Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Definisi

Definisi

Ratings: (0)|Views: 18|Likes:
Published by Alif

More info:

Published by: Alif on Dec 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2013

pdf

text

original

 
Definisi, etiologi, dan manifestasi campak 
 Definisi
 Morbili adalah penyakit virus akut, menular yang ditandai dengan 3 stadium, yaitu stadiumprodormal (kataral), stadium erupsi dan stadium konvalisensi, yang dimanifestasikan dengandemam, konjungtivitis dan bercak koplik.
Etiologi (Penyebab)
 Penyebab penyakit campak adalah virus campak atau morbili (paramiksovirus RNA) ditularkanmelalui droplet. Sangat infeksius, masa inkubasi 7
 – 
14 hari. Biasanya mengenai anak-anak. Satuserangan menyebabkan kekebalan seumur hidup.
Manifestasi Klinis (Gejala)
 Masa tunas/inkubasi penyakit berlangsung kurang lebih dari 10-20 hari dan kemidian timbulgejala-gejala yang dibagi dalam 3 stadium:1. Stadium Kataral (Prodormal)Stadium prodormal berlangsung selama 4-5 hari ditandai oleh demam ringan hingga sedang,batuk kering ringan, coryza (ditandai dengan gejala bersin-bersin dan hidung beringus), fotofobiadan konjungtivitis. Menjelang akhir stadium kataral dan 24 jam sebelum timbul enantema,timbul bercak koplik yang patognomonik bagi morbili, tetapi sangat jarang dijumpai. Bercak koplik berwarna putih kelabu, sebesar ujung jarum dan dikelilingi oleh eritema. Lokalisasinyadimukosa bukalis berhadapandengan molar dibawah, tetapi dapat menyebar tidak teraturmengenai seluruh permukaan pipi. Meski jarang, mereka dapat pula ditemukan pada bagiantengah bibir bawah, langit-langit dan karankula lakrimalis. Bercak tersebut muncul danmenghilang dengan cepat dalam waktu 12-18 jam. Kadang-kadang stadium prodormal bersifatberat karena diiringi demam tinggi mendadak disertai kejang-kejang dan pneumoni. Gambarandarah tepi ialah limfositosis dan leukopenia.2. Stadium erupsiCoryza dan batuk-batuk bertambah. Timbul enantema / titik merah dipalatum durum danpalatum mole. Terjadinya eritema yang berbentuk makula papula disertai dengan menaiknyasuhu tubuh. Eritema timbul dibelakang telinga dibagian atas lateral tengkuk, sepanjang rambutdan bagian belakang bawah. Kadang-kadang terdapat perdarahan primer pada kulit. Rasa gatal,muka bengkak. Terdapat pembesaran kelenjar getah bening disudut mandibula dan didaerahleher belakang. Juga terdapat sedikit splenomegali, tidak jarang disertai diare dan muntah.
Variasi dari morbili yang biasa ini adalah “Black Measles” yaitu morbili yang di
sertaiperdarahan pada kulit, mulut, hidung dan traktus digestivus.3. Stadium konvalesensiErupsi berkurang meninggalkan bekas yang berwarna lebih tua (hiperpigmentasi) yang bisahilang sendiri. Selain hiperpigmentasi pada anak Indonesia sering ditemukan pula kulit yangbersisik. Hiperpigmentasi ini merupakan gejala patognomonik untuk morbili. Pada penyakit-penyakit lain dengan eritema atau eksantema ruam kulit menghilang tanpa hiperpigmentasi. Suhumenurun sampai menjadi normal kecuali bila ada komplikasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->