Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tata Kemah

Tata Kemah

Ratings: (0)|Views: 355|Likes:
Published by Sania M. Jayanti
Penataan letak dalam perkemahan
Penataan letak dalam perkemahan

More info:

Published by: Sania M. Jayanti on Dec 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/12/2012

pdf

text

original

 
CONTOH TATA KEMAH
Jumlah dan jenis tenda
 Setiap regu dalam sebuah kavling perkemahan hendaknya memiliki tenda induk sebagai tempattinggal, tenda tenda untuk menyimpan makanan yaitu tenda kecil ternpat menyimpan segalakeperluan yang berhubungan dengan makanan: makanan matang, bahan mentah, beras,rempah/bumbu, kayu bakar (bila hujan), dan lain-lain. Tenda makanan didirikan terasing,tertutup rapat; tidak baik makanan disimpan dalam tenda tidur (lebih-lebih yang, sudah matang),dilihat dari segi kesehatan dan kebersihan tenda. Dan tenda makan, yaitu tenda untuk makansemua anggota regu.
 
 
Dapur
 Perkemahan harus dilengkapi dengan dapur sebagai tempat memasak. Dapur perkemahan adabermacam -macam bentuknya, bisa dibuat dari kayu atau kompor yang penting dapatberfungsi dengan baik untuk masak-memasak.
MCK Sumur
 Jika menyelenggarakan perkemahan di bumi perkemahan sarana MCK biasanya sudah tersedia.Yag harus dilakukan adalah ikut serta menjaga kebersihan dan hemat air. Jika perkemahanberlokasi tidak di bumi perkemahan yang tidak memiliki MCK maka pada saat survey harusdiidentifikasi dulu agar memudahkan diambil jalan keluarnya.
Tempat sampah
 Berkemah merupakan kesempatan yang baik untuk belajar kebersihan dan ketertiban.Perkemahan yang kotor merupakan latihan yang paling buruk bagi pekemah; selain akanmengakibatkan para peserta tidak sehat, mungkin pemilik tanah yang dipinjami akan berpikirdua kali bila akan mengijinkan dipinjam lagi. Hal-hal seperti itu dapat mencorng namaorganisasi.Pengaturan pembuatan tempat pembuangan sampah, harus sudah jauh-jauh hari dipikirkan dandirencanakan. Pembuatan sudah harus siap pada saat para pekemah tiba (bila para peseta berusiamuda), atau harus segera dibuat bersama-sama pembuatan dapur, begitu pekemah (sudah berusiadi atas 15 tahun) tiba di perkemahan.Sampah kering dibakar, yang tidak dapat dibakardikubur. Namun sampah basah memerlukanperlakuan khusus. Kalau sampah dari dapurbanyak maka lubang sampah dibuat sedekatmungkin dari dapur di sebelah bawahnya, tetapitetap jauh darin tenda tidur).Untuk sampah keras, seperti tulang ayam, bijimangga, kulit buah nangka, tempurung/tapaskelapa, sebaiknya ditanam. Bila perkemahanberlangsung lama, lebih baik dibuat lubangsampah yang agak besar, misalnya luas 1 x 1 mdan dalamnya 0,75 m dan senantiasa ditutup dengantaburan tanah hingga tertutup setiap sampah dibuang(seperti kakus kering). Kaleng-kaleng bekas makanankaleng, dibakar dulu kemudian dipukul-pukul hinggagepeng, baru dibuang ke lubang sampah.Untuk sampah basah dibuat lubang tersendiriberukuran luas 0,4 x 0,4 m dan dalamnya 0,8 m. Diatas lubang sampah basah ini ditutupkan anyamankawat atau tumpukan ranting yang di atasnya lagiditimbuni rumput dan daun-daunan. Sampah basah
 
dituang ke atas timbunan saringan tadi, airnya terus ke dalam lubang, bubuk sampahnyamenyangkut di saringan. Rumput dan daun-daunan setiap kali diganti dengan yang baru danyang lama sebaiknya dibakar.Setiap pekemah harus diajari dan dibiasakan untuk tidak sembarangan membuang sampah, danbila ada sampah terlihat sudah harus dibiasakan untuk segera memungutnya dan membuangnyake tempat/lubang sampah. Sementara sebelum banyak dan dibuang ke tempat/lubang sampah,dapat disediakan kantung plastik besar untuk tempat sampah sementara di tenda-tenda. Kantungini harus dikosongkan setiap hari sebelum pemeriksaan pagi dilakukan. Dengan demikian makaperkemahan akan terbebas dari gangguan lalat, kecoa, dan semut atau tikus.
Perlengkapan Perkemahan
 Didalam berkemah hendaknya jangan membawa perlengkapan yang berlebihan dan serba barang jadi. Hal semacam itu memang mudahkan namun tidak memberian ruang kepada pesertaperkemahan untuk mengembangkan kreativitas dan kemauan untuk berkarya. Di bawah inibeberaa perlengkapan perkemahan yang bersahaja dan mampu mengembangkan kreativitasdalam pembuatannya.
Jemuran
 Karena sudah banyak tali tenda, pekemahbiasanya tidak memikirkan lagi perlunya tali jemuran khusus disediakan. Tali-tali tendaitulah kemudian berfungsi pula jadi tali jemuran. Kesannya jadi kurang baik, seperti jemuran di bangunan bertingkat kotaHongkong yang keluar dari setiap jendela.Merusak pandangan! Tali jemuran perludibuat tersendiri terpisah dari tali-tali tenda.
Bendera regu dan papan pengumuman
 Tiang tenda bagian depan sengaja berfungsi rangkapmenjadi tiang bendera regu dan juga tempatmenggantungkan papan pengumuman tentang programharian, pembagian kerja, dan sebagainya, yang harusdiperhatikan oleh setiap anggota regu. Papanpengumuman dibuat dari tripleks atau karton tebal.Dengan adanya papan pengumuman ini maka pekemahdibiasakan untuk selalu memperhatikan petunjuk;tanpa perlu banyak bicara mereka banyak bekerja.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->