Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
30Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pemikiran Filosofis Tentang Dasar Dan Tujuan Pendis

Makalah Pemikiran Filosofis Tentang Dasar Dan Tujuan Pendis

Ratings:

4.46

(13)
|Views: 19,916|Likes:
Published by Moh. Mujib

More info:

Published by: Moh. Mujib on Feb 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2013

 
PEMIKIRAN FILOSOFIS TENTANG DASAR DAN TUJUANPENDIDIKAN ISLAM
Oleh : Mugi - Mujib Zun@ri - Achmad Muhsin
BAB IPENDAHULUAN
Pendidikan Islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pribadimuslim seutuhnya, mengembangkan seluruh potensi manusia baik yang berbentuk  jasmaniah maupun rohaniah, menumbuh-suburkann hubbungan harmonis setiap pribadi dengan Allah, manusia dan alam semesta. Dengan demikian, pendidikanIslam itu berupaya untuk mengembangkan individu sepenuhnya, maka sudahsewaqjarnyalah untuk dapat memahami hakikat pendidikan Islam itu bertolak dari pemahaman terhadap konsep manusia menurut Islam.Al-Qur’an meletakkan kedudukan manusia sebagai Khalifah allah di bumi(Al-Baqarah: 30). Esensi makna khalifah adalah orang yang diberi amanah oleh Allahuntuk memimpin alam. Dalam hal ini manusia bertugas untuk memelihara danmemanfaatkan alam guna mendatangkan kemaslahatan bagi manusia.Agar manusia dapat melaksanakan fungsinya sebagai khalifah secaramaksimal, maka sudah semestinyalah manusia itu memiliki potensi yangmenopangnya untuk terwujudnya jabatan khalifah tersebut. Potensi tersebut meliputi potensi jasmani dan rohani.Potensi jasmani adalah : meliputi seluruh organ jasmaniah yang berwujudnyata. Sedangkan potensi rohaniah bersifat spiritual, yang menurut HasanLanggulung terdiri dari fitrah, roh, kemauan bebas, dan akal. Sedangkan asy-Syaibani, menyatakan bahwa manusia itu memiliki potensi yang meliputi badan, akal,dan roh. Ketiga-tiganya persis segittiga yang sama panjang sisi-sisinya. Selanjutnya,Zakiah Daradjat mengemukakann bahwa potensi spiritual manusia meliputi dimensi :
Seminar Kelas Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Islam Stainta Oleh Mugi_Mujib_Muhisin@2009
1
 
akidah, akal, akhlak, perasaaan (hati), keindahan, dan dimensi social. Selain dari itual-Qur’an menjelaskan juga tentang potensi rohaniah lainnya, yakni al-Qalb, ‘AqluAn Ruh, an-Nafs. Dengan bermodalkan potensi—potensi yang dimilikinya itulahmanusia merealisasi fungsinya sebagai khalifah Allah di bumi yang bertugas untuk memakmurkannya.Di sisi lain, di samping manusia berfungsi sebagai khalifah, juga bertugasuntuk mengabdi kepada Allah (Az-Zariyat 56). Dengan demikian manusia itumempunya fungsi ganda, sebagai khalifah dan sekaligus sebagai ‘abd. Fungsi sebagaikhalifah tertuju kepada pemegang amanah Allah untuk penguasaan, pemanfaatan, pemeliharaan, dan pelestarian alam raya yang berujung kepada pemakmurannya.Fungsi ‘abd bertujuan kepada penghambaan diri semata-mata hanya kepada Allah.Untuk terciptanya kedua fungsi tersebut yang terintegrasi dalam diri pribadimuslim, maka diperlukan konsep pendidikan yang komprehensif yang dapatmengantarkan pribadi muslim kepada tujuan akhir pendidikan yang ingin dicapai.Agar peserta didik dapat mencapai tujuan akhir (ultimat aim) pendidikanIslam, maka diperlukan konsep pendidikan yang komprehensif yang dapatmengantarkan pribadi muslim kepada tujuan akhir pendidikan yang ingin dicapai.Agar peserta didik dapat mencapai tujuan akhir (ultimate aim) pendidikanIslam, maka suatu permasalahan pokok yang sangat perlu mendapat perhatian adalah penyusunan rancangan program pendidikan yang dijabarkan dalam kurikulum.Pengertian kurikulum dalam tulisan ini adalah segala kegiatan dan pengalaman pendidikan yang dirancang dan diselenggarrakannya oleh lembaga pendidikan bagi peserta didiknya, baik di dalam maupun di luar sekolah dengan maksud untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Seminar Kelas Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Islam Stainta Oleh Mugi_Mujib_Muhisin@2009
2
 
Berpedoman ruang lingkup pendidikan Islam yang ingin dicapai, makakurikulum pendidikan Islam itu berorientasi kepada tiga hal, yaitu :
o
Tercapainya tujuan hablum minallah (hubungan dengan Allah).
o
Tercapainya tujuan hablum minannas (hubungan dengan manusia).
o
Tercapainya tujuan hablum minal’alam (hubungan dengan alam).Para ahli pendidikan Islam seperti al-Abrasyi, an-Nahlawi, al-Jamali, as-Syaibani, al-Ainani, masing-masing mereka tersebut telahh memerinci tujuan akhir  pendidikan Islam yang pada prinsipnya tetap berorientasi kepada ketiga komponen diatas.
1
Bertitik tolak dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hakikat yangsesungguhnya dari pendidikan Islam itu, adalah pendidikan yang memperhatikan pengembangan seluruh aspek-aspek manusia dalam suatu kesatuan yang utuh tanpakompartementalisasi, tanpa terjadinya dikhotomi. Pemisahan antara pendidikanagama dan pendidikan umum, seperti yang pernah dilakukan oleh sebagian umatIslam, tentulah tidak sesuai dengan konsep pendidikan.
2
 Pokok bahasan dalam makalah yang berjudul “
 Pemikiran Filosofis Tentang  Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam
adalah penulis susun dalam kisi-kisi danrumusan masalah sebagai berikut :
o
Bagaimana Pengertian, Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam ?
o
Bagaimana Pijakan Dalil Naqli tentang Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam ?
o
Apakah Manfaat Kejelasan Dasar dan Tujuan dalam Pemikiran PendidikanIslam ?
1
Haidar Putra Daulay,
 Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia
, (Jakarta :Pranada Media, 2004), hal. 155-156
2
Ibid, hal. 157
Seminar Kelas Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Islam Stainta Oleh Mugi_Mujib_Muhisin@2009
3

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Gilrs Pinky liked this
Eyvin Berhimpong liked this
Warsito Ronggo added this note
TERIMA KASIH
Jali Rozali liked this
Lukman Jabulanii liked this
Cie Soeciati liked this
Lutfi Helmi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->