Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
proposal tentang KKN

proposal tentang KKN

Ratings: (0)|Views: 83 |Likes:
Published by nugraha_adhe
Studi yang memfokuskan diri pada masalah dampak korupsi, kolusi dan nepotisme di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kota Bandar Lampung terhadap pelayanan masyarakat, memrlukan kerangka pemikiran yang digunakan sebagai pedoman atau arah pembahasan studi bersangkutan. Untuk itu, sebelumnya perlu ditemukan terlebih dahulu lingkup kajian secara umum masalah KKN dan dampaknya terhadap pelayanan masyarakat. Berdasarkan atas pemahaman lingkup kajian tersebut selanjutnya dengan pertimbangan tertentu dapat dilakukan pembatasan-pembatasan seperlunya sehingga studi tidak terlalu luas lingkupnya.
Studi yang memfokuskan diri pada masalah dampak korupsi, kolusi dan nepotisme di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kota Bandar Lampung terhadap pelayanan masyarakat, memrlukan kerangka pemikiran yang digunakan sebagai pedoman atau arah pembahasan studi bersangkutan. Untuk itu, sebelumnya perlu ditemukan terlebih dahulu lingkup kajian secara umum masalah KKN dan dampaknya terhadap pelayanan masyarakat. Berdasarkan atas pemahaman lingkup kajian tersebut selanjutnya dengan pertimbangan tertentu dapat dilakukan pembatasan-pembatasan seperlunya sehingga studi tidak terlalu luas lingkupnya.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: nugraha_adhe on Dec 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANI.I Latar Belakang Masalah
 Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan reformasiyang menghendaki terwujudna pemerintahan yang bersih, berwibawa, dantransparan dalam menjalankan tugas dengan tekad memerangi praktek korupsi,kolusi dan nepotisme, menuntut pemerintah untuki meningkatkan kinerjapelayanan aparatur secara terus menerus. Tanpa kinerja pelayanan yang tinggi ,tidak mungkin aparatue pemerintah memiliki keunggulan kompetitif danmempunyai etos kerja yang tinggi sebagai syarat untuk memberikan pelayananpublik yang betul-betul prima dalam arti sesuai dengan harapan , keinginan, dankebutuhan masyarakat. Dengan kata lain, tanpa kinerja pelayanan yang optimalpelayanan publik yang diperankan oleh aparatur pemerintah tidak akan berhasil.Pelayanan publik dalam artian ini adalah pelayanan yang dilakukan oleh birokrasipemerintah atau lembaga lain yang tidak termasuk badan usaha swasta yang tidak berorientasi pada laba (profit). Pelayanan ini lazim pula disebut pelayanan umumyang harus dilaksanakan dalam suatu rangkaian kegiatan terpadu yang bersifatsederhana, terbuka, lancar, tepat, lengkap, wajar dan terjangkau (Boediono1999:59)Padahal berbagai upaya sudah dilakukan oleh pemerintah melaluipenerbitan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat.Antara lain : Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan aparatur Negara Nomor81/1993 tentan Pedoman Tatalaksana Pelayanan Umum yang kemudiandisempurnakan dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur NegaraNomor 63/KEP/M/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum PenyelenggaraanPelayanan Publik dan Surat Edaran Menteri Koordinator Bidang PengawasanPembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 56/MK/Waspan/1998tanggal 1 Juni 1998 perihal Langkah Nyata Memperbaiki Pelayanan Masyarakatsesuai dengan Aspirasi Reformasi.
 
2
Di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar lampung ini puntelah memiliki tugas dan fungsi nya sebagai berikut :(1) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil merupakan unsur pelaksana tugasWalikota, mempunyai tugas Pokok melaksanakan urusan pemerintahan Kotadibidang Kependudukan dan Catatan Sipil berdasarkan asas otonomi dan tugaspembantuan.(2) Untuk menyelengarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada Pasal (1),Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menyelenggarakan fungsi:a. Perumusan kebijakan teknis dibidang Kependudukan dan Catatan Sipil;b. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum dibidangKependudukan dan Catatan Sipil;c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang Kependudukan dan Catatan Sipil;d. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota dibidang Kependudukandan Catatan Sipil;e. Pelayanan administratif.Pemberian pelayanan merupakan tugas utama pegawai pemerintahkependudukan dan catatan sipil yang langsung berhubungan dengan wargamasyarakat. Setiap bentuk penyalahgunaan kewenangan atau cara-cara tindakanyang tidak memenuhi syarat pelayanan akan langsung dirasakan sebagaiperbuatan sewenang-wenang atau merugikan masyarakat yang mempengaruhicitra dan wibawa aparat pemerintahan. Salah satu pelayanan yang ada di DinasKependudkan dan Catatan sipil adalah pembuatan KTP, Surat KeteranganKeluarga, Surat Nikah dan lain-lain.Citra pelayanan di Dinas Kependudukan dan catatan sipil kota BandarLampung ini harus jelas dan transparan karena mengurusi surat-surat penting yangharus segera diselesaikan, agar urusan masyarakat segera terpenuhi. DinasKependuduakn dan catatan sipil ini langsung berhubungan dan melayanimasyarakat. Aparatur pemerintahan khususnya yang langsung berhubungan
 
3
dengan masyarakat harus dapat memberikan pelayanan yang adil kepadamasyarakat. Walaupun dalam pelaksanaannya tidak akan mudah danmembutuhkan waktu yang lama, mengubah pola pikir dan budaya yang biasadilayani menjadi pola pikir dan perilaku sebagai pelayan. Kurangnya kemampuanatau ketidaktahuan pada bidang tugas yang menjadi tugas dan kewajibannya, tidak terampil dan cakap dalam melaksanakan tugasnya sangat mempengaruhi kualitaspelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Fenomena yang terjadi adalahpegawai lamban dalam melaksanakan pekerjaannya, tidak tepat waktu, adanyakekeliruan dan lainnya yang menyimpang dari hal-hal yang telah ditetapkan. Dilain pihak, masyarakat menuntut mendapatkan pelayanan yang baik.Kebijakan menetapkan pelayanan KTP sebagai salah satu programperbaikan/penyempurnaan pelayanan publik menunjukkan bahwa kondisi pelayanKTP memang membutuhkan penyempurnaan karena pelayanan KTP sangatpenting dan dibutuhkan seluruh lapisan masyarakat. Sebagai tindak lanjutprogram perbaikan dan peningkatan pelayanan KTP tersebut, DinasKependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung melakukan perbaikandan peningkatan pelayanan masyarakat.Namun, realitas di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak wargamasyarakt yang tidak puas atas pelayanan bidang kependudukan dan catatan sipil.Contohnya seperti Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)Kota Bandarlampung ditemukan belum adanya loket khusus pembayaran yangmemadai dan keadaan ruangan kantor tidak tertib. Sementara itu, wargaBandarlampung mengeluhkan proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP),Kartu Keluarga (KK), dan Akta Kelahiran di Bandarlampung membutuhkanwaktu cukup lama. "Pembuatan dokumen keluarga itu sedikitnya memakan waktusebulan mulai dari RT, kelurahan hingga penerbitan Dinas Kependudukan danCatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, selain lama, pengurusan dokumen itu jugamemakan biaya yang tidak kecil.Saat ini pelayanan Kota Bandarlampung sangat buruk karena berada di nomor 21dari 22 kabupaten/kota. pelayanan yang paling buruk terdapat dalam pembuatanKTP, akta kelahiran, dan kartu keluarga.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->