Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Praktikum Reptilia

Laporan Praktikum Reptilia

Ratings: (0)|Views: 454 |Likes:
Published by Al Hidayat

More info:

Published by: Al Hidayat on Dec 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUM ZOOLOGI VERTEBRATA
KELAS REPTILIA
Disusun oleh
:
Al Hidayat (11222002)
 
Dosen Pengampu : Awalul fatiqin, M. Si
PROGRAM STUDI BIOLOGIFAKUTAS TARBIYAHINSTITUT AGAMA ISLAM NEGERIRADEN PATAH PALEMBANG2012
 
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar belakangReptilia adalah salah satu hewan kelas vertebrata dalam kelompok hewan yang melata.Seluruh hidupnya sudah menyesuaikan diri dengan kehidupan darat, tidak membutuhkan air lagiuntuk pertumbuhan embrionya karena tidak memiliki tingkat larva. Kulit diselaputi sisik kerasatau kepingan dari bahan tanduk. Yang bertubuh besar dibawah sisik ada kepingan tulang, untuk memperkuat daya perlindungan dilengkapi dengan eksoskelet, ekor panjang, jari-jari bercakar,poikiloterm, bernafas dengan paru-paru saja, pembuahan di dalam tubuh dan ovipar.Kromatofora pada beberapa jenis dapat mengembang dan menguncup sehingga warna kulitberubah sesuai dengan keadaan lingkungan didekatnya. Kulit tidak memiliki lendir, memilikikloaka, kemih dan beberapa jenis asam urat dalam fase padat bergabung dengan tinja dan keluarbersama-sama lewat dubur, tidak minum dan menyesuaikan diri hidup di tempat kering. Terdiridari empat ordo yaitu Lacertillia (kadal), Ophidia (Ular), Chrocodilia (buaya) dan Chelonia(penyu) (Iskandar, 2000).Reptilia merupakan kelompok hewan yang hidupnya merayap atau merangkak di dalamhabitatnya. Reptil juga tergolong ke dalam hewan yang berdarah dingin. Beda reptil denganamphibi adalah melakukan perbiakan di darat. Tubuh reptil ditutupi oleh sisik-sisik atau plot-plotdari bahan tanduk (horny scales or plates) (Djuhanda, 1982).Reptilia merupakan pemangsa serangga (insektor). Giginya runcing, sering munculkelenjar racun. Alat gerak reptilia berupa kaki. Pada ular, kaki sudah hilang. Alat tubuh yangtidak tumbuh atau menjadi mengecil disebut rudimeter. Ada juga kaki yang berupa sirip untuk berenang (Djuhanda, 1982).Reptilia tubuhnya tertutup dengan sisik tanduk, kecuali ular, kebanyakan reptiliamempunyai cakar dan rusuk-rusuk yang digunakan untuk menyedot udara ke dalam paru-paru.Columna vertebralis yang melekat pada gelang pinggul lebih kokoh daripada nenek moyangnyayang berupa amphibia. Padanya ada bagian-bagian dari jantung dan pembuluh darah yangbertalian merupakan struktur tunggal yang khas untuk kelas ini, tidak memberikan kepastianyang cukup untuk membedakan vertebrata lainnya (Iskandar, 2000).
 
Karena jenis reptilia ini banyak dan memiliki ciri khas masing-masing individunya makadilakukanlah pratikum ini agar dpat mengidentifikasinya. Selain itu kita juga bisa membedakanantara jenis yang satu dengan yang lainnya.1.2 Tujuan praktikumMelalui pengamatan morfologi dan anatomi reptile khusunya pada tokek, diharapkan mahasiswadapat mengetahui yaitu sebagai berikut :1.
 
Menentukan bagian
 – 
bagian leher, badan, dan ekor2.
 
Menunjukan cavum oris, nares anterior, organon visus an tuba auditive3.
 
Menunjukan daerah organ pada daerah yang meliputi :a.
 
Anggota badan depan ( extrimitas cranialis ) terdiri atas :-
 
Branchium-
 
Ante branchium-
 
Manus-
 
Digiti-
 
Falcula ( cakar )b.
 
Anggota badan belakang ( extrimitas caudalis ) terdiri atas :-
 
Femur-
 
Crus ( tungkai bawah )-
 
Pes ( telapak kaki )-
 
Digiti-
 
Falcula-
 
Kloaka4.
 
Menunjukan macam
 – 
macam digitia.
 
Extrimitas cranialis-
 
Pollux-
 
Scundus-
 
Medius-
 
Annulus-
 
Minimus

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->