Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH ORGANISASI (AKHIR)

MAKALAH ORGANISASI (AKHIR)

Ratings: (0)|Views: 396|Likes:

More info:

Published by: Guna Monda Wicaksana on Dec 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/08/2013

pdf

text

original

 
By:
Guna Monda W.
 
MAKALAH
“ORGANISASI”
 
PADA MATAKULIAHMANAJEMEN DAN EKONOMI TEKNIK
Disusun oleh:
Guna Monda W. (09530074)
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
2012
 
By:
Guna Monda W.
 
BAB IPENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Menjadi mahasiswa adalah kesempatan. Masuk organisasi adalah pilihan. Ya, darisekian anak negeri ini yang lulus dari Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) hanyasebagian kecil yang meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi. Oleh karena itu, besarharapan masyarakat terhadap kaum muda yang bergelut dengan dunia intelektual ini.Fenomena mahalnya biaya pendidikan, menuntut mahasiswa untuk menyelesaikan studi tepatwaktu. Sehingga segala energi dikerahkan untuk mengondol gelar sarjana/diploma sesegeramungkin. Tak ayal lagi tren study oriented mewabah di kalangan mahasiswa.Tapi apakah cukup dengan hanya mengandalkan ilmu dari perkuliahan dan indeksprestasi yang tinggi untuk mengarungi kehidupan pasca wisuda? Ternyata tidak. Dunia kerjayang akan digeluti oleh alumnus perguruan tinggi tidak bisa diarungi dengan dua modal itusaja. Ada elemen yang lebih penting, yakni kemampuan soft skill. Kemampuan ini terkaitdengan kemampuan berkomunikasi dan bahasa, bekerja dalam satu team, serta kemampuanmemimpin dan dipimpin.Kapabilitas soft skill ini tidak diajarkan lewat bangku kuliah. Namun, bisa didapatkanmelalui organisasi-organisasi mahasiswa, baik itu Organisasi Intra Kampus seperti BadanEksekutif Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala). Didalam Univesitas Gunadarma sendiri memiliki cukup banyak organisasi kemahasiswaan baik antar Fakultas ataupun organisasi lainnya seperti SNAP, Paduan suara, dll.Hal yang ingin penulis tegaskan di sini adalah keberadaan organisasi menjadi penting karenakemanfaatannya terpulang kepada manusia itu sendiriSelain berfungsi sebagai pembelajaran diri, organisasi merupakan wahana bagi kitaberempati dengan situasi yang terjadi di masyarakat. Negara berkembang layaknya Indonesia,banyak dihadapkan masalah-masalah sosial terutama menyangkut kesenjangan ekonomi,kecurangan, ketidakadilan, dan ketidakstabilan politik. Organisasi membawa para anggotanyabersinggungan langsung dengan persoalan-persoalan ini, sekaligus mengugah rasa kritisuntuk mencari solusi atas apa yang terjadi.
B. Rumusan Masalah
Dengan memperhatikan latar belakang tersebut, agar dalam penulisan ini penulismemperoleh hasil yang diinginkan, maka penulis mengemukakan beberapa rumusanmasalah. Rumusan masalah itu adalah:· Apa yang dimaksud dengan organisasi?· Apa tujuan dan unsure organisasi?· Apa yang menyebabkan organisasi terbentuk?· Apa manfaat aktif dalam organisasi?· Apa yang menjadi pendekatan dalam organisasi?· Apa masalah dan solusinya yang kerap terjadi dalam organisasi?· Apa saja teori yang terdapat dalam organisasi?
 
By:
Guna Monda W.
 
BAB IIPEMBAHASAN
A. Pengertian Organisasi1. Arti Organisasi
Organisasi (Yunani:
ὄργανον, organon
- alat) adalah suatu kelompok orangdalam suatu wadah untuk tujuan bersama.Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu,terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajianmengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilakuorganisasi (organizational behaviour), atau analisa organisasi (organization analysis)
2. Definisi Organisasi
Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnyadigunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasamasecara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali,dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan),sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien danefektif untuk mencapai tujuan organisasi.Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
 
Stoner
mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubunganyang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuanbersama.
 
James D. Mooney
mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiapperserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
 
Chester I. Bernard
berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatusistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
 
Stephen P. Robbins
menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity)sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensisekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya,karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalammasyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yangterus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akantetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalamkeanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orangdalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->