Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
103Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Aplikasi Teknologi Pendidikan

Makalah Aplikasi Teknologi Pendidikan

Ratings:

4.82

(33)
|Views: 17,478 |Likes:
Published by Moh. Mujib

More info:

Published by: Moh. Mujib on Feb 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2013

 
APLIKASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Moh. Mujib Zunun @lmisri
IPENDAHULUANA.Latar Belakang Masalah
Masyarakat Indonesia sekarang ini dan dimasa mendatang merupakanmasyarakat yang berbudaya teknologi, yaitu bahwa perkembangan teknologi telah berlangsung sedemikian rupa hingga tersebar luas dan memengaruhi segenap bidang kehidupan.Teknologi, sebagai struktur, proses, dan artefak, merupakan ciri imperative perkembangan masyarakat masa depan. Mengingat bahwa teknologi itu berkembang dan merupakan bagian integral dalam segala bidang kehidupan,maka teknologi dalam bidang pendidikan harus pula dapat dikembangkan,dikendalikan, dan didayagunakan untuk dapat membantu terwujudnya amanatUUD 1945 mencerdaskan kehidupan bangsa.Indonesia merupakan satu-satunya Negara yang unik kondisi geografinyadimana untuk menjalin persatuan dan kesatuan bangsa peranan teknologikomunikasi mempunyai arti yang sangat strategis. Angkasa dengan gelombangelektromagnetik merupakan salah satu kekayaan alam, dan karena itu sesuaidengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 Bab XIV Pasa 33 ayat (3) kekayaanalam itu dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.Jumlah penduduk yang senantiasa bertambah, meskipun dengan angka pertumbuhan yang kian berkurang, menyiratkan bahwa makin bertambahnyaorang memerlukan pendidikan. Ditambah lagi dengan adanya perubahan yangsenantiasa berlangsung, yang menghendaki didik ulang atau pendidikan terus-menerus bagi semua orang. Sementara itu sumber-sumber sedekala (tradisional)makin terbatas, sehingga harus diciptakan sumber-sumber baru, termasuk sumber 
Seminar Teknologi Pendidikan, Semester III B, Stainta@Desember 2008
1
 
untuk pendidikan. Bersamaan dengan itu sumber yang ada dan terbatas perludimanfaatkan secara lebih berdaya guna dan berhasil guna, yaitu untuk menjaminterlaksananya amanat yang terkandung dalam Bab XIII Pasal 31 Ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 agar tiap-tiap warganegara berhak mendapat pengajaran.
B.Rumusan Masalah
Pokok bahasan dalam makalah yang berjudul “Aplikasi TeknologiPendidikan”, penulis membagi berdasarkan kisi-kisi sekaligus rumusan masalahsebagai berikut :
o
Apakah Pengertian Teknologi Pendidikan ?
o
Bagaimana Aplikasi Teknologi Pendidikan ?
o
Bagaimana Desain Sistem Pembelajaran Pendidikan Multikultural ?
C.Tujuan Penulisan Makalah
Sesuai dengan rumusan masalah yang dikemukakan diatas, maka tujuan penulisan makalah ini diarahkan untuk :1.Untuk mengetahui pengertian Teknologi Pendidikan2.Untuk mengetahui Aplikasi Teknologi Pendidikan3.Untuk mengetahui Desain Sistem Pemberlajaran Pendidikan Multikultural
D.Sistematika Penulisan Makalah
Sebagai langkah akhir dalam penulisan makalah ini, maka klasifikasisistematika penulisannya sebagai berikut :Bab I : Pendahuluan yang berisikan tentang latar belakang masalah, pembatasandan rumusan masalah, tujuan penulisan, dan sistematika penulisan.Bab II : Dibahas tentang tinjauan hakikat teknologi pendidikan, aplikasi teknologi pembelajarn dan desain system pembelajaran pendidikan multikultural.
Seminar Teknologi Pendidikan, Semester III B, Stainta@Desember 2008
2
 
Bab III : Merupakan bab terakhir dalam penulisan makalah ini yang berisikantentang kesimpulan.
IIPEMBAHASAN
A.
Pengertian Teknologi Pendidikan
Istilah teknologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Technologia” yangmenurut Webster Dictionary berarti systematematic treatment atau penanganansesuatu secara sistematis. Sedangkan Techne sebagai dasar kata teknologi berartiart, skil, science yang berarti keahlian, keterampilan, dan ilmu. Jadi teknologi pendidikan dapat diartikan sebagai penanganan atau pelaksanaan pendidikansecara sistematis atau penerapan science untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan.
1
Dalam bahasa Inggris digunakan istilah instructional technology ataueducational technology, yang mendefinisikan sebagai berikut, instructionaltechnology means tehe media born of the communications relatioan which can beused for instructional purpose alongside the teacher, the book, and the blackboard.
2
(Teknologi pembelajaran adalah mengutamakan media komunikasiyang berkembang secara pesat yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan selainguru, buku, dan papan tulis).Teknologi pendidikan / pembelajaran berdasarkan beberapa definisi dari berbagai lembaga dan perkembangannya, adalah sebagi berikut :
o
Council for educational Technology for the United Kingdom (CET)
1
S. Nasution,
Teknologi Pendidikan
(Jakarta : Bumi Aksara, 1999), hal. 2
2
Ibid, hal. 1
Seminar Teknologi Pendidikan, Semester III B, Stainta@Desember 2008
3

Activity (103)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Afzah Intifadah liked this
Iwan We liked this
nurulhi liked this
AnNa LUsi liked this
Nurul Wava added this note
bwa ke liat kubur ja,,,dokumene
Fika Veranika liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->