Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah-Tiroid

Makalah-Tiroid

Ratings: (0)|Views: 10 |Likes:
Published by Alex Rahma

More info:

Published by: Alex Rahma on Dec 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar belakang
Banyak orang yang tak menyadari datangnya gangguan tiroid. Inilahyang membuat jumlah penderita tiroid terus meningkat. Tanpa penangananyang tepat, tiroid bisa berakibat fatal terhadap kesehatan.Bentuk organ tubuhyang satu ini memang kecil.Menyerupai kupu-kupu, kelenjar tiroid terletak dipangkal leher, tepatnya berada di depan saluran udara atau tenggorokan dandi bawah jakun. Meski bentuknya kecil dan cenderung tidak diperhatikan,namun kelenjar tiroid merupakan salah satu dari kelenjar endokrin yangberpengaruh besar pada tubuh manusia.
Apalagi bila “si kecil” ini meradang, tubuh pun ikut meringis
kesakitan. Ironisnya, banyak orang yang tidak menyadari saat tiroidmengalami gangguan. Sebagian dari mereka baru mendatangi dokter ketikagangguan tiroid sudah cukup parah. Gangguan tiroid hampir 50% tidak disadari oleh si penderita. Padahal. tiroid fungsinya sangat luas sehinggaapabila terjadi gangguan, maka akan berdampak besar pada kesehatan. Tak heran bila jumlah penderita tiroid pun terus membengkak saat inidiperkirakan sekitar 300 juta orang di dunia alami gangguan fungsi kelenjartiroid. Data dari RSCM menunjukkan, dalam satu bulan kurang lebih terdapat288 sampai 300 pasien kunjungan dengan penyakit tiroid.Semakin bertambahnya jumlah penderita gangguan tiroid inidikarenakan banyak orang yang tidak menyadari gejala dan dampak gangguan tiroid. Penyebab lain juga dikarenakan tiroid memiliki gejala yangserupa dengan penyakit lain yang mengakibatkan keterlambatan diagnosisyang menjadikan tertundanya penanganan.
 
2
B.
 
Tujuan1.
 
Tujuan Umum
Tujuan umum dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahuidan memahami tentang penyakit tiroid, beserta obat-obatan yang dipakaidalam pengobatan penyakit tiroid dan proses keperawatan penyakit tiroiditu sendiri.
2.
 
Tujuan Khusus
Tujuan khusus dari penulisan makalah ini adalah :1.
 
Untuk mengetahui dan memahami pengertian serta jenis-jenis penyakittiroid.2.
 
Untuk mengetahui jenis-jenis obat pada penyakit tiroid.3.
 
Untuk mengetahui hubungan antara penyakit tiroid dengan obat yangdigunakan.4.
 
Untuk mengetahui proses keperawatan untuk penyakit tiroid.
C.
 
Metode Penulisan
Metode penulisan makalah ini menggunakan metode deskritif dengancara:
 
Studi literaturPenulis membaca referensi-referensi yang berhubungan denganmateri yang ada.
 
3
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Jenis Penyakit1.
 
Definisi Penyakit Tiroid
Tiroid adalah sebuah kelenjar kecil yang lunak terletak di bawahkulit dan otot-otot di bagian depan leher, warnanya merah kecoklatan,dengan membagi dua kiri dan kanan (disebut lobus) yang terlihat sepertisayap seekor kupu-kupu ini ringan dan biasanya berat kurang dari satuons.Fungsinya sangat penting dalam kehidupan manusia yaitumengontrol metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh itu sendirimerupakan suatu proses kimia maupun fisika yang terjadi dalam sel yangbertujuan untuk menghasilkan energi, selama kita hidup prosesmetabolisme ini terus berlangsung dan tiroid itulah yang mengatur prosestersebut secara normal tidak terlalu cepat maupun lambat.Bila tiroid bekerja terlalu keras karena suatu hal maka keadaan itudisebut sebagai hipertiroid, dan bila terlalu lambat maka disebut sebagaihipotiroid.
 
HipertiroidAdalah meningkatnya kadar T
4
dan T
3
dalam sirkulasi yangterjadi akibat kelenjar tiroid terlalu aktif atau pengeluaran hormon-hormon tiroid secara berlebihan.
 
Penyebab Hipertiroid-
 
Autoimun ( kelainan/ abnormalitas dari kerja sistem imundalam tubuh ).-
 
Infeksi kelenjar tiroid (tiroiditis).-
 
Tumor ( jinak/ganas).-
 
Kelebihan pemberian hormon tiroksin ( mis ; pemberian tidak rasional untuk menurunkan berat badan, atau pemberian padasaat terapi hipotiroid ).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->