Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Politik Pendidikan Sebagai Kajian Akademis

Politik Pendidikan Sebagai Kajian Akademis

Ratings: (0)|Views: 190 |Likes:
Published by Muhammad Ghozali

More info:

Published by: Muhammad Ghozali on Dec 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2012

pdf

text

original

 
PENDAHULUANKajian perkembangan politik pendidikan di Indonesia mengalami pasangsurut seiring dengan berganta-gantinya kepemimpinan dinegeri ini, dimulai dariera orde lama, orde baru, hingga sekarang ini era reformasi, hal ini diiringi dengan belum adanya metodologi yang bagus dalam kajian politik pendidikan, walaupuntidak dapat dipungkiri juga penelitian dalam bidang ini sudah banyak dan berkembang.Metodologi studi politik pada waktu itu belum sampai mencapai titik yangdiharapkan, karena metodologi pendidikan pada saat itu belum stabil dan teruji.Menurut mereka ilmu politik maupun ilmu pendidikan belum bisa memberikangambaran mengenai konsep-konsep yang jelas, yang sudah siap digunakan(
ready-made
), dan metodologi yang belum teruji untuk studi politik pendidikandan formulasi kebijakan.Hubungan politik dan pendidikan sangat sulit dipisahkan ibarat dua sisikoin, plato menggambarkan adanya hubungan dinamis antara aktivis pendidikandan aktivis politik, hubungan politik dan pendidikan indonesia dizaman ordelama, pendidikan mengalami perhatian yang serius dari pemerintah, pendidikandasar dibebaskan biaya walaupun kondisi perpolitikan nasional tidak stabil.Sedangkan dalam era orde baru pendidikan sangat dikekang oleh kekuasaan politik.
 
PEMBAHASANPOLITIK PENDIDIKAN SEBAGAI KAJIAN AKADEMIS
Pada bagian ini, akan dibahas apakah politik pendidikan sebagai sebuahkajian akademis. Pembahsan dimulai dari penjelasan pengertian politik, pengertian pendidikan, berlanjut pembehasan mengenai apakah sebenarnya kajian politik pendidikan, yang menyangkut aspek historis, perkembangannya, dankeberadaannhya di Indonesia. Penulis juga mencoba menelusuri lebih jauh bagaimna pengakuan kalangan akademis atas kajian tersebut, kemudian tantangandan prospeknya.
Rogers F. Soltau dalam
 Introduction to Politics,
“Ilmu politik mempelajarinegara, tujuan-tujuan negara, dan lembaga-lembaga yang akanmelaksanakan tujuan-tujuan itu; hubungan negara dengan warganegaranya serta dengan negara-negara lainnya.”
J. Barents, dalam
 Ilmu Politika,
“Ilmu politik adalah ilmu yangmempelajari kehidupan negara...yang merupakan bagian dari kehidupanmasyarakat; ilmu politik mempelajari negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya.”
Ossip K. Flechtheim dalam
 Fundamentals of Political Sciencei.
“Ilmu politik adalah ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan darinegara sejauh negara merupakan organisasi kekuasaan, beserta sifat dantujuan dari gejala-gejala kekuasaan lain yang tak resmi, yang dapatmempengaruhi negara.” Flechtheim juga menekankan bahwa kekuasaan politik dan tujuan politik mempengaruhi satu sama lain dan bergantungsatu sama lain.
Joyce Mitchell dalam bukunya
 Political of Analysis and Public Policy,
“Politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatankebijaksanaan umum untuk masyarakat seluruhnya.”
Harold Laswell dalam
Who Gets What, When and How,
“Politik adalahmasalah siapa mendapat apa, kapan dan bagaimana.”
1
1 Mirriam Budiharjo,
 Dasar- Besar dasar Ilmu Politik,
(Jakarta : Gramedia, 1971), hlm.
 
Menurut Mohammad daud Ali dalam bukunya pendidikan agama islam(2000) disebutkan: politik itu berasal dari bahasa latin
 politicus
atau bahasayunani
 politicos
yang artinya adalah sesuatu yang berhubungan dengan warganegara atau warga kota. Ki Supriyoko (4:2007)Sementara itu, dalam
 Kamus Besar Bahasa Indonesia,
kata
 politik 
diartikansebagai berikut.1.pengetahuan tentang ketatanegaraan atau kenegaraan, yaitumengenai sistem pemerintahan, dasar-dasar pemerintahan.2.Segala urusan dan tindakan, kebijakan, siasat.3.Kebijakan, cara bertindak di dalam menghadapi masalah tertentu.Lalu, sekarang kita beralih pada pengertian pendidikan di dalam kamus bahasa Arab, ada beberapa istilah yang biasa dipergunakan dalam pengertian pendidikan, yaitu sebagai berikut.1.
Ta’lim,
terdapat dalam QS Al-Baqarah (2) : 31, “Dan Allahmengajarkan kepada Adam segala nama, kemudian ia berkatakepada malaikat, ‘Beritahukanlah Aku semua nama-nama itu jikakamu benar’.”2.
Tarbiyah,
terdapat dalam QS Al-Isra’ (17) : 24, “...wahai Tuhankusayangilah keduanya sebagaimana mereka mendidikku di waktukecil.”3.
Ta’dib,
terdapat dalam salah satu hadits Nabi, “Allah mendidikku,maka Ia memberikan kepadaku sebaik-baik pendidikan.”Pendidikan dalam bahasa inggris disebut dengan
education
adalah berasaldari bahasa Latin
edication
atau
educare
yang berarti menghasilkan darikepribadian yang tersembunyi.Kemudian, di dalam
 Kamus Besar Bahasa Indonesia
disebutkan bahwa pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang ataukelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran
10-11, 13

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->