendometrium

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->