Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
manfaat ilmu antropologi di indonesia

manfaat ilmu antropologi di indonesia

Ratings: (0)|Views: 551 |Likes:
antropologi dan manfaatnya
antropologi dan manfaatnya

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Irfan Rakhman Hidayat on Dec 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/10/2014

pdf

text

original

 
MAKALAH
MANFAAT ILMU ANTROPOLOGI BAGIINDONESIA
Disusun Oleh :
Irfan Rakhman Hidayat (1206273781)
Program Studi Administrasi NegaraFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia
 
1.Definisi Ilmu Antropologi
Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya. Antropologi adalahistilah kata bahasa Yunani yang berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos berarti manusia dan logos memiliki arti cerita atau kata.Objek dari antropologi adalah manusia di dalam masyarakat suku bangsa,kebudayaan dan prilakunya. Ilmu pengetahuan antropologi memiliki tujuan untuk mempelajari manusia dalam bermasyarakat suku bangsa, berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri.Menurut William A Haviland seorang antropolog amerika.antropologi adalahilmu pengetahuan yang mempelajari keanekaragaman manusia dan budayanya.dengan mempelajari kedua hal tersebut antroplogi adalah study yang berusaha menjelaskan berbagai bentukperbedaan dan persamaan dalam aneka ragamkebudayaan manusia.Koentjaraningrat bapak antropologi Indonesia mendukung definisi yangdiberikan oleh haviland tersebut.ia menyatakan bahwa antropologi adalah ilmu yangmempelajari umat manusiapada umumnya dengan mempelajari aneka warna bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan (koentjaraningrat,1996:4)Macam-Macam Jenis Cabang Disiplin Ilmu Anak Turunan Antropologi :
1.1 Antropologi Fisik 
1
. Paleoantrologi
adalah ilmu yang mempelajari asal usul manusia dan evolusimanusia dengan meneliti fosil-fosil.2.
Somatologi
adalah ilmu yang mempelajari keberagaman ras manusia dengnamengamati ciri-ciri fisik.
1.2. Antropologi Budaya
1.
 Prehistori
adalah ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan budaya manusia mengenal tulisan.2.
 Etnolinguistik antrologi
adalah ilmu yang mempelajari suku-suku bangsa yang adadi dunia / bumi.3.
 Etnologi
adalah ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalamkehidupan masyarakat suku bangsa di seluruh dunia.4
. Etnopsikologi
adalah ilmu yang mempelajari kepribadian bangsa serta perananindividu pada bangsa dalam proses perubahan adat istiadat dan nilai universal dengan berpegang pada konsep psikologi.Di samping itu ada pula cabang ilmu antropologi terapan dan antropologi spesialisasi.Antropology spesialisasi contohnya seperti antropologi politik, antropologikesehatan, antropologi ekonomi, dan masih banyak lagi yang lainnya.
 
Dari penjelasan singkat diatas,dapat dilihat bahwa secara umum antropologierat kaitanya dengan segala aspek budaya yang melekat dengan manusia.antropologimempelajari semuanya secara menyeluruh.disini terlihat peran penting antropologi diIndonesia,hal ini karena mengingat indonesia merupakan suatu negara dengan ratusan budaya.artinya ada peluang untuk antropologi dalam mengkaji budaya di indonesiayang beranekaragam tersebut.
2.Fase Perkembangan Antropologi
llmu
Antropologi
tidak muncul begitu saja di dunia ini. Akan tetapi,ilmu
antropologi
berkembang melalui beberapa fase, antara lain:
a) Fase Pertama
Fase ini terjadi sebelum tahun 1890, yang diawali dengankedatangan bangsa Eropa Barat untuk melihat suku-suku bangsa penduduk pribumi Afrika, Asia dan Amerika selama 4 abad.Akibatnya, beberapa daerah di Bumi ini terkena pengaruh negara-negara Eropa Barat.Ekspansi bangsa Eropa Barat ke berbagai daerah di bumi initernyata menghasilkan suatu laporan tentang dunia luar Eropa barat.Laporan tersebut diperoleh dari para musafir, pelaut, pendeta agama Nasrani dan lain-lain. Didalam laporan tersebut terdapat suatu ilmu pengetahuan tentang diskripsi adat-istiadat, bahasa dan ciri fisik darisuku-bangsa Afrika, Asia, Oseania serta suku Indian yang terdapat diAmerika. Laporan tadi disebut Etnografi, atau diskripsi tentang bangsa-bangsa.Selain itu, laporan yang diperoleh para musafir tersebut sangatmenarik orang-orang Eropa Barat karena didalamnya mengandung beberapa kebudayaan yang sangat berbeda dengan kebudayaan yangdimiliki bangsa Eropa. Akan tetapi beberapa laporan yang diperolehsering kali bersifat kabur. Dengan adanya kekurangan pada laporanyang dibuat oleh para pelaut itu, justru menarik perhatian kaumterpelajar di Eropa Barat untuk mempelajari lebih dalam. Hal inimenimbulkan 3 macam pandangan orang Eropa Barat terhadap bangsa-bangsa di Afrika, Asia, Oseania dan orang-orang Indian diAmerika, antara lain:

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Isa Riyanto liked this
almoon2 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->