Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah akhlak

makalah akhlak

Ratings: (0)|Views: 329|Likes:
Published by mee2an

More info:

Published by: mee2an on Dec 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/20/2013

pdf

text

original

 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
A. Latar Belakang
 Sebagaimana telah kita ketahui bahwa komponen utama agama islam adalah akidah,
syari’ah, dan akhlak. Penggolongan itu didasarkan pada penjelasan Nabi Muhammad kepada
Malaikat Jibril di depan para sahabatnya mengenai arti islam, iman, dan ihsan yang ditanyakanJibril kepada Beliau.Setiap muslim meyakini, bahwa Allah adalahsumber segala sumber dalam kehidupannya.Allah adalah pencipta dirinya,pencipta jagad raya dengan segala isinya, Allah adalah pengaturalam semestayang demikian luasnya.Allah adalah pemberi hidayah dan pedoman hidupdalamkehidupan manusia, dan lain sebagainya. Sehingga manakala hal seperti inimengakardalam diri setiap muslim, maka akan terimplementasikan dalam realitabahwa Allah lah yangpertama kali harus dijadikan prioritas dalam berakhlak.Jika kita perhatikan, akhlak terhadapAllahini merupakan pondasi atau dasar dalam berakhlak terhadap siapapun yang ada dimukabumi ini. Jika seseorang tidak memiliki akhlak positif terhadap Allah,maka ia tidak akanmungkin memiliki akhlak positif terhadap siapapun. Demikianpula sebaliknya, jika ia memilikiakhlak yang karimah terhadap Allah, maka inimerupakan pintu gerbang untuk menujukesempurnaan akhlak terhadap orang lain.Segala perbuatan yang dilakukan manusia tidak terlepas dari konsep akhlak. Dengandemikian, dapat dikatakan bahwa ruang lingkup akhlak sangat luas. Kata akhlak memilikikemiripan makna dengan etika, moral, dan budi pekerti, sehingga makna akhlak seringdisamakan dengan etika, moral, dan budi pekerti.Ruang lingkup akhlak dalam pandangan syariat Islam sangat luas. Akhlak tidak hanyamembahas masalah etika pergaulan dan sopan santun saja, tetapi meliputi pola pikir, selera,pandangan, sikap, perilaku, kecenderungan, dan keinginan yang ada pada seseorang.
 
 Dalam Islam, akhlak mempunyai ruang lingkup yang lebih luas. Selain terkait denganmuamalah, akhlak dalam Islam juga meliputi masalah ibadah, sosial, hukum, dan lain-lain. Salahsatu contohnya, yaitu akhlak terhadap Allah swt. Misalnya, adanya kewajiban menjalankanrukun Islam dan rukun iman. Ketika sudah melaksanakan syahadat, salat, dan puasa, berarti kitadikatakan berakhlak terhadap Allah swt.
B. Rumusan Masalah
 
Apa sajakah yang termasuk dalam Akhlak ?
C. Tujuan
 Untuk mengetahui perbuatan apa saja yang termasuk Akhlak.
 
BAB II
 
PEMBAHASAN
 
A. Pengertian Akhlak
 Dalam etimologi arti akhlak adalah kebiasaan atau perbuatan.MenurutProf. Dr. Ahmad Amin mengatakan bahwa akhlak adalah kebiasaan,kehendak.Di dalam Ensiklopedi pendidikan bahwa akhlak adalah budi pekerti, watak, kesusilaanyang merupakan akibat dari sikap jiwa yang benar terhadap khaliknya dan terhadap sesamamanusia.Sedangkan akhlak menurut Iman Al-Ghozaly, Akhlak ialah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan dengan gampang dan mudah tanpamemerlukan pemikiran dan pertimbangan-pertimbangan.Jadi pada hakekatnya Akhlak ialah suatu kondisi atau sifat yang telah menetap dalam jiwa dan kepribadian hingga dari situ timbullah berbagai macam perbuatan dengan cara spontandan mudah tanpa dibuat-buat dan tanpa pemikiran.
B. Syarat dan Pembagian Akhlak
 
 
Suatu perbuatan baru dapat disebut sebagai cerminan akhlak, jika memenuhi syarat :
1.
 
Dilakukan berulang-ulang sehingga hampir menjadi suatu kebiasaan.2.
 
Timbul dengan sendirinya, tanpa pertimbangan yang lama dan di pikir-pikir terlebih dahulu.
 
Secara garis besarnya akhlak dibagi dua, yaitu :
1.
 
Akhlak terhadap Allah SWT.2.
 
Akhlak terhadap makhluk (semua ciptaan Allah SWT.)
 
Akhlak terhadap makhluk dapat dibagi dua, yaitu :
1.
 
Akhlak terhadap manusia

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->