Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kerja praktek

kerja praktek

Ratings: (0)|Views: 83 |Likes:

More info:

Published by: Aponk El-ibny Brasel on Dec 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/03/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1. Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Praktek kerja lapangan industri merupakan salah satu wujud TriDharma perguruan tinggi yang mengintregasikan antara pendidikan,penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Perguruan tinggi harusmenjadi bagian terintegral dari pembangunan nasional dan merupakanpenghubung antara ilmu, teknologi, dunia kerja dan kebutuhan masyarakatsecara umum. Program Praktek Kerja Lapangan disesuaikan denganbidang keahlian mahasiswa sehingga permasalahan yang ditemui dilapangan dapat dianalisa secara ilmiah sesuai dengan ilmu yang telahdiperoleh di Universitas.Selain itu Praktek Kerja lapangan merupakan syarat dalampengambilan Tugas Akhir pada progam Sarjana (S1) Teknik MesinUniversitas Muhammadiyah Semarang. Setelah melakukan Survey denganberbagai pertimbangan, maka saya memutuskan untuk melakukan KerjaPraktek di
PT. TRIANGLE MOTORINDO SEMARANG.
Praktek kerja lapangan ini diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkanteori-teori yang diperoleh di bangku kuliah untuk menganalisa danmemecahkan masalah di lapangan. Disamping itu juga untuk memperolehpengalaman yang berguna dalam mewujudkan pola kerja. Di samping ituagar mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang telah diterapkan dalambangku kuliah pada dunia kerja. Dan yang paling penting adalah supayamahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menghadapidunia kerja supaya nantinya setelah lulus dan kemudian bekerja pada suatuperusahaan tidak lagi canggung karena minimal telah mengetahui situasidunia kerja sebelumnya.Dunia industri manufaktur dalam beberapa dekade ini turutmenyumbang kemudahan dalam menciptakan inovasi-inovasi produk baru
 
2
yang bermanfaat bagi manusia. Salah satu halnya industri manufaktur saatini mengalami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengancepat serta semakin padatnya keinginan untuk memenuhi kebutuhanhidup. Namun yang terjadi dalam 10 tahun terakhir ini adalah adanyagrafik peningkatan akan permintaan sepeda motor salah satu alternartif sarana transportasi yang cepat dan murah.Sepeda motor merupakan alat transportasi yang banyak digunakanoleh masyarakat pada saat sekarang ini. Hal ini disebabkan oleh karenanilai ekonomis ataupun kepraktisan yang dihadirkan oleh sepeda motortersebut. Nilai ekonomis dapat kita lihat dengan harga sepeda motor yangrelatif terjangkau oleh masyarakat dengan ekonomi menengah danpenggunaan bahan bakar yang relatif lebih hemat dibandingkan dengankendaraan bermotor roda empat.
1.2. Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
a.
 
Tujuan umum praktek kerja lapangan :1.
 
Meningkatkan, memperluas dan memantapkan keterampilanmahasiswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja di duniaindustri.2.
 
Menumbuh kembangkan dan memantapkan sikap professional yangdiperlukan untuk memasuki lapangan kerja sesuai dengan bidangkeahliannya.3.
 
Meningkatkan pengalaman mahasiswa pada aspek-aspek usaha,asosiasi usaha, jenjang karir dan manajemen usaha.4.
 
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajarberinteraksi di dalam lingkungan kerja dalam dunia industri.5.
 
Memperkenalkan kepada mahasiswa tentang perkembanganteknologi yang berkembang pesat dalam dunia industri, diharapkandapat menyerap teknologi baru tersebut dan termotivasi untuk mempelajari lebih jauh sesuai tuntutan lapangan kerja.
 
3
6.
 
Memberikan peluang penempatan kerja dan menjalin kerjasamaantara lembaga pendidikan dan perusahaan.b.
 
Tujuan khusus :7.
 
Menganalisa mesin motor 4 tak satu silinder berdasarkanperhitungan-perhitungan secara thermodinamika.
 
8.
 
Pengembangan pengetahuan umum khususnya mengenaiperhitungan thermodinamika motor bensin produk viar jenis star-x.
 
1.3. Waktu dan Tempat
Tempat dan waktu pelaksana Kerja Praktek Lapangan adalah :
 
Tempat :
PT. TRIANGLE MOTORINDO SEMARANG
 Waktu :
5 Maret
 – 
5 April 2012
Alamat :
Jl. Taman Industri BSB Blok A5 No.9Jatibarang Mijen
 – 
Semarang 502191.4. Pembatasan Masalah
Pembatasan masalah laporan kerja praktek ini diperlukan agarpendalaman dan pemahaman materi yang dibahas menjadi lebih baik. Hal-hal yang menjadi pokok pembatasan masalah, yaitu :1.
 
Permasalahan yang dikaji hanya pada mesin motor 4 tak saja.2.
 
Daya out put dari motor bakar sudah diketahui yaitu 7,3 HP.3.
 
Memprioritaskan pembahasan hanya pada perhitungan secaraThermodinamika.
1.5. Metode Pengumpulan Data
Pengumpulan data dimaksudkan untuk memperoleh data-data yangyang diinginkan. Agar diperoleh data-data yang dapat diiuji kebenarannyasecara lengkap. Maka dalam praktek kerja lapangan ini, metodepengumpulan data yang digunakan, yaitu:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->