Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
AFIRMASI

AFIRMASI

Ratings: (0)|Views: 154 |Likes:
Published by Roos Prijobowo

More info:

Published by: Roos Prijobowo on Dec 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2012

pdf

text

original

 
TEKNIK AFIRMASIBAHAN PEMBELAJARAN DIKLAT MINDSET 
1
AFIRMASI
 
PENGANTAR
 Afirmasi dan visualisasi adalah merupakan salah satu teknik yang sangat populer digunakan untuk melakukan pemograman ulang pikiran bawah sadar. Namun masihbanyak orang yang mengalami kesulitan untuk dapat melakukan afirmasi dan visualisasisecara efektif dan efisien. Afirmasi adalah sesuatu yang diproyeksikan dan dimasukan kedalam pikiran bawah sadar dan bersifat sugestif. Afirmasi dapat berupa kata-kata atau kalimat yang diucapkandengan penuh keyakinan dan berulang-ulang
 
Sebagai aparatur pemerintah, pengetahuan tentang afirmasi ini juga dirasakan sangatpenting karena dapat digunakan untuk melakukan perubahan baik dalam pola pikir ataupun pola tindak.
Modul Mindset yang juga membahas tentang afirmasi ini, diharapkan dapatmeningkatkan pengetahuan dan pemahaman aparatur pemerintah tentang afirmasi.Dengan demikian aparatur pemerintah dapat menerapkan berbagai pengetahuan tentangafirmasi, untuk melakukan berbagai perubahan dalam kegiatanya.
Deskripsi Singkat
Mata diklat ini membekali peserta diklat dengan kemampuan menerapkan teknik afirmasikhususnya dalam pelaksanaan tugas jabatanya, melalui pembelajaran pengertian, teknikrepetisi dan afirmasi, serta pengetahuan tentang gelombang otak. Pembelajaran disajikansecara komunikatif yang meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi dan demonstrasi.Keberhasilan pembelajaran dinilai dari kemampuan peserta diklat menghasilkan lembar kerja tentang penerapan strategi kehumasan dalam pelaksanaan tugas jabatandiinstansinya.
Hasil Belajar
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta diklat diharapkan mampu menerapkan teknikafirmasi untuk melakukan perubahan dalam pelaksanaan tugas jabatanya.
Indikator hasil Belajar
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta diklat dapat:1. Menjelaskan teknik repetisi;2. Menjelaskan afirmasi;3. Menjelaskan aspek-aspek teknis afirmasi;4. Menjelaskan kekuatan afirmasi;
Materi Pokok
1. Teknik Repetisi dan Afirmasi;2. Aspek-aspek, teknis serta kekuatan afirmasi;
 
TEKNIK AFIRMASIBAHAN PEMBELAJARAN DIKLAT MINDSET 
2
Metoda
1. Ceramah2. Diskusi3. Bermain peran4. Curah gagas5. Tanya jawab
Media pembelajaran
1. LCD2. Laptop3. Flipchart4. Spidol5. Layar 
 
TEKNIK AFIRMASIBAHAN PEMBELAJARAN DIKLAT MINDSET 
3
Bab 1
 TEKNIK REPETISI DAN AFIRMASI
A. TEKNIK REPETISI
Repetisi merupakan suatu teknik memasukkan sesuatu yang positif kedalam pikiranbawah sadar (subconscious) secara berulang-ulang sehingga dapat bertahan lamaberada dalam pikmiran bawah sadar seseorang. Sesuatu yang terus menerusdilakukan sehari-hari, maka lama kelamaan akan masuk dan tertanam didalampikiran bawah sadar seseorang. Suatu informasi yang diberikan kepada pikiran sadar seseorang secara terus menerus, maka informasi tersebut pada suatu saat akantertanam dalam pikiran bawah sadar.Dengan menggunakan teknik repetisi ini, orang dapat mengubah pikiran negatif dengan cara memberikan informasi positif berulang kali serta terus menerus untukmenggantikan pikiran-pikiran negatif yang ada. Supaya repetisi ini dapat berhasil danberjalan secara optimal, perlu diperhatikan waktu yang tepat untuk mekukan repetisi.Waktu yang paling tepat untuk melakukan repetisi adalah pada saat-saat yangtenang atau dalam kondisi relaks. Mengapa harus dalam kondisi relaks atau tenang ?Hal tersebut dapat dijelaskan melalui pemahaman gelombang otak manusia.
1. Pola Gelombang Otak
Setiap orang memiliki pola gelombang otak yang unik dan selalu konsisten.Keunikan tersebut tampak pada komposisi keempat jenis gelombang otak padasaat tertentu. Komposisi gelombang otak tersebut menentukan tingkat kesadaranseseorang. Untuk lebih mudahnya, berikut ini adalah macam-macam gelombangotak :
a. Gelombang Otak Beta
Gelombang beta adalah merupakan gelombang otak yang frekuensinya palingtinggi. Gelombang beta dihasilkan oleh proses berpikir secara sadar.Gelombang otak beta terbagi menjadi 3 bagian yaitu :
 
Setelah mengikuti sesi pembelajaran ini, peserta diklat diharapkan dapatmenjelaskan pengertian teknik repetisi dan afirmasi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->