Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ham

Ham

Ratings: (0)|Views: 9 |Likes:

More info:

Published by: Faizal ThelordImmortal on Dec 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/04/2014

pdf

text

original

 
1Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM)
a.Pengertian secara Etimologis-Human Right (Inggris)= Hak Manusia-Droits de lhomme= Hak Manusia-Menselijke Rechten= Hak Manusiab.Pengertian Menurut Ilmuwan-Prof. Koentjoro Poerbopranoto“Hak asasi adalah hak yang bersifat asasi artinya hak-hak yang dimiliki manusia menurutkodratnya yang tidak dapat dipisahkan dari hakikatnya sehingga sifatnya suci”.Dengan kata lain, hak asasi merupakan hak dasar yang dimiliki pribadi manusia, sebagaianugerah Tuhan, yang dibawa sejak lahir, sehingga hak asasi itu tidak dapat dipisahkan darieksistensi pribadi manusia itu sendiri. -John Locke“Hak asasi manusia adalah hak yang dibawa sejak lahir yang secara kodrati melekat padasetiap manusia dan tidak dapat diganggu gugat (bersifat mutlak)”.Karena manusia sebagai makluk sosial, hak-hak itu akan berhadapan dengan hak orang lain,oleh sebab itu:1)Hak asasi harus dikorbankan untuk kepentingan masyarakat, sehingga lahir kewajiban.
2)
Hak asasi semakin berkembang meliputi berbagai bidang kebutuhan, antara lain hak dibidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. -Maududi (Pemikir Islam)Mengatakan bahwa: “Dalam pandangan Islam manusia memiliki hak-hak dasar yang melekatdalam dirinya, misalnya hak untuk hidup, hak atas keselamatan, hak untuk mendapatkankehormatan kesuciannya bagi kaum perempuan, hak untuk memperoleh kehidupan hiduppokok, hak individu atas kebebasan, hak atas keadilan, kesamaan derajat sebagai umatmanusia, dan hak untuk kerja sama dan tidak bekerja sama.-G.J. WolhotsHak asasi manusia adalah “sejumlah hak yang melekat dan berakar pada tabiat setiap pribadimanusia, dan justru karena kemanusiaannya hak tersebut tidak dapat dicabut oleh siapapun juga, karena apabila dicabut akan kehilangan kemanusiaannya”.c.Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi ManusiaHak asasi manusia adalah “seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusiasebagai makluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati,dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara,hukum, pemerintahan, dan setiap orang demikehormatan serta perlindungan harhat dan martabat manusia”. d.Pengertian secara UmumHak asasi manusia adalah “hak pokok atau hak dasar yang dibawa oleh manusia sejak lahir yangsecara kodrat melekat pada setiap manusia dan tidak dapat diganggu gugat karena merupakananugerah dari Tuhan Yang Maha Esa”.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat dikatakan bahwa:
1)
Hak asasi itu bersifat “universal”, karena dimiliki oleh setiap orang bukan karena pemberiandari pihak lain (pribadi tertentu, masyarakat, pemerintah, Negara) dimanapun juga.
2)
Keberadaan hak asasi seseorang tidak tergantung pengakuan dari pihak lain, diakui atau tidakdiakui pihak lain, setiap manusia memiliki hak asasi.
3)
Siapapun, kapanpun, dan dimanapun keberadaan kita, semua memiliki hak asasi.
2Beberapa Macam Hak Asasi Manusia
Hak asasi manusia meliputi beberapa bidang, yaitu:a.Hak asasi pribadi Adalah hak kemerdekaan memeluk agama, beribadat menurut agama masing-masing,menyatakan pendapat dan kebebasan berorganisasi atau berserikat.b.Hak asasi ekonomi atau hak milik Adalah kebebasan memiliki sesuatu, hak membeli dan menjual sesuatu, serta hak mengadakansuatu perjanjian atau kontrak.c.Hak asasi persamaan hukum
1
 
