Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH LAPISAN MASYARAKAT

MAKALAH LAPISAN MASYARAKAT

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 325 |Likes:
Published by Ahmad Wardani

More info:

Published by: Ahmad Wardani on Dec 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang
Arteriosklerosis merupakan keadaan pada pembuluh arteri yang mengakibatkanpenebalan arteriol dan pengerasan pada pembuluh darah arteri diakibatkan olehpenumpukan lemak. Aterosklerosis merupakan jenis yang penting dari arteriosklerosis,istilah aterosklerosis merupakan sinonim dari arteriosklerosis. Aterosklerosis merupakanpenyakit yang melibatkan cabang-cabang aorta yang besar dan arteri berukuran sedang,seperti arteri yang menyuplai darah ke bagian-bagian ekstremitas, otak, jantung danorgan dalam utama. Penyakit ini multifokal, dan lesi unit, atau ateroma (bercak aterosklerosis), terdiri dari masa bahan lemak dengan jaringan ikat fibrosa. Seringdisertai endapan sekunder garam kalsium dan produk-produk darah. Bercak aterosklerosis mulai pada lapisan intima atau lapisan dalam dinding pembuluh tetapidalam pertumbuhannya dapat meluas sampai melewati tunika media atau bagianmuskuloelastika dinding pembuluh.
 
Sekarang aterosklerosis tak lagi dianggap merupakan proses penuaan saja.
Timbulnya “bercak 
-
 bercak lemak” di dinding arteria koronaria merupakan fenomena
alamiah bahkan sejak masa kanak-kanak dan tidak selalu harus menjadi lesiaterosklerotik; terdapat banyak faktor saling berkaitan yang dapat mempercepat prosesaterogenik. Telah dikenal beberapa faktor yang meningkatkan risiko terjadinyaaterosklerosis koroner pada individu tertentu. Aterosklerosis adalah perubahan dindingarteri yang ditandai akumulasi lipid ekstrasel, recruitment dan akumulasi lekosit,pembentukan sel busa, migrasi dan proliferasi miosit, deposit matriks ekstrasel, akibatpemicuan patomekanisme multifaktor yang bersifat kronik progresif, fokal atau difus,bermanifestasi akut maupun kronis, serta menimbulkan penebalan dan kekakuanarteri.Aterosklerosis disebabkan faktor genetik serta intensitas dan lama paparan faktorlingkungan (hemodinamik, metabolik, kimiawi eksogen, infeksi virus dan bakteri, faktorimunitas dan faktor mekanis), dan atau interaksi berbagai faktor tersebut.
 
2
Atherosklerosis bukanlah penyakit yang baru dikenal. Pembuluh darah mummiMesir, lebih dari 3500 tahun yang lalu, ternyata telah mengidap penyakit ini. Otopsipertama yang dilakukan pada tahun 1931menunjukkan adanya tanda-tanda pengapuranpada pembuluh koroner seorang mummi wanita berusia 50 tahun. Otopsi pada 200serdadu yang mati muda dalam perang Korea menunjukkan 50 persen serdadu itumenunjukkan tanda-tanda pengapuran pada pembuluh koronernya walaupun merekatidak mempunyai keluhan sama sekali. Di Amerika Serikat, 46 persen dari anak mudayang mati karena kecelakaan lalu lintas ternyata sudah mengidap pengapuran koroneryang nyata, tetapi tetap tanpa gejala yang nyata. Penyakit jantung koroner (PJK) yangberawal dari aterosklerosis telah menjadi penyebab utama kematian dewasa ini. BadanKesehatan Dunia (WHO) mencatat lebih dari 117 juta orang meninggal akibat PJK diseluruh dunia pada tahun 2002. angka ini diperkirakan meningkat 11 juta orang padatahun 2020. Di Indonesia, kasus PJK semakin sering ditemukan karena pesatnyaperubahan gaya hidup. Meski belum ada data epidemiologis pasti, angkakesakitan/kematiannya terlihat cenderung meningkat. Hasil survey kesehatan nasionaltahun 2001 menunjukkan tiga dari 1.000 penduduk Indonesia menderita PJK. Perbaikankesehatan secara umum dan kemajuan teknologi kedokteran menyebabkan umur harapanhidup meningkat, sehingga jumlah penduduk lansia bertambah. Survey di tiga kecamatandi daerah Djakarta Selatan pada tahun 2000 menunjukkan prevalensi lansia melewatiangka 15% yang sebelumnya diperkirakan hanya 7,5% bagi Negara berkembang. Usialansia yang didefinisikan sebagai umur 65 tahun ke atas (WHO) ditenggaraimeningkatkan berbagai penyakit degeneratif yang bersifat multiorgan. Prevalensi PJK(Penyakit Jantung Koroner) diperkirakan mencapai 50% dan angka kematian mencapailebih dari 80% yang berarti setiap 2 (dua) orang lansia satu mengidap PJK dan jikaterserang PJK maka kematian demikian tinggi dan hanya 20% yang dapat diselamatkan.Melihat dari data yang telah dikembangkan, banyaknya pasien yang tercatat menderitaaterosklerosis kemudian berlanjut ke jantung koroner, penulis tertarik untuk mempelajaritentang ateroskleosis lebih dalam.
B.
 
Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata ajarKeperawatan Medikal Bedah dan untuk lebih jauh memahami tentangkonsep dasarpenyakit ateriosklerosis mulai dari pengertian, penyebab, patofisiologi, manifestasi klinik,pemeriksaan diagnostik, dan penatalaksanaan medic. 
 
3
C.
 
Metode Penulisan
Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan metode perpustakaan sebagaibahan dalam mengerjakan makalah ini.
 D.
 
Sistematika Penulisan
Sistematikan penulisan makalah ini terdiri dari empat bab, yaitu:BAB I : Pendahuluan Yang Terdiri Dari Latar Belakang, Tujuan, Metode Penulisandan Sistematika Penulisan.BAB II : Landasan Teori, Terdiri Dari; Pengertian Pengertian Lapisan MasyarakatTerjadinya Lapisan Masyarakat, Sifat Sistem Lapisan Masyarakat, Kelas-Kelas Dalam Masyarakat Sosial (Social Classes), Dasar Lapisan Masyarakat,Unsur-Unsur Lapisan Masyarakat, Bentuk 
 – 
Bentuk Stratifikasi SosialDanmobilitas Sosial (Social Mobility)BAB III : Penutup Yang Berisi Kesimpulan dan Saran.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->