Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permintaan Dan Penawaran

Permintaan Dan Penawaran

Ratings: (0)|Views: 258 |Likes:
Published by Faisal Hernawan
PENGANTAR ILMU EKONOMI TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Disusun Oleh :

NAMA NIM KELAS

: FAISAL HERNAWAN : 125100301111064 :P

JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2012

1

TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

A. Definisi Permintaan Dan Penawaran Dalam ekonomi terdapat permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permint
PENGANTAR ILMU EKONOMI TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Disusun Oleh :

NAMA NIM KELAS

: FAISAL HERNAWAN : 125100301111064 :P

JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2012

1

TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

A. Definisi Permintaan Dan Penawaran Dalam ekonomi terdapat permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permint

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Faisal Hernawan on Dec 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2014

pdf

text

original

 
1
PENGANTAR ILMU EKONOMITEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN
Disusun Oleh :
NAMA : FAISAL HERNAWANNIM : 125100301111064KELAS : P
JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIANFAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIANUNIVERSITAS BRAWIJAYAMALANG2012
 
2
TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARANA.
 
Definisi Permintaan Dan Penawaran
Dalam ekonomi terdapat permintaan dan penawaran yang saling bertemu danmembentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang).Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitasyang saling mempengaruhi satu sama lain.
a.
 
Permintaan (
 Demand 
)
Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau diminta pada tingkatharga tertentu dan dalam waktu tertentu.Masyarakat selaku konsumen harus membeli barang atau jasa keperluannya dipasar, keadaan ini mengandaikan bahwa barang atau jasa itu memiliki tingkatharga tertentu. Ada berbagai macam harga di pasar selanjutnya mengandaikanadanya kondisi yang mempengaruhi. Jadi permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang dibeli dalam berbagai situasi dan tingkat harga.Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan, yaitu :1.
 
Selera konsumenSelera konsumen terhadap barang dan jasa dapat memengaruhi jumlahbarang yang diminta. Jika selera konsumen terhadap barang tertentu meningkatmaka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat pula. Misalnya,sekarang ini banyak orang yang mencari hand phone yang dilengkapi fasilitasmusik dan game, karena selera konsumen akan barang tersebut tinggi makapermintaan akan handphone yang dilengkapi musik dan game akan meningkat.2.
 
Harga Barang Subtitusi (Pengganti)Harga barang dan jasa pengganti (substitusi) ikut memengaruhi jumlahbarang dan jasa yang diminta. Apabila harga dari barang substitusi lebih murahmaka orang akan beralih pada barang substitusi tersebut. Akan tetapi jika hargabarang substitusi naik maka orang akan tetap menggunakan barang yangsemula. Contohnya kaos adalah pengganti kemeja. Jika di pasar harga kaoslebih murah dibandingkan kemeja, maka permintaan akan kaos lebih banyak bila dibandingkan permintaan terhadap kemeja.3.
 
Harga Barang Komplementer (Pelengkap)Barang pelengkap juga dapat memengaruhi permintaan barang/jasa.Misalnya sepeda motor, barang komplementernya bensin. Apabila harga
 
3
bensin naik, maka kecenderungan orang untuk membeli sepeda motor akanturun, begitu juga sebaliknya.4.
 
PendapatanBesar kecilnya pendapatan yang diperoleh seseorang turut menentukanbesarnya permintaan akan barang dan jasa. Apabila pendapatan yang diperolehtinggi maka permintaan akan barang dan jasa juga semakin tinggi. Sebaliknya jika pendapatannya turun, maka kemampuan untuk membeli barang juga akanturun. Akibatnya jumlah barang akan semakin turun. Misalnya pendapatan IbuTia dari hasil dagang minggu pertama Rp200.000,00 hanya dapat untuk membeli kopi 20 kg. Tetapi ketika hasil dagang minggu kedua Rp400.000,00,Ibu Tia dapat membeli kopi sebanyak 40 kg.5.
 
Intensitas Kebutuhan KonsumenIntensitas kebutuhan konsumen berpengaruh terhadap jumlah barangyang diminta. Kebutuhan terhadap suatu barang atau jasa yang tidak mendesak, akan menyebabkan permintaan masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut rendah. Sebaliknya jika kebutuhan terhadap barang atau jasasangat mendesak maka permintaan masyarakat terhadap barang atau jasatersebut menjadi meningkat, misalnya dengan meningkatnya curah hujan makaintensitas kebutuhan akan jas hujan semakin meningkat. Konsumen akanbersedia membeli jas hujan hingga Rp25.000,00 walaupun kenyataannya harga jas hujan Rp15.000,00.6.
 
Perkiraan Harga di Masa DepanApabila konsumen memperkirakan bahwa harga akan naik makakonsumen cenderung menambah jumlah barang yang dibeli karena adakekhawatiran harga akan semakin mahal. Sebaliknya apabila konsumenmemperkirakan bahwa harga akan turun, maka konsumen cenderungmengurangi jumlah barang yang dibeli. Misalnya ada dugaan kenaikan hargabahan bakar minyak mengakibatkan banyak konsumen antri di SPBU (StasiunPengisian Bahan Bakar Umum) untuk mendapatkan bensin atau solar yanglebih banyak.7.
 
Jumlah Penduduk Pertambahan penduduk akan memengaruhi jumlah barang yangdiminta. Jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak, makabarang yang diminta akan meningkat.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Dian Kania S liked this
mtrego9441 liked this
Rani Thasya liked this
Faisal Hernawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->