 Adalah hak memperoleh perlakuan yang sama dalam keadilan hukum dan pemerintahan.d.Hak asasi politik Adalah hak untuk diakui dalam kedudukan sebagai warga negara yang sederajat, oleh karena itusetiap warga negara wajar mendapat hak keikutsertaan dalam pemerintahan, seperti hak memilihdan dipilih, mendirikan partai politik atau organisasi serta hak mengajukan petisi dan kritik atausaran. e.Hak asasi social dan kebudayaan Adalah kebebasan hak memperoleh pendidikan dan pengajaran atau hak memilih pendidikan danhak mengembangkan kebudayaan yang disukai.f.Hak asasi perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan Adalah hak untuk mendapatkan perlakuan yang wajar dan adil dalam penggeledahan (razia,penangkapan, peradilan, dan pembelaan hukum).
3Perlindungan Hak Asasi Manusia di Indonesia
1)HAM dalam Batang Tubuh UUD 1945HAM telah diatur secara tegas dalam UUD 1945 BAB XA tentang Hak Asasi Manusia mulai daripasal 28A s.d. 28J, yaitu:
a)
Pasal 28ASetiap orang berhak hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.b)Pasal 28B
(1)
Setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melaluiperkawinan yang sah.(2)Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang sertaatas perlidungan dari kekerasan dan diskriminasi.c)Pasal 28C
(1)
Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhandasarnya, berhak mendapat pendidikan, dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuandan teknologi, seni budaya dan kesejahteraan umat manusia.(2)Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haksecara kolektif untuk membangun masyarakat,bangsa dan negaranya.d)Pasal 28D
(1)
Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastianhukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum.
(2)
Setiap orang berhak bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adildan layak dalam hubungan kerja.
(3)
Setiap warga negara berhak memperoleh kesempatan yang sama dalampemerintahan.(4)Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan. e)Pasal 28E
(1)
Setiap orang bebas memeluk agama danberibadat menurut agamanya,memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan,memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya serta hak kembali.
(2)
Setiap orang berhak atas kebebasan pikiran dan sikap sesuai hati nuaraninya.
(3)
Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, danmengeluarkan pendapat.f)Pasal 28FSetiap berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadidan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan,mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yangtersedia. g)Pasal 28G
(1)
Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan,martabat dan harta benda yang di bawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman danperlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat dan tidak berbuat sesuatu yangmerupakan hak asasi.
2
 
(2)
Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perlakuan yangmerendahkan derajat martabat dan berhak memperoleh suaka politik dari negara lain.h)Pasal 28H
(1)
Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, danmendapatkan lingkungan hidup yang baik, sehat serta berhak mendapatkan pelayanankesehatan.
(2)
Setiap orang berhak mendapatkan kemudahan dan perlakuan khusus untukmemperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dankeadilan.
(3)
Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangandirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat.
(4)
Setiap orang berhak mempunyai hak milik pribadi dan hak milik tersebut tidakboleh dimbil alih secara sewenang-wenang oleh siapapun. i)Pasal 28I
(1)
Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran dan hatinurani, hak beragama, hak untuk tidak diperbudak, hak untuk diakui sebagai pribadididhadapan hukum dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surutadalah hak asasi manusia yan tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun.
(2)
Setiap orang bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apapun dan berhak mendapatkan perlindungan terhadap perlakuan yang bersifatdiskriminatif itu.
(3)
Identitas budaya dan hak masyarakat tradisionil dihormati selaras denganperkembangan zaman dan peradaban.
(4)
Perlindungan, pemajuan, penegakkan, dan pemenuhan hak asasi manusiaadalah tanggung jawab negara terutama pemerintah.
(5)
Untuk menegakkan dan melindungi hak asasi manusia sesuai dengan prinsipnegara hukum yang demokratis, maka pelaksanaan hak asasi manusia dijamin, diatur, dandituangkan dalam peraturan perundang-undangan. j)Pasal 28J
(1)
Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertibkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
(2)
Dalam menjalankan hak dan kebebasan setiap orang wajib tunduk kepadapembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud semata-mata untukmenjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain dan untukmemenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama,keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis. 2)HAM dalam Ketetapan MPR No. XVII/MPR/1998
Tap MPR ini khusus memuat piagam hak asasi manusia serta pandangan dan sikapbangsa Indonesia terhadap HAM.
Dengan Tap MPR ini MPR memberi tugas kepada lembaga-lembaga tinggi negara sertaseluruh aparatur pemerintah, untuk menghormati, menegakkan, dan menyebarluaskanpermasalah mengenai HAM kepada seluruh masyarakat.
Di samping itu, memberi tugas kepada DPR dan Presiden untuk meratifikasi berbagaiinstrumen PBB tentang HAM, sepanjang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.
Pengakuan, penghormatan, dan penyebarluasan HAM oleh masyarakat dilaksanakanmelalui gerakan kemasyarakatan atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sebagai warganegara.
Pelaksanaan penyuluhan, pengkajian, pemantauan, penelitian dan mediasi tentang HAMdilaksanakan oleh Komnas HAM (yang dibentuk dengan Keppres No. 50 Tahun 1993).
Piagam HAM dalam Tap MPR ini mengetengahkan 8 hak, yaitu:1)Hak untuk hidup
2)
Hak berkeluarga dan melanjutkan ketrunan3)Hak mengembangkan diri4)Hak keadilan5)Hak kemerdekaan
6)
Hak atas kebebasan informasi7)Hak keamanan
8)
Hak kesejahteraan
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->