Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Circ Dan Rpp Pemfaktoran Bentuk Aljabar

Makalah Circ Dan Rpp Pemfaktoran Bentuk Aljabar

Ratings: (0)|Views: 72 |Likes:
Published by rizzaumami

More info:

Published by: rizzaumami on Dec 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
LATAR BELAKANG
Tujuan pendidikan pada hakekatnya adalah suatu proses terus menerus manusiauntuk menanggulangi masalah-masalah yang dihadapi sepanjang hayat karena itusiswa harus benar-benar dilatih dan dibiasakan berfikir secara mandiri. Metematikamerupakan pengetahuan yang mempunyai peran sangat besar baik dalam kehidupansehari-hari maupun dalam pengembangan ilmu pengetahuan lain. Dengan adanyapendidikan matematika di sekolah dapat mempersiapkan anak didik agarmenggunakan matematika secara fungsional dalam kehidupan sehari-hari dan didalam menghadapi ilmu pengetahuan lain.Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting diajarkanpada pendidikan dasar atau pendidikan menengah. Dalam pedoman penyusunankurikulum matematika pada pendidikan dasar, antara lain agar siswa memahamikonsep matematika secara luwes, akurat, efisien, dan tepat serta sikap menghargaikegunaan maematika dalam kehidupan yaitu memiliki rasa ingin tahu atau kritis,perhatian dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya dirialam pemecahan masalah.Adapun untuk pelajaran matematika, penilaiaan diarahkan untuk mengukurkemampuan, diantaranya:1.
 
Pemahaman konsep, siswa mampu mendifinsikan konsep, mengidentifikasi danmember contoh atau bukan contoh dari sikap.2.
 
Prosedur, siswa mampu mengenali prosedur atau proses penghitungan yang benardan tidak benar.3.
 
Komunikasi, siswa mampu menyatakan dan menafsirkan gagasan matematika secaralisan, tertulis dan mampu mendemontrasikan.4.
 
Penalaran, siswa mampu memberikan alasan induktif dan deduktif.5.
 
Pemecahan masalah, siswa mampu memahmi masalah, memilih stategipenyelesaian. Indikasi masalah dalam matematika adalah agar siswa mampumemecahkan masalah yang dihadapai dalam kehidupan sehari-hari. Dengan
 
2
mempelajari matematika siswa selalu dihadapkan pada maslah matematika yangtersetruktur, sistematis dan logis, yang membiasakan siswa untuk mangatasi masalahyang timbul secara mandiri dalam kehidupannya tanpa harus meminta bantuankepada orang lain.Kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa dapat diketahui melaluisoal-soal yang berbentuk uraian, karena soal yang berbentuk uraian kita dapatmelihat langkah-langkah yang dilakukansiswa dalam menyelesaiakan permasalahan,sehingga pemahaman siswa akan memecahkan masalah dapat diukur. Bentuk lainalam pemecahan masalah dalam pembelajaran ini adalah soal cerita. Berdasarkanbuku-buku penunjang pembelajaran matematika yang mengacu pada kurikulum,banyak dijumpai soal-soal cerita hampir pada setiap materi pokok. Karena soal ceritamerupakan soal yag dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan lebih ditekankanpada ketajaman intelektual anak sesuai dengan kenyataan yang mereka hadapai.Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami setiap kalimat dalam soalcerita, misal apa yang diketahui dan yang ditanyakan, kurangbisa menghubungkansecara fungsional unsur-unsur yang diketahui utuk menyelesaikan masalah, sertamemisalkan unsur sesuai dengan aturan yang berlaku.
B.
 
RUMUSAN MASALAH
1.
 
Apa yang di maksud dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC ?2.
 
Bagaimana langkah-langkah metode model pembelajaran kooperatif tipe CIRC ?3.
 
Apa saja kekurangan dan kelebihan dari metode model pembelajaran kooperatif tipe CIRC ?4.
 
Apa materi yang cocok untuk di terapkan dengan metode model pembelajarankooperatif tipe CIRC ?
C.
 
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
 
Untuk mengetahui apa yang di maksud dengan pembelajaran kooperatif tipeCIRC.2.
 
Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam menerapkan metodepembelajaran koperatif tipe CIRC.
 
3
3.
 
Untuk mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan metode pembelajarankoperatif tipe CIRC.4.
 
Untuk mengetahui materi yang cocok menggunakan metode pembelajarankoperatif tipe CIRC.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->