Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permenaker Ttg Penyelenggaran Pemeliharaan Kesehatan Bagi Tenaga Kerja Dengan Manfaat Lebih Baik Dari Paket Jpk Dasar Jamsostek

Permenaker Ttg Penyelenggaran Pemeliharaan Kesehatan Bagi Tenaga Kerja Dengan Manfaat Lebih Baik Dari Paket Jpk Dasar Jamsostek

Ratings: (0)|Views: 9 |Likes:
Published by Barita Tambunan

More info:

Published by: Barita Tambunan on Dec 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/22/2014

pdf

text

original

 
MENTERI TENAGA KERJAREPUBLIK INDONESIAPERATURAN MENTERI TENAGA KERJANOMOR : PER-01/MEN/1998.TENTANGPENYELENGGARAAN PEMELIHARAAN KESEHATANBAGI TENAGA KERJA DENGAN MANFAAT LEBIH BAIKDARI PAKET JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN DASARJAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA.MENTERI TENAGA KERJA,Menimbang
: a. Bahwa dalam rangka pelaksanaan Pasal 2 ayat (4)Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 1993 tentangPenyelenggaraan Program Jaminan Sosial TenagaKerja, pengusaha yang menyelenggaraan sendiriprogram pemeliharaan kesehatan bagi tenagakerjanya dengan manfaat lebih baik dari PaketJaminan Pemeliharaan Kesehatan Dasar, tidak wajibikut dalam pemeliharaan kesehatan yangdiselenggarakan oleh Badan Penyelenggara.b. Bahwa untuk memberikan kepastian hukum dankesatuan pendapat dalam pelaksanaan di lapanganmengenai penyelenggaraan pemeliharaan kesehatandengan manfaat yang lebih baik maka perlupengaturan lebih lanjut.c. Bahwa untuk itu perlu ditetapkan dengan PeraturanMenteri.
Mengingat
: 1. Undang-Undang No.3 Tahun 1992 tentang JaminanSosial Tenaga Kerja (Lembaran Negara R.I. Tahun1992 No.14. Tambahan Lembaran Negara No.3468).2 Undang-Undang No.23 Tahun 1992 tentangKesehatan (Lembaran Negara Tahun 1992 No.1100.Tambahan Lembaran Negara No.3495).3. Peraturan Pemerintah No.14 Tahun 1993 tentangPenyelenggaraan Program Jaminan Sosial TenagaKerja (Lembaran Negara R.I. Tahun 1993 No.20.Tambahan Lembaran Negara R.I. No.3520).4. Peraturan Pemerintah No.36 Tahun 1995 tentangPenetapan Badan Penyelenggara Program JaminanSosial Tenaga Kerja (Lembaran Negara R.I. Tahun1995 No.59).5. Keputusan Presiden R.I. No.96/M tahun 1993 tentangPembentukan Kabinet Pembanguan VI.6. Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. PER-03/MEN/1982 tentang Pelayanan Kesehatan Kerja.
 
7. Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. PER-05/MEN/1993 tentang Petunjuk Teknis PedaftaranKepesertaan, Pembayaran Iuran, PembayaranSantunan dan Pelayanan Jaminan Sosial TenagaKerja.8. Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. PER-02/MEN/1997 tentang Peningkatan Biaya Bersalin,Kacamata dan Prothesa Gigi Bagi Tenaga KerjaPeserta Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja.
MEMUTUSKAN :Menetapkan
:
PERATURAN MENTERI TENAGA KERJA TENTANGPENYELENGGARAAN PEMELIHARAAN KESEHATANBAGI TENAGA KERJA DENGAN MANFAAT LEBIHBAIK DARI PAKET JAMINAN PEMELIHARAANKESEHATAN DASAR JAMINAN SOSIAL TENAGAKERJA.
BAB IPENYELENGGARAPasal 1
Perusahaan yang menyelenggarakan sendiri pemeliharaankesehatan dapat dengan cara :a. Menyediakan sendiri atau bekerjasama denganfasilitas Pelaksana Pelayanan Kesehatan (PPK).b. Bekerjasama dengan badan yang menyelenggarakanpemeliharaan kesehatan; danc. Bersama beberapa perusahaan menyelenggarakansuatu pelayanan kesehatan.
Pasal 2
 Perusahaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1dinyatakan dengan manfaat lebih baik dari Paket JaminanPemeliharaan Kesehatan Dasar Jaminan Sosial TenagaKerja apabila memenuhi ketentuan sebagai berikut :a. Liputan pelayanan kesehatan yang diberikansekurang-kurangnya harus memenuhi ketentuansebagaimana tercantum dalam BAB II dan BAB IIIperaturan ini.b. Pelaksana pelayanan kesehatan yang ditunjuk harusmemiliki izin sesuai dengan ketentuan peraturanperundang-undangan yang berlaku.c. Pelaksana pelayanan kesehatan harus mudahdijangkau oleh tenaga kerja dan keluarganya.
 
 
BAB IIKEPESERTAANPasal 3
(1) Kepesertaan meliputi seluruh tenaga kerja baik laki-lakimaupun wanita dan keluarga yang terdiri dari suami atauistri dan anak yang sah.(2) Anak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah anak kandung, anak angkat dan anak tiri yang berusia sampaidengan 21 tahun, belum bekerja, belum menikah denganpembatasan jumlah sebanyak-banyaknya 3 (tiga) oranganak.
BAB IIIPAKET PELAYANAN KESEHATANPasal 4
Paket jaminan pemeliharaan kesehatan dengan manfaatlebih baik daripada jaminan pemeliharaan kesehatan dasarJamsostek yang diberikan kepada tenaga kerja dankeluarganya sekurang-kurangnya meliputi :a. Rawat jalan tingkat pertama;b. Rawat jalan tingkat lanjutan;c. Rawat inap;d. Pemeriksaan kehamilan dan persalinan;e. Penunjang diagnostik;f. Pelayanan khusus; dang. Gawat darurat.
Pasal 5
 (1) Pelayanan rawat jalan tingkat pertama sebagaimanadimaksud dalam Pasal 4 huruf a, sekurang-kurangnyameliputi :a. Bimbingan dan konsultasi kesehatan;b. Pemeriksaan kehamilan, nifas dan ibu menyusui;c. Keluarga berencana;d. Imunisasi bayi, anak dan ibu hamil;e. Pemeriksaan dan pengobatan dokter umum;f. Pemeriksaan dan pengobatan dokter gigi;g. Pemeriksaan laboratorium sederhana;h. Tindakan medis sederhana;i. Pemberian obat-obatan dengan berpedoman kepadadaftar obat esensial nasional plus (DOEN PLUS) ataugenerik; dan j. Rujukan ke rawat tingkat lanjutan.(2) Pelayanan rawat jalan tingkat pertama dilakukan diPelaksana Pelayanan Kesehatan tingkat pertama.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->