Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Uraian materi

Uraian materi

Ratings: (0)|Views: 0 |Likes:
Published by Rezky Farel

More info:

Published by: Rezky Farel on Dec 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/10/2014

pdf

text

original

 
1
PERDAGANGAN INTERNASIONAL
1.
 
DefinisiPerdagangan internasional
adalah perdagangan yang dilakukan olehpenduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatanbersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individudengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara ataupemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara,perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkanGDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun (lihatJalur Sutra, Amber Road), dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, danpolitik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional punturut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiranperusahaan multinasional.
2.
 
Teori Perdagangan Internasional
Menurut Amir M.S., bila dibandingkan dengan pelaksanaan perdagangandi dalam negeri, perdagangan internasional sangatlah rumit dan kompleks.Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena adanya batas-batas politik dankenegaraan yang dapat menghambat perdagangan, misalnya dengan adanya bea,tarif, atau quota barang impor.Selain itu, kesulitan lainnya timbul karena adanya perbedaan budaya,bahasa, mata uang, taksiran dan timbangan, dan hukum dalam perdagangan.
a.
 
Model Adam Smith
Model Adam Smith ini memfokuskan pada keuntungan mutlak yang menyatakan bahwa suatu negara akan memperoleh keuntunganmutlak dikarenakan negara tersebut mampu memproduksi barang denganbiaya yang lebih rendah dibandingkan negara lain. Menurut teori ini jika
 
2
harga barang dengan jenis sama tidak memiliki perbedaan di berbagainegara maka tidak ada alasan untuk melakukan perdagangan internasional.
b.
 
Model Ricardian
Model Ricardian memfokuskan pada kelebihan komparatif danmungkin merupakan konsep paling penting dalam teori pedaganganinternasional. Dalam Sebuah model Ricardian, negara mengkhususkandalam memproduksi apa yang mereka paling baik produksi. Tidak sepertimodel lainnya, rangka kerja model ini memprediksi dimana negara-negaraakan menjadi spesialis secara penuh dibandingkan memproduksibermacam barang komoditas. Juga, model Ricardian tidak secara langsungmemasukan faktor pendukung, seperti jumlah relatif dari buruh dan modaldalam negara.
c.
 
Model Heckscher-Ohlin
Model Heckscgher-Ohlin dibuat sebagai alternatif dari modelRicardian dan dasar kelebihan komparatif. Mengesampingkankompleksitasnya yang jauh lebih rumit model ini tidak membuktikanprediksi yang lebih akurat. Bagaimanapun, dari sebuah titik pandanganteoritis model tersebut tidak memberikan solusi yang elegan denganmemakai mekanisme harga neoklasikal kedalam teori perdaganganinternasional.Teori ini berpendapat bahwa pola dari perdagangan internasionalditentukan oleh perbedaan dalam faktor pendukung. Model inimemperkirakan kalau negara-negara akan mengekspor barang yangmembuat penggunaan intensif dari faktor pemenuh kebutuhan dan akanmengimpor barang yang akan menggunakan faktor lokal yang langkasecara intensif. Masalah empiris dengan model H-o, dikenal sebagaiPradoks Leotief, yang dibuka dalam uji empiris oleh Wassily Leontief yang menemukan bahwa Amerika Serikat lebih cenderung untuk mengekspor barang buruh intensif dibanding memiliki kecukupan modaldan sebagainya.
 
3
3.
 
Faktor Spesifik
Dalam model ini, mobilitas buruh antara industri satu dan yang lainsangatlah mungkin ketika modal tidak bergerak antar industri pada satu masapendek. Faktor spesifik merujuk ke pemberian yaitu dalam faktor spesifik jangkapendek dari produksi, seperti modal fisik, tidak secara mudah dipindahkan antarindustri. Teori mensugestikan jika ada peningkatan dalam harga sebuah barang,pemilik dari faktor produksi spesifik ke barang tersebut akan untuk pada termsebenarnya. Sebagai tambahan, pemilik dari faktor produksi spesifik berlawanan(seperti buruh dan modal) cenderung memiliki agenda bertolak belakang ketikamelobi untuk pengendalian atas imigrasi buruh. Hubungan sebaliknya, keduapemilik keuntungan bagi pemodal dan buruh dalam kenyataan membentuk sebuahpeningkatan dalam pemenuhan modal. Model ini ideal untuk industri tertentu.Model ini cocok untuk memahami distribusi pendapatan tetapi tidak untuk menentukan pola pedagangan.
4.
 
Manfaat perdagangan internasional
Menurut Sadono Sukirno, manfaat perdagangan internasional adalahsebagai berikut.
 
Menjalin Persahabatan Antar Negara
 
Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiriBanyak faktor-faktor yang memengaruhi perbedaan hasil produksi disetiap negara. Faktor-faktor tersebut di antaranya : Kondisi geografi, iklim,tingkat penguasaan iptek dan lain-lain. Dengan adanya perdaganganinternasional, setiap negara mampu memenuhi kebutuhan yang tidak diproduksi sendiri.
 
Memperoleh keuntungan dari spesialisasiSebab utama kegiatan perdagangan luar negeri adalah untuk memperolehkeuntungan yang diwujudkan oleh spesialisasi. Walaupun suatu negaradapat memproduksi suatu barang yang sama jenisnya dengan yang

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->