Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
E. Additional 01 Pengurapan

E. Additional 01 Pengurapan

Ratings: (0)|Views: 346|Likes:
Published by Samuel Wijaya
Pengurapan atau pencurahan Roh Kudus tidak terjadi hanya satu tahun sekali, tetapi terjadi setiap hari, dan setiap gereja Tuhan yang bertumbuh adalah gereja Tuhan yang mengalami pencurahan Roh Kudus setiap hari, yang mengalami kepenuhan Roh Kudus setiap hari, yang mengalami kuasa Roh Kudus setiap hari, mengapa?
Pengurapan atau pencurahan Roh Kudus tidak terjadi hanya satu tahun sekali, tetapi terjadi setiap hari, dan setiap gereja Tuhan yang bertumbuh adalah gereja Tuhan yang mengalami pencurahan Roh Kudus setiap hari, yang mengalami kepenuhan Roh Kudus setiap hari, yang mengalami kuasa Roh Kudus setiap hari, mengapa?

More info:

Categories:Types, Speeches
Published by: Samuel Wijaya on Dec 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2013

pdf

text

original

 
 Pengurapan atau pencurahan Roh Kudus tidak terjadi hanya satu tahun sekali, tetapi terjadi setiap hari, dan setiap gereja Tuhan yang bertumbuh adalah gereja Tuhan yang mengalami pencurahan Roh Kudus setiap hari, yang mengalami kepenuhan Roh Kudus setiap hari, yang mengalami kuasa Roh Kudus setiap hari, mengapa?
 Kisah Para Rasul 2:17-20
:
Akan terjadi pada hari-hari terakhir
--demikianlah firman Allah--bahwa Aku akanmencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yangtua akan mendapat mimpi. Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akanKucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat. Dan Aku akan mengadakanmujizat-mujizat di atas, di langit dan tanda-tanda di bawah, di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah
sebelumdatangnya hari Tuhan
, hari yang besar dan mulia itu
.”
 Ayat di atas menjelaskan pada kita bahwa Tuhan mencurahkan RohNya ke atas semua manusia sampaikepada titik sebelum datangnya hari Tuhan, atau kedatangan TuhanYesus kedua kali. Dijelaskan di atasbahwa titik pertama pencurahan Roh Kudus adalah pada saat Pentakosta pertama kali. Tidak ada penjelasan bahwa pencurahan Roh Kudus hanya terjadi pada saat Pentakosta satu kali setiap tahun.Tetapi pencurahan Roh Kudus itu akan terus terjadi setiap hari sampai titik sebelum datangnya hariTuhan. Jadi saat ini kita sedang ada di dalam waktu-waktu dan masa-masa pencurahan yang terus-menerus ini oleh karena itu kita harus terus menjaga agar di dalam kita tetap ada pengurapan Roh Kudus. Kunci utama mendapatkan pencurahan Roh Kudus dan pengurapan adalah kehausan yang luar biasa dihadapan Tuhan.
Yesaya 44:3
:
Sebab
Aku akan mencurahkan
air ke
atas tanah yang haus
, dan
hujan lebat
ke
atas tempatyang kering
. Aku akan
mencurahkan Roh-Ku
ke
atas keturunanmu
, dan
berkat-Ku
ke
atasanak cucumu
.”
Sekarang ini kita akan belajar mengenai pengurapan secara keseluruhan.
Tradisi, Sejarah dan Latar Belakang 
Secara umum urapan atau minyak urapan merupakan bagian dari kebutuhan hidup sehari-hari diantara orang-orang Yahudi dan urapan itu sendiri merupakan bagian ritual dan tradisional yang ada diantara mereka sebagai bagian dari kebudayaan mereka secara umum.
 Di bawah ini kita akan mempelajari kepentingan-kepentingan pengurapan bagi orang-orang Yahudi,dimulai dari hal yang paling sederhana sampai kepada kepentingan yang rohani
.Mengapa kita mempelajarinya juga? -- Kita mempelajari hal ini, karena kita sebagai Israel-Israel rohani perlu mengerti bahwa pengurapan di dalam kehidupan kita adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan,terutama bagi setiap kita yang melayani di dalam ladang pelayanan. Selama ini kita mengalami segalasesuatu yang berkaitan dengan pengurapan hanyalah memiliki makna secara rohani dan melalui materi inikita hendak membuktikan bahwa pengurapan adalah sesuatu yang masih berlaku sampai sekarang ini juga bagi kita.1. Sebagai Prasyarat Kepemilikan Untuk Acara dan Keadaan KhususSecara umum minyak urapan dibuat dari minyak zaitun murni atau yang telah dicampur dengan parfum dan yang menjadi kegunaan yang paling umum, minyak urapan ini sering dipergunakan sebagai bagian dari berdandan atau tata rias.
1
PENGURAPAN
 JKI N
 ATIONS
’ L
IGHT 
C
HURCH
 
