Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kumpas Tuntas Katup Sepeda Motor

Kumpas Tuntas Katup Sepeda Motor

Ratings: (0)|Views: 100 |Likes:
Published by dwybagus20

More info:

Published by: dwybagus20 on Dec 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

 
KUPAS TUNTAS KATUP MOTOR UNTUK PEMULA
Oleh : IzzuddinSMK Islamiyyah Sapugarut Buaran Pekalongan2010
 
I. Komponen Katup
Gambar 1. Komponen Sepeda Motor Empat LangkahKomponen katup ditunjukan pada huruf V, dalam penulisan ini yang akan dikupas katup secara detail, mulai dari tipe katup, cara kerja katup, cara membongkar katup, cara merakit katup dan cara menyetel katup.
Katup ( valve )
Katup digerakkan oleh mekanisme katup, yang terdiri Poros cam, Batang penekan,Pegas penutup, Rol baut penyetelSetiap silinder dilengkapi dengan dua jenis katup (isap dan buang) Pembukaan dan penutupan kedua katup ini diatur dengan sebuah poros yang disebut poros cam(camshaft). Letak katup itu sendiri ada di Kepala Silender motor empat langkah, untuk motor dua tak umumnya tidak memakai katup, akan tetapi memakai mekanisme lubang bilas. Tugas katup untuk membuka dan menutup ruang bakar yaitu cam katup masuk dancam katup buang. Poros cam diputar oleh poros engkol melalui transmisi roda gigi ataurantai. Poros cam berputar dengan kecepatan setengah putaran poros engkol. Jadi,diameter roda gigi pada poros cam adalah dua kali diameter roda gigi pada poros engkol.Sebabitu lintasan pena engkol setengah kali lintasan poros cam.Katup masuk menerima panas pembakaran, dengan demikian katup mengalami pemuaian yang tidak merata yang akan berakibat dapat mengurangi efektivitas kerapatan pada dudukan katup. Untuk meningkatkan efisiensi biasanya lubang pemasukan dibuatsebesar mungkin. Sementara itu katup buang juga menerima tekanan panas, tekanan panas yang diterima lebih tinggi, hal ini akan mengurangi efektivitas kerapatan juga,sehingga akibatnya pada dudukan katup mudah terjadi keausan. Untuk menghindari haltersebut, kelonggaran (clearence ) antara stem katup dan kepala stem dibuat lebih besar Faktor lain yang mempengaruhi efektifitas seperti bahan yang keras untuk memudahkan penghantar panas. Katup menerima panas dan tekanan yang tinggi danselalu bergerak naik dan turun, sehingga memerlukan kekuatan yang tinggi. Selain ituhendaknya katup tahan terhadap panas dan gesekan.
 
Fungsi katup sebenarnya untuk memutuskan dan menghubungkan ruang silinder di atas piston dengan udara luar pada saat yang dibutuhkan. Karena proses pembakarangas dalam silinder mesin harus berlangsung dalam ruang bakar yang tertutup rapat. Jikasampai terjadi kebocoran gas meski sedikit, maka proses pembakaran akan terganggu.Oleh karenanya katup-katup harus tertutup rapat pada saat pembakaran.Gambar 2. Katup masuk dan Katup BuangUntuk membedakan katup masuk dengan katup buang dapat dilihat pada diameter keduanya, diameter katup masuk umumnya lebih besar dari pada katup buang. Gambar 2Katup masuk lebih besar dan Katup Buang lebih kecil.Gambar 3. Komponen KatupDari berbagai komponen katup yang difoto, katup pada (gambar 3) berikut ini,diperlihatkan dimana katup dibongkar. Katup dan komponen lain yang menyertainyawaktu dibongkar adalah Katup Pegas, Rocker Arm, Pelatuk, Ring tirus dan dudukan pengunci pegas atau per.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->