Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENGERTIAN.doc

PENGERTIAN.doc

Ratings: (0)|Views: 30 |Likes:
Published by Cahya Koespradana

More info:

Published by: Cahya Koespradana on Dec 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2013

pdf

text

original

 
PENGERTIAN & GAMBAR TEKNIK BASKET LAY UP
Lay up adalah teknik meletakan bola dengan cara berlari 2langkah kemudian meletakannya bolanya ke dalam ring basket.Langkahnya:Ketika dribble mengarah ke ring basket, bergeraklah sedikit salahsatu sisi ring basket untuk menciptakan sudut yang baik. Jikaberada pada sisi kanan, dribble menggunakan tangan kanan, dan jadikan kaki bagian dalam (kiri) sebagai tumpuan melompat, danakhirnya lakukan shooting dengan menggunakan tangan kanan.Pada saat tangan kanan diangkat, lutut kaki kanan seharusnya juga diangkat. Anggaplah ada tali yang mengikat antara tangankanan dan lutut kanan. Teknik yang berkebalikan digunakan jikamelakukan lay-up dari sisi kiri.Selalu gunakan backboard ketika melakukan lay-up. Sasarannyaadalah pojok atas dari kotak kecil pada backboard. Fokus padaarea ini, jangan melihat bola, dan kepala harus tetap terangkat.
 
Lay-up adalah adalah cara melakukan shooting yang paling mudah dan seharusnyamenjadi teknik shooting pertama yang harus dipelajari. Mungkin pada awalnyaterlihat tidak mudah, karena banyak anak-anak yang kesulitan melakukan footwork dan shooting dengan benar. Harus dikuasai teknik lay-up dari kedua sisi lapangandengan menggunakan tangan yang berbeda, dan juga reverse lay-up.
Footwork 
Ketika dribble mengarah ke ring basket, bergeraklah sedikit salah satu sisi ring basket untuk menciptakan sudut yang baik. Jika berada pada sisi kanan, dribblemenggunakan tangan kanan, dan jadikan kaki bagian dalam (kiri) sebagai tumpuanmelompat, dan akhirnya lakukan shooting dengan menggunakan tangan kanan.Pada saat tangan kanan diangkat, lutut kaki kanan seharusnya juga diangkat.Anggaplah ada tali yang mengikat antara tangan kanan dan lutut kanan. Teknik yang berkebalikan digunakan jika melakukan lay-up dari sisi kiri.
Gambar 1 Lay-up tangan kananGambar 2 Lay-up tangan kiri
Ketika mendekati ring basket, ambil setengah langkah dengan kaki bagian luar,kemudian teruskan dengan langkah penuh dengan kaki bagian dalam dan bersiapmenumpu. Pada saat melompat, lutut bagian luar seharusnya ditekuk. Arahkanlompatan langsung ke ring basket, dengan kepala terangkat dan mata berfokus pada backboard (papan). Jangan takut jika ada seorang pemain bertahan yangmenghadang, lakukan saja lay-up dengan berani. Mungkin lawan akan terkena fouldan menjadi kesempatan mendapatkan tiga poin.
Sasaran
 
Selalu gunakan backboard ketika melakukan lay-up. Sasarannya adalah pojok atasdari kotak kecil pada backboard. Fokus pada area ini, jangan melihat bola, dankepala harus tetap terangkat.
Gambar 3 SasaranRelease Push
Pemain muda yang masih kurang kuat melakukan release dengan teknik underhanddapat menggunakan teknik push. Shooting bola dengan bagian punggung tanganmenghadap ke pemain. Tangan yang digunakan untuk shooting diulurkan ketika bola didorong ke ring basket menggunakan ujung jari. Pertama bola dipegangmenggunakan kedua tangan, kemudian dilepas dengan tangan bagian luar, baik kirimaupun kanan. Pemain yang masih kanak-kanak yang masih kurang kuat bolehmelakukannya dengan kedua tangannya.
Gambar 4 Release PushRelease Underhand
Pemain yang lebih kuat seharusnya melakukan release dengan teknik underhand.Teknik ini akan menghasilkan shooting yang lebih lembut, dan kontrol yang lebih baik ketika bergerak dengan kecepatan yang tinggi. Lepaskan bola dengan telapak tangan menghadap ke atas dan lengan yang diulurkan. Biarkan bola menggelindingdi telapan tangan kemudian di ujung jari, dan pantulkan bola dengan lembut pada backboard. Pertama bola dipegang dengan kedua tangan, tetapi kemudian boladilepas menggunakan tangan bagian luar pada saat mencapai lompatan tertinggi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->