Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pendis Orla

Makalah Pendis Orla

Ratings:

5.0

(5)
|Views: 3,224 |Likes:
Published by Moh. Mujib

More info:

Published by: Moh. Mujib on Feb 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

07/20/2013

 
Oleh : Moh. Mujib Zunun @lmisri
IPENDAHULUAN
Eksistensi pendidikan Islam di Indonesia adalah suatu kenyataan yang sudah berlangsung sangat panjang dan sudah memasyarakat. Pada masa penjajahan Belandadan pendudukan Jepang, pendidikan Islam diselenggarakan oleh masyarakat sendiridengan mendirikan pesantren, sekolah dan tempat latihan-latihan lain. Setelahmerdeka, pendidkan Islam dengan ciri khasnya madrasah dan pesantren mulaimendapatkan perhatian dan pembinaan dari pemerintah Republik Indonesia.Pendidikan merupakan suatu upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,mewujudkan generasi penerus bangsa yang siap melanjutkan estafet perjuangan bangsa Indonesia. Dalam perkembangan sejarah, pendidikan di Indonesia telah berlangsung sejak sebelum Proklamasi Kemerdekaan RI. Dalam banyak referensidesbutkan bahwa tonggak-tonggak sejarah pendidikan di Indonesia dimulai darimunculnya organisasi Budi Utomo (1908) Kebangkitan Nasional (1928), masakemerdekaan (1945-1955), masa orde lama (1955-1967), masa orde baru (1967-1997) hingga masa reformasi saat ini.Pada masa pra-kemerdekaan, pendidikan Islam lebih banyak didominasi ataudiselenggarakan dan diadakan di pesantren-pesantren. Setelah Indonesia merdeka,dunia pendidikan Islam semakin menunjukkan eksistensinya, dan bahkan dalam beberapa hal mengalami perubahan-perubahan. Sehingga dunia pendidikan Islamyang berkembang saat ini, tidak sepatutnya melupakan atau menafikan keberadaan pendidikan Islam pada masa Orde Lama.Pemerintah pada masa Orde Lama yang dalam tulisan ini dimaksudkankepada rentang waktu 1950 sampai dengan 1966 diberi tugas oleh Undang-UndangDasar 1945 untuk mengusahakan agar terbentuknya suatu system pendidikan dan pengajaran yang bersifat nasional. Oleh karena itu, pastilah sejarah mencatat
 Revisi Makalah Sejarah Pendidikan Islam Smt IIB, oleh Moh. Mujib Zunun @l-Misri@2008
1
 
 bagaimana pemerintah Orde Lama memberikan sumbangsih yang signifikan terhadap perkembangan pendidikan Islam. Makalah ini dengan segala kekurangannyadimaksudkan untuk memaparkan sejauh mana perkembangan pendidikan Islam padamasa Orde Lama.
IIPEMBAHASAN
Pendidikan Islam pada masa Orde Lama
Penyelenggaraan pendidikan agama mendapat perhatikan serius dari pemerintah setelah Indonesia merdeka, baik di sekolah negeri maupun swasta. Usahauntuk itu dimulai dengan memberikan bantuan terhadap lembaga tersebutsebagaimana yang dianjurkan oleh Badan Pekerja Komite Nasional Pusat (BPKNP)tanggal 27 Desember 1945, yang menyebutkan bahwa : Madrasah dan pesantren padahakekatnya adalah satu alat dan sumber pendidian dan pencerdasan rakyat jelata yangsudah berurat berakar dalam masyarakat Indonesia umumnya, hendaklah pulamendapat perhatian dan bantuan nyata berupa tuntunan dan bantuan dari pemerintah.
1
Kenyataan ini timbul karena kesadaran umat Islam yang dalam, setelah sekianlama mereka terpuruk di bawah kekuasaan penjajah. Sebab pada zaman penjajahanBelanda pintu masuk pendidikan modern bagi umat Islam terbuka secara sangatsempit. Dalam hal ini minimal ada dua hal yang menjadi penyebabnya, yaitu :Sikap dan kebijaksanaan pemerintah kolonial yang amat diskriminatiterhadap kaum muslimin.Politik non kooperatif para ulama’ terhadap Belanda yang memfatwakan bahwa ikut serta dlam budaya Belanda, termasuk pendidikan modernnya adalah suatu bentuk penyelewengan agama.
2
1
A. Timur Djaelani,
 Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pembangunan Perguruan Agama
,(Jakarta : Dermaga, 1980), hal. 135.
2
A. Ridwan Saidi,
 Pemuda Islam dalam Dinamika Pokitik Bangsa 1925-1984
, (Jakarta : CV.Rajawali, 1984), hal. 6
 Revisi Makalah Sejarah Pendidikan Islam Smt IIB, oleh Moh. Mujib Zunun @l-Misri@2008
2
 
Demikianlah diantara beberapa factor yang menyebabkan mengapa kaummuslimin Indonesia amat tercecer dalam segi intelektualitas ketimbang golongan lain.Akan tetapi keadaan berbah secara radikal setelah kemerdekaan Indonesia tercapai,seakan-akan merupakan ganjaran untuk para pahlawan nasional sepanjang sejarahyang umumnya terdiri dari para ulama atau yang dijiwai oleh keislaman itu,kemerdekaan membuahkan sesuatu yang luar biasa besar manfaatnya bagi kaummuslimin, terutama di bidang pendidikan modern.Dasar Negara yag telah disepakati bersama saat mendirikan Negara adalah pancasila, yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 dan merupakan kesatuan yangtak terpisahkan dengan Batang Tubuh UUD 1945. pancasila dan UUD 1945 inilahyang kemudian dijadikan pangkal tolak pengelolaan Negara dalam membangun bangsa Indonesia.Tujuan nasional bangsa Indonesia adalah seperti yang dirumuskan dalamPembukaan UUD 1945, yang berbunyi sebagai berikut :
Melindungi segenap bangsadan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum,mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social.
3
Sesuai dengan sila pertama dari Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa, dengandemikian berarti bahwa kehidupan beragama di Indonesia secara konstitusionaldijamin keberadaannya seperti termaktub pada pasal 29 UUD 1945. Sebagai jaminankonstitusional ini membaa konsekuensi bahwa pemerintah tidak haya menjaminkebebasan tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadahmenurut agamanya dan kepercaannya itu yang secara kongkret telah disebutkan pada pasal tersebut, melainkan juga sekaligus menjamin, melindungi, membina danmengembangkan serta memberi bimbingan dan pengarahan agar kehidupan beragama3
Endang Sudardja,
UUD RI ’45 dalam hubungannya dengan Pendidikan Moral Pancasila
,(Bandung : Ghalia Indonesia, 1984), hal 83.
 Revisi Makalah Sejarah Pendidikan Islam Smt IIB, oleh Moh. Mujib Zunun @l-Misri@2008
3

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ahmadnuh added this note
thanks sobat, karya anda menambah khazanah keilmuan saya
Unyu Unyyu Punya liked this
Indra Aditya liked this
Mochamad Machfud liked this
Rama Dahana liked this
Nsha Tea liked this
Nera Il Kobah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->