Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perubahan Dan Pengembangan Organisasi

Perubahan Dan Pengembangan Organisasi

Ratings: (0)|Views: 221|Likes:
Published by libero01

More info:

Published by: libero01 on Dec 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/18/2012

pdf

text

original

 
1
BAB IPendahuluan
1. Latar Belakang
 Organisasi berasal dari kata organon dalam bahasa Yunani yang berarti alat. Pengertianorganisasi telah banyak disampaikan para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yangprinsip, sehingga dapat saya simpulkan bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukankerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, denganmendayagunakan sumber daya yang dimiliki.Pertumbuh kembangan IPTEK, sosial, ekonomi, dan lingkungan menimbulkanpermasalan yang harus dihadapi organisasi menjadi semakin luas dan kompleks. Permasalahntersebut terus berkembang sesuai percepatan perubahan yang terjadi.Situasi yang terjadi menjadikan pembelajaran bahwa permasalahan tidak tumbuh secaralinier, dimana banyak seklai hal-hal yang tidak pernah diduga sebelumnya. Dengan demikianorganisasi dituntut untuk terus menerus mempersiapkan dirinya mengantisipasi danmenyesuaikan diri dengan perubahan. Pengalaman yang dialami berbagai organisasi diNegara maju menunjukkan bahwa hanya organisasi yang secara konsisten terus meningkatkandirinya melalui pengembangan organisasi yang dapat bertahan.
2. Permasalahan
Dalam kenyataannya organisasi seringkali terjadi keadaan yang tidak mengalamipertumbuhan yang disebabkan keengganan manusia untuk mengikuti perubahan, dimanaperubahan dianggap bisa menyebabkan dis equilibrium (hilangnya keseimbangan moral).Hal ini mengakibatkan penyakit masyarakat atau tindakan yang tidak sesuai denganketentuan yang berlaku dalam organisasi sehingga perlu dilakukan pengembanganorganisasi untuk melakukan evaluasi, adaptasi, kaderisasi dan inovasi.Pengertian Perubahan Organisasi adalah suatu variasi dari cara-cara yang telahmapan,yang selama ini berlangsung dalam organisasi dan dipergunakan serta ditaati oleh
 
2
anggota organisasi dalam melakukan aktivitasnya dan berbeda dari apa yang selama ini adadan telah berlaku dalam organisasi.Pengertian Pengembangan Organisasi adalah suatu pendekatan sistematik, terpadu danterencana untuk meningkatkan efektivitas organisasi serta memecahkan masalah-masalah(seperti kutrangnya kerja sama/koperasi, desentralisasi yang berlebihan dan kurang cepatnyakomunikasi dan sebagainya) yang merintangi efisiensi pengoperasian pada semua tingkatan.Pengembangan organisasi merupakan proses terencana untuk mengembangkankemampuan organisasi dalam kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berubah,sehingga dapat mencapai kinerja yang optimal yang dilaksanakan oleh seluruh anggotaorganisasi. Pengembangan Organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkanefektivitas keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan individu akan pertumbuhandan perkembangan dengan tujuan keorganisasian.
3.
 
Tujuan
Tujuan dari makalah ini adalah :1.
 
Dapat mendefisinikan perubahan dan pengembangan organisasi2.
 
Dapat menjelaskancara penanganan perubahan dalam suatu organisasi3.
 
Dapat menjelaskan sumber penolakan terhadap perubahan dan menyebutkan danmenjelaskan cara penanggulangan penolakan terhadap peubahan organisasi4.
 
Dapat menjelaskan proses pengelolaan perubahan dan dan menyebutkan sertamenjelaskan penanggulangan penolakan terhadap perubahan organisasi5.
 
Dapat menyebutkan dan menjelaskan pendekatan perubahan organisasi.
 
3
BAB IIPEMBAHASAN
1. Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan organisasi.
Setiap organisasi selalu membutuhkan suatu perubahan, perubahan tersebut sebagaireaksi terhadap perubahan dalam lingkungan organisasi tersebut. Perubahan organisasimengacu kepada hal yang berkaitan dengan aktivitas pelaksanaan tugas di dalam suatuorganisasi, sehingga menuju kepada suatu keadaan di dalam perusahaan tersebut yangdianggap lebih baik oleh pihak manajemen seiring dengan berjalannya waktu. Restrukturisasiorganisasi adalah salah satu dari bentuk perubahan organisasi.Penyebab Perubahan:
 
Internal : (Perubahan tujuan, Perubahan struktur organisasi, Perubahan caraoperasional/aktivitas organisasi, dll)1. Perubahan Internal yang Direncanakan (planned internal change)Misal: sebuah perusahaan melakukan akuisisi perusahaan lain.2. Perubahan Internal Tidak Direncanakan (Unplanned internal change)Misal: perubahan karakteristik demografis (jenis kelamin, pendidikan, usia)tenaga kerja pada suatu perusahaan.
 
Eksternal : (Perubahan sistem ekonomi, Teknologi baru,dll )1. Perubahan Eksternal yang Direncanakan (planned external change)Misal: pengenalan teknologi baru2. Perubahan Eksternal Tidak Direncanakan (Unplanned external change)Misal: perubahan kebijakan moneter sbg respon perubahan politik&ekonomitiba-tibaTingkat Perubahan Organisasi:1.
 
Perubahan pada sikap individu dalam organisasi, meliputi : Aspek pengetahuan,Sikap/perilaku, Ketidakpuasan (aksi mogok)2. Perubahan pada tingkat kelompok:- Kelompok sebagai media/wahana perubahan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->