Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ilmu Mantiq

Ilmu Mantiq

Ratings: (0)|Views: 75 |Likes:
Published by Muhammad Syamsuddin

More info:

Published by: Muhammad Syamsuddin on Dec 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/20/2013

pdf

text

original

 
1
ILMU DAN AD DILALAHOlehMuhammad syamsuddinSTAIN Pekalongan2012PENDAHULUAN
Akal, suatu sarana super canggih, dikaruniai tuhan hanya kepada manusia,tidak kepada mahluk lainnya. Dengan akal manusia dapat memahami sesuatuyang belum diketahuinya, atau memahami lebih mendalam lagi sesuatu yangsudah diketahuinyabaik tentang dirinya maupun hakikat alam dan rahasia-rahasiayang terkandung didalamnya.Akan tetapi hasil pemikiran manusia meskipun dengan menggunakan akal,tidak selalu benar. Hasil pemikirannya kadang-kadang salah meskipun ia telahbersungguh-sungguh berupaya mencari yang benar. Kesalahan itu bisa saja terjaditanpa tersengajakan olehnya. Jika hal itu memang terjadi maka ia telah mendapatpengetahuan yang salah meskipun ia yakin akan kebenarannya.Oleh karena itu, supaya manusia teramankan dari kekliruan berfikir danterselamatkan dari mendapat kesimpulan yang salah. Disusunlah kaidah-kaidahberfikir atau metodologi berfikir ilmiah. Kaidah itu dapat dipakai dalam kegiatanberfikir sehingga ia diharapkan akan mencapai kesimpulan yang benar. Kaidah-kaidah tersebut telah tersusun dalam ilmu mantiq.
 
2
PEMBAHASANA. Ilmu1. Pengertian Ilmu
Ilmu merupakan pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secarabersistem menurut metode-metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejalatertentudi bidang (pengetahuan) itu.
1
Menurut Prof. KH. M Taib Thahir Abd. Mu’in, ilmu adalah mengenal
sesuatu yang belum dikenal.
2
Menurut Muhammad Nur Al-Ibrahim mengemukakan pengertian ilmumenurut ahli mantiq, ilmu merupakan pencapaian objek yangbelum diketahuidengan cara meyakini atau menduga keadaannya bisa sesuai dengan realita.
3
Ilmu menurut para pakar Mantiq, adalah mengerti dengan yakin ataumendekati yakin (
 Zhan
) mengenai sesuatu yang belum diketahui, baik paham itusesuai dengan realita maupun tidak.
4
Contoh:Anda, ketika berada dalam sinar cahaya bulan yang samara-samar,kebetulan melihat bayang-bayang hitam setinggi manusia. Anda lantas memahamibahwa bayang-bayang itu adalah bayangan manusia dan anda yakin akan pahamanda itu. Kebetulan, ternyata bahwa bayang-bayang itu adalah benar bayanganmanusia. Pemahaman anda itu merupakan lmu yang yakin dan sesuai dengan
1
Baihaqi,
Ilmu Mantik 
, Darul Ulum Press, h. 9
2
M Taib Thahir Abd Mu’in,
Ilmu Mantik 
,(Jakarta :PT Bumi Restu,1987), h.21
3
Syukriadi Sambas,
Mantik Kaidah Berpikir Islami 
,(Bandung : Remaja Rosda Karya.1996), h.40
4
Baihaqi,
Ilmu Mantik 
,….h. 9
 
3
realitas (
 Ilmu yaqini muthabiq lil-
waqi’
) akan tetapi, jika anda mempunyaipengertian yang mendekati yakin (
 Zhan
) bahwabayang-bayang itu adalahbayangan manusia. Kebetulan, ternyata bahwa bayang-bayang itu adalah benarbayangan manusia. Maka pengertian anda itu merupakan ilmu yang mendekatiyakin (
 Zhan
) dan sesuai dengan realitas (
 Ilmun zhanni muthabiq lil-
waqi’
).Pembagian Ilmu Menurut Para Pakar Mantiq
IlmuTashawur Tashdiq
BadihiNazhariBadihiNazhariTabeldiatas memperlihatkan bahwa ilmu, menurut ilmu mantik, terbagi dua:1. Tashawwur
Tashawwur,
yaitu memahami memahami sesuatu tanpa mengenaka(meletakkan) sesuatu (sifat) yang lain kepadanya, seperti memahami kata Husein,manusia, kerbau, rumah, gunung dan sebagainya. Tashawwur juga bisa diartikandengan mengetahui hakikat-hakikat objek tunggal dengan tidak menyertakanpenetapan kepadanya ataumeniadakan penetapan drinya.
5
2. Tasdhiq
Tasdhiq,
yaitu memahami hubungan antara dua kata, atau menempatkansesuatu (kata) atas sesuatu (kata) yang lain. Ketika anda memahami Husein tanpamenetapkan sesuatu yang lain kepadanya maka ilmu anda mengenai Husein ituTashawwur. Tetapi, ketika anda mengatakan Husein sakit, berarti andamemahaminya dengan menetapkan (meletakkan) sakit kepada Husein.Pemahaman anda pada waktu itu sudah berpindah dari Tashawwur kepadaTashdiq.
6
5
Baihaqi,
Ilmu Mantiq
,…h. 10
6
Ibid 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->