a.Minyak urapan adalah salah satu bahan yang digemari sebagai bagian yang penting di dalam menjaga penampilan yaitu, sebagai bahan “berurap” pada saat menghadapi suatu acara yang penting, seperti perayaan suatu hari raya tertentu, menghadiri jamuan pesta, menghadap orang yang dianggap sebagaiorang yang penting.
Mazmur 23:5
:
 Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku;
 Engkau mengurapi kepalakudengan minyak 
; pialaku penuh melimpah
.”
Pengkhotbah 9:8
:
 Biarlah selalu putih pakaianmu dan
 jangan tidak ada minyak di atas kepalamu
.”
Urapan adalah bagian yang sangat penting bagi kita untuk menghadiri suatu jamuan atau pesta sebagai bagian penghormatan terhadap orang yang mengundang dan menunjukkan kesungguhan kita sebagaiorang yang diundang.Bagi kita hal ini juga memiliki suatu kepentingan rohani yang cukup tinggi yaitu,
 jika kitahendak menghadap “Tuhan Raja Di Atas Segala Raja”
, maka hendaklah kita tetap memiliki pengurapan di dalam kita dan jangan sampai terjadi pada saat kita bertemu dengan Sang Raja, Iamenganggap kita ini tidak berisi atau di dalam kita tidak ada pengurapan.Ini yang Tuhan harapkan di dalam kehidupan kita bahwa kita ini adalah orang-orang yang diurapidan yang hidup secara terus menerus di dalam pengurapan yang telah diberikanNya kepada kita.Oleh karena itu kita harus menjaga seluruh pengurapan yang Tuhan telah berikan kepada kitasehingga pengurapan itu akan meresap ke dalam seluruh kehidupan kita secara jasmani ataupunsecara rohani. b.Berurap juga merupakan bagian yang penting dari pernyataan pemulihan kita atau suatu keadaan yangkhusus.
Yehezkiel 16:9:
 Aku membasuh engkau dengan air untuk membersihkan darahmu dari padamu dan
 Akumengurapi engkau dengan minyak 
.”
Disebutkan juga bahwa
pengurapan juga sebagai tanda dari pemulihan kita
, yang selaludidahului oleh pembasuhan atau mandi. Bagi kita seperti hal ini adalah sesuatu yang biasa kitalakukan sebagai bagian dari kehidupan bergereja, yaitu:Pada saat kita
bertobat
dari dosa-dosa kita dan percaya bahwa Yesus Anak Allah
Kitamemberi diri untuk 
dibaptis
 
 
Tuhan akan mengurapi
kita.
Baptisan air
bisa menjadi salah satu sarana awal pengurapan yang akan kita terima, kemudian
baptisan Roh Kudus
menjadi sarana yang sangat luar biasa dari pengurapan yang kita terima,karena
melalui baptisan Roh Kudus ini kita akan diurapi dengan kuasa untuk melayani
.
c.
Di dalam semua tindakan yang dikatakan “
berurap atau mengurapi
” selalu disertai dengan “
mandiatau dimandikan
”, dapat kita baca di dalam kitab
Ruth 3:3; 2 Samuel 12:20; dan Yehezkiel 16:9
.
2 Samuel 12:20
:
 Lalu Daud bangun dari lantai,
ia mandi dan berurap dan bertukar pakaian
; ia
masuk ke dalamrumah TUHA
dan sujud menyembah. Sesudah itu pulanglah ia ke rumahnya, dan atas permintaannya dihidangkan kepadanya roti, lalu ia makan
.”
Di sini diceritakan bahwa setelah Daud menyelesaikan masa perkabungannya ia mandi dan berurap,lalu masuk ke Rumah Tