Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KMK No. 1540 Ttg Penempatan Tenaga Medis Melalui Masa Bakti Dan Cara Lain

KMK No. 1540 Ttg Penempatan Tenaga Medis Melalui Masa Bakti Dan Cara Lain

Ratings: (0)|Views: 157|Likes:
Published by fitriemars

More info:

Published by: fitriemars on Dec 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/21/2013

pdf

text

original

 
 
KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIANOMOR : 1540/MENKES/SK/XII/2002TENTANGPENEMPATAN TENAGA MEDIS MELALUIMASA BAKTI DAN CARA LAINMENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang : a. bahwa dengan diberlakukannya Undang-undang No. 22 Tahun 1999 tentangPemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 2000 tentangKewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi Sebagai Daerah Otonomimaka Peraturan Menteri Kesehatan No. 1170A/Menkes/Per/X/1999 tentangMasa Bakti Tenaga Medis perlu segera disesuaikan dengan arah kebijakandesentralisasi saat ini;b.
 
bahwa sehubungan dengan butir a tersebut diatas, maka perlu ditetapkanKeputusan Menteri Kesehatan tentang Penempatan Tenaga Medis melaluiMasa Bakti dan Cara Lain;Mengingat : 1. Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian(Lembaran Negara Tahun 1974 No 55, Tambahan Lembaran Negara Nomor3041) sebagaimana telah diubah dengan Undang–undang Nomor 43 Tahun1999 (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 169, Tambahan Lembaran NegaraNomor 3890);2.
 
Undang-undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan (LembaranNegara Tahun 1992 Nomor 100, Tambahan Lembaran Negara 3495);3.
 
Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah(Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 60, Tambahan Lembaran NegaraNomor 3839);4.
 
Undang-undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan KeuanganPemerintah Pusat dan Daerah (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 72,Tambahan Lembaran Negara Nomor 3848);5.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 1988 tentang Masa Bakti dan Praktek Dokter dan Dokter Gigi (Lembaran Negara Tahun 1988 Nomor 1, TambahanLembaran Negara Nomor 3366);6.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1996 tentang Tenaga Kesehatan(Lembaran Negara Tahun 1996 Nomor 49, Tambahan Lembaran NegaraNomor 3637);
7.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 tentang kewenangan Pemerintahdan kewenangan Propinsi Sebagai Daerah Otonomi (Lembaran Negara Tahun2000 Nomor 54, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3952);8.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 98 Tahun 2000 tentang Pengadaan PegawaiNegeri Sipil (Lembaran Negara Tahun 2000 Nomor 195, Tambahan LembaranNegara Nomor 4016);9.
 
Keputusan Presiden Nomor 37 Tahun 1991 tentang Pengangkatan DokterSebagai Pegawai Tidak Tetap Selama Masa Bakti;
 
 10.
 
Keputusan Presiden Nomor 102 Tahun 2001 tentang Kedudukan, Tugas,Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Departemen;11.
 
Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : 702/Menkes/SK/VIII/ 1993 tentangPetunjuk Pelaksanaan Pengangkatan Tenaga Dokter Sebagai Pegawai Tidak Tetap Selama Masa Bakti;12.
 
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 916/Menkes/Per/VII/1997 tentang IzinPraktik bagi Tenaga Medis;13.
 
Keputusan Bersama Menteri Pertahanan Keamanan dengan Menteri KesehatanNomor 1122/Menkes/SK/IX/1999 dan Nomor NKB/01/P/IX/1999 tentangKerjasama Pembinaan Kesehatan Dalam Rangka Pertahanan KeamananNegara;14.
 
Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1277/Menkes/SK/XI/2001 tentangOrganisasi dan Tata Kerja Departemen Kesehatan.
M E M U T U S K A N :
Menetapkan : KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN TENTANG PENEMPATANTENAGA MEDIS MELALUI MASA BAKTI DAN CARA LAIN
BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
 Dalam Keputusan Menteri ini yang dimaksud dengan :1.
 
Tenaga medis adalah Dokter, Dokter Gigi, Dokter Spesialis, Dokter Gigi Spesialis baik lulusandalam negeri maupun luar negeri yang diakui oleh Pemerintah Republik Indonesia;2.
 
Masa bakti adalah masa pengabdian profesi
tenaga medis
kepada masyarakat dalam rangkamenjalankan tugas profesi pada suatu sarana pelayanan kesehatan atau sarana lain yangditentukan oleh Pemerintah dalam kedudukan sebagai pegawai tidak tetap;3.
 
