Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
31Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Peserta Didik Melalaui an AUD

Makalah Peserta Didik Melalaui an AUD

Ratings:

4.75

(48)
|Views: 7,391 |Likes:
Published by Moh. Mujib

More info:

Published by: Moh. Mujib on Feb 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2012

 
MEMPERSIAPKAN PESERTA DIDIK YANG UNGGUL MELALUIOPTIMALISASI PERKEMBANGAN MASA DINI ANAK IPENDAHULUAN
Anak bukanlah orang dewasa dalam ukuran kecil, anak harusdiperkakukan sesuai dengan tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangannya,dalam praktek pendidikan sehari-hari, tidaklah demikian. Banyak contohmenunjukkan orang tua dan masyarakat pada umumnya memperlakukan anak tidak sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya, akibatnya banyak anak mengalami “stress”, mereka sarat dengan beban yang tak sanggupdipikul. Pemaksaan pada anak seperti ini terjadi bukan saja di sekolah melainkan juga terjadi pada keluarga utamanya pada anak usia dini atau prasekolah.
1
Orang tua sebagai pendidik utama dan pertama di rumah, seharusnyamengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini sebagai bahan acuandalam mendidik dan mengarahkan anaknya sesuai dengan tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangannya.Dalam upaya mendidik atau membimbing anak, agar mereka dapatmengembangkan potensi dirinya seoptimal mungkin maka dianjurkan untuk memahami perkembangan anak. Pemahaman itu penting, karena beberapa alasan berikut :
2
1.Masa anak merupakan periode perkembangan yang cepat dan terjadinya perubahan dalam banyak aspek perkembangan.2.Pengalaman masa kecil mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perkembangan berikutnya.3.Pengetahuan tentang perkembangan anak dapat membantu merekamengembangkan diri, dan memecahkan masalah yang dihadapinya.
1
Theo Riyanto dan Martin Handoko,
 Pendidikan Pada Usia Dini : Tuntutan Psikologisdan Pedagogis bagi Pendidik dan Orang Tua
(Jakarta : PT Grasindo, 2004), hal.. vi.
2
Syamsu Yusuf LN,
 Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
(Bandung : PT. RemajaRosdakarya, 2004), hal. 12
Seminar Psikologi Pendidikan Islam Smt 2b oleh Moh. Mujib Zunun @l-Misri@2008
1
 
4.Melalui pemahaman tentang factor-faktor yang mempengaruhi perkembangananak, dapat diantisipasi tentang berbagai upaya untuk memfasilitasi perkembangan tersebut, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupunmasyarakat. Disamping itu, dapat diantisipasi juga tentang upaya untuk mencegah berbagai kendala atau factor-faktor yang mungkin akanmengkonntaminasi (meracuni) perkembangan anak.PERKEMBANGAN merupakan suatu proses yang terjadi selamamanusia hidup.
3
Studi mengenai perkembangan seseorang tidak lagi sepertidulu berhenti pada waktu orang mencapai kedewasaannya, melainkan berlangsung terus dan mulai konsepsi hingga orang itu mati. Artinya tinjauan psikologi perkembangan dimulai pada masa yang paling awal dalam hidupmanusia, yaitu pada masa pranatal, melalui perinatal, kemudian post natal, dan berlangsung terus sampai dengan masa yang paling kemudian, yaitu masa tua;yang terakhir ini berkembang menjadi suatu cabang ilmu tersendiri, yaitugerontologi. Dengan begitu psikologi perkembangan sekarang mempunyai perspektif sepanjang hidup (life span perspective).Penjelasan di atas dimaksudkan untuk memberikan gambaran bahwatinjauan psikologi perkembangan sudah mengalami perubahan yang banyak.Penelitian-penelitian menemukan kenyataan-kenyataan yang jauh sebelumnya belum terlalu masuk perhatian orang. Salah satu di antaranya adalah kenyataan bahwa pengaruh-pengaruh perlakuan orangtua yang datang pada perkembanganmasa dini yaitu masa pranatal, masa bayi (praverbal) dan masa anak kecil ternyatamempunyai arti yang sangat penting.Pembentukan pada masa dini ini akan bersifat tetap dan mempengaruhisifat penyesuaian fisik, psikologis dan sosial pada masa-masa yang kemudian. Halini pula menyebabkan mengapa perlakuan terhadap anak pada masa dini ini harussedemikian rupa sehingga dapat mengarah kepada penyesuaian sosial dan penyesuaian pribadi yang baik pada masa yang akan datang. Dapat puladibuktikan bahwa perkembangan kognisi dan kecerdasan anak ditentukan pula
3
Ibid, hal. 7.
Seminar Psikologi Pendidikan Islam Smt 2b oleh Moh. Mujib Zunun @l-Misri@2008
2
 
 pada masa yang sangat awal ini, bahkan pada masa pranatalnya. Kalau pengertian-pengertian ini nantinya dapat dipadukan dengan program-program pemeliharaan anak-anak Balita, tentu akan merupakan paduan usaha yang sangat baik.Semula masa yang sangat awal ini sering dianggap sebagai masa perkembangan fisik saja, bahwa pada masa-masa ini bayi hanya melakukantingkahlaku-tingkahlaku mnstingtif saja, jadi kurang menarik perhatian untudipelajari. Apalagi masa-masa di dalam kandungan dianggap bukan merupakanlapangan para psikolog untuk ditinjau dan diteliti.Dengan pendekatan teori-teori belajar sosial (Bandura, 1973, 1977)diperoleh kenyataan bahwa tingkah laku seseorang itu terutama ditentukan oleh pengaruh-pengaruh luar; bahkan sudah sejak bulan-bulan pertama dalamkandungan. Meskipun faham yang interaksionistik yang sekarang dianut dalam psikologi perkembangan tidak meniadakan pengaruh faktor-faktor pembawaandan dalam diri anak sendiri, namun peranan faktor dan luar diberikan arti yangcukup penting. Hal ini berarti bahwa perlakuan dan cara orang tua mengasuh danmendidik anak mempunyai peranan yang penting bagi perkembangan anak sejak masa yang sangat awal dan bahwa pengaruh yang diterima anak pada bulan-bulandan tahun-tahun pertama kehidupannya akan memberikan akibat yang lebih tetapdaripada pengaruh yang datang kemudian.Bila kita mendasarkan diri pada uraian di atas tersebut, maka sebetulnya program pemerintah mengenai Keluarga Berencana yang bertujuan untumenciptakart kebahagiaan dalam keluarga tidak boleh berhenti pada membatasi jumlah anak saja, melainkan harus juga memberikan pengertian pada orangtuaakan cara mengasuh dan mendidik anak yang sebaik baiknya. Tidak hanyamengasuh dalam arti memelihara fisiknya saja, seperti peningkatan gizi dankesehatan, meskipun hal ini jelas merupakan persyaratan yang penting, melainkan juga harus mengerti kebutuhan-kebutuhan psikis anaknya dan faktor-faktor yangmempengaruhi perkembangannya, baik fisik maupun psikisnya.
Seminar Psikologi Pendidikan Islam Smt 2b oleh Moh. Mujib Zunun @l-Misri@2008
3

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Chotib Steve added this note
so sweet....
Jenti Imucth liked this
Dhit Doank liked this
Citra Loyal Guy liked this
Singgih Susilo added this note
i like this
Elysa Fitri added this note
I like nice

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->