Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Peran Dan Fungsi Perawat

Makalah Peran Dan Fungsi Perawat

Ratings: (0)|Views: 592 |Likes:
Published by brenz73

More info:

Published by: brenz73 on Dec 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2013

pdf

text

original

 
1
BAB I
 
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
 Saat ini dunia keperawatan semakin berkembang. Perawat dianggap sebagai salah satuprofesi kesehatan yang harus dilibatkan dalam pencapaian tujuan pembangunan kesehatan baik di dunia maupun di Indonesia.Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya kebutuhan pelayanan kesehatanmenuntut perawat saat ini memiliki pengetahuan dan keterampilan di berbagai bidang. Saat iniperawat memiliki peran yang lebih luas dengan penekanan pada peningkatan kesehatan danpencegahan penyakit, juga memandang klien secara komprehensif. Perawat menjalankan fungsidalam kaitannya dengan berbagai peran pemberi perawatan, pembuat keputusan klinik dan etika,pelindung dan advokat bagi klien, manajer kasus, rehabilitator, komunikator dan
1.2 Tujuan Penulisan Makalah
 Untuk mengetahui/ menjelaskan peran dan fungsi peraw
at.
 
2
BAB II
 
PEMBAHASAN
 
2.1 Defenisi
 
Peran
adalah seperangkat tingkah laku yang diharapkan oleh orang lain terhadapseseorang sesuai kedudukannya dalam suatu system. Peran dipengaruhi oleh keadaan sosial baik dari dalam maupun dari luar dan bersifat stabil. Peran adalah bentuk dari perilaku yangdiharapkan dari seesorang pada situasi sosial tertentu. (Kozier Barbara, 1995:21).
Perawat atau Nurse
berasal dari bahasa latin yaitu dari kata Nutrix yang berarti merawatatau memelihara. Harlley Cit ANA (2000) menjelaskan pengertian dasar seorang perawat yaituseseorang yang berperan dalam merawat atau memelihara, membantu dan melindungi seseorangkarena sakit,
injury
dan proses penuaan dan perawat Profesional adalah Perawat yangbertanggungjawab dan berwewenang memberikan pelayanan Keperawatan secara mandiri danatau berkolaborasi dengan tenaga Kesehatan lain sesuai dengan kewenanganya.(DepkesRI,2002).
Peran perawat
yang dimaksud adalah cara untuk menyatakan aktifitas perawat dalampraktik, dimana telah menyelesaikan pendidikan formalnya yang diakui dan diberi kewenanganoleh pemerintah untuk menjalankan tugas dan tanggung keperawatan secara profesional sesuaidengan kode etik profesional.
Fungsi
itu sendiri adalah suatu pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan perannya. Fungsidapat berubah disesuaikan dengan keadaan yang ada.
Fungsi Perawat
dalam melakukan pengkajian pada Individu sehat maupun sakit dimanasegala aktifitas yang di lakukan berguna untuk pemulihan Kesehatan berdasarkanpengetahuan yang dimiliki, aktifitas ini dilakukan dengan berbagai cara untuk mengembalikan kemandirian Pasien secepat mungkin dalam bentuk Proses Keperawatan yangterdiri dari tahap Pengkajian, Identifikasi masalah (Diagnosa Keperawatan), Perencanaan,Implementasi dan Evaluasi.
 
3
2.2 Peran Perawat
 Dipandang dari keamanan
Peran perawat dalam pemenuhan kebutuhan keamanan dapat berperan secara langsungmaupun tidak langsung. Secara langsung perawat dapat melakukan asuhan keperawatan padaklien yang mengalami masalah terkait dengan ketidakterpenuhinya kebutuhan keamanan.Adapun peran perawat dalam pemenuhan kebutuhan keamanan .Merupakan tingkah laku yang diharapkan oleh orang lain terhadap seseorang sesuai dengankedudukan dan system, dimana dapat dipengaruhi oleh keadaan sosial baik dari profesi perawatmaupun dari luar profesi keperawatan yang bersifat konstan.
1.
 
Pemberi Asuhan Keperawatan
Sebagai pemberi asuhan keperawatan, perawat membantu klien mendapatkan kembalikesehatannya melalui proses penyembuhan. Perawat memfokuskan asuhan pada kebutuhankesehatan klien secara holistic, meliputi upaya untuk mengembalikan kesehatan emosi,spiritual dan sosial. Pemberi asuhan memberikan bantuan kepada klien dan keluarga kliendengan menggunakan energi dan waktu yang minimal. Selain itu, dalam perannya sebagaipemberi asuhan keperawatan, perawat memberikan perawatan dengan memperhatikankeadaan kebutuhan dasar manusia yang dibutuhkan melalui pemberian pelayanankeperawatan dengan menggunakan proses keperawatan sehingga dapat ditentukan diagnosiskeperawatan agar bisa direncanakan dan dilaksanakan tindakan yang tepat dan sesuaidengan tingkat kebutuhan dasar manusia, kemudian dapat dievaluasi tingkatperkembangannya. Pemberian asuhan keperawatannya dilakukan dari yang sederhanasampai yang kompleks.2.
Pembuat Keputusan Klinis
 Membuat keputusan klinis adalah inti pada praktik keperawatan. Untuk memberikanperawatan yang efektif, perawat menggunakan keahliannya berfikir kritis melalui proseskeperawatan. Sebelum mengambil tindakan keperawatan, baik dalam pengkajian kondisiklien, pemberian perawatan, dan mengevaluasi hasil, perawat menyusun rencana tindakandengan menetapkan pendekatan terbaik bagi klien. Perawat membuat keputusan sendiri atauberkolaborasi dengan klien dan keluarga. Dalam setiap situasi seperti ini, perawat bekerjasama, dan berkonsultasi dengan pemberi perawatan kesehatan profesional lainnya (Keelingdan Ramos,1995).

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
cardiganc liked this
Ale Gates liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->