Cara lain adalah masa pengabdian profesi tenaga medis kepada masyarakat dalam rangkamenjalankan tugas profesi pada suatu sarana pelayanan kesehatan atau sarana lain dalamkedudukan sebagai pegawai negeri atau karyawan swasta.4.
 
Surat Penugasan adalah surat yang memberikan kewenangan kepada
tenaga medis
untuk melakukan pekerjaan sebagai
tenaga medis
;5.
 
Registrasi adalah pencatatan resmi terhadap tenaga medis yang telah mempunyai kualifikasidan diakui secara hukum untuk melakukan tindakan profesionalnya;6.
 
Surat Izin Praktek (SIP) adalah bukti tertulis yang diberikan kepada tenaga medis yangmenjalankan praktik setelah memenuhi persyaratan sebagai pengakuan kewenangan untuk melakukan pelayanan kesehatan sesuai dengan profesinya;7.
 
Pegawai tidak tetap adalah pegawai yang diangkat oleh Pejabat yang berwenang untuk jangkawaktu tertentu guna melaksanakan tugas Pemerintahan dan pembangunan yang bersifat teknisprofesional dan administrasi pada sarana pelayanan kesehatan dan tidak berkedudukan sebagaiPegawai Negeri;
 
 8.
 
Brigade Siaga Bencana (BSB) adalah Tim Reaksi Cepat dan sekaligus sebagai tim pelaksanapenanggulangan masalah kesehatan akibat bencana;9.
 
Daerah Sangat Terpencil adalah daerah yang sangat sulit dijangkau karena berbagai sebabseperti keadaan geografi (kepulauan, pegunungan, daratan, hutan dan rawa), transportasi dansosial budaya;10.
 
Daerah Terpencil adalah daerah yang sulit dijangkau karena berbagai sebab seperti keadaangeografi (kepulauan, pegunungan, daratan, hutan dan rawa), transportasi dan sosial budaya;11.
 
Daerah biasa adalah daerah di luar ketentuan daerah terpencil dan daerah sangat terpencil;12.
 
Pejabat yang berwenang adalah pejabat yang memiliki kewenangan mengangkat, memindahkandan memberhentikan pegawai;13.
 
Perguruan Tinggi adalah Universitas atau Perguruan Tinggi yang menghasilkan tenaga medisserta memiliki izin penyelenggaraan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yangberlaku.14.
 
Dokter/dokter gigi keluarga adalah dokter/dokter gigi yang melaksanakan tugas profesi untuk memelihara kesehatan bagi komunitas tertentu berdasarkan ikatan kontrak (Askes/JPKM)sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
BAB IIPELAPORAN DAN REGISTRASIPasal 2
(1)
 
Tenaga medis yang baru lulus dilaporkan secara kolektif oleh Pimpinan Perguruan Tinggikepada
Gubernur up. Kepala Dinas Kesehatan Propinsi
setempat dimana fakultaskedokteran/fakultas kedokteran gigi berada selambat-lambatnya dalam 1 (satu) bulan sesudahdiberikan ijazah asli atau surat keterangan kelulusan dengan tembusan Menteri Kesehatan up.Kepala Biro Kepegawaian.(2)
 
Bentuk dan isi laporan sebagaimana dimaksud ayat (1) seperti lampiran 1 Keputusan ini.
Pasal 3
(1)
 
Tenaga medis yang telah dilaporkan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 wajib melengkapipersyaratan administrasi seperti tersebut dalam lampiran 2 Keputusan ini dan disampaikankepada
Gubernur up. Kepala Dinas Kesehatan Propinsi
setempat dimana FakultasKedokteran/Fakultas Kedokteran Gigi berada, selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sesudahmenerima ijazah aslinya atau surat keterangan lulus.(2)
 
Tenaga medis yang telah melengkapi persyaratan administrasi sebagaimana dimaksud padaayat (1) langsung diregistrasi secara otomatis dan diberikan nomor registrasi serta bukti lapor.(3)
 
Gubernur up. Kepala Dinas Kesehatan Propinsi
yang menerima laporan tenaga medisyang baru lulus melaporkan secara kolektif nama tenaga medis yang telah diberikan nomorregistrasi, serta pilihan penempatan melalui masa bakti dan cara lain, kepada MenteriKesehatan up. Kepala Biro Kepegawaian selambat-lambatnya dalam
 jangka waktu
2 (dua)bulan setelah
diberikannya nomor registrasi dan bukti lapor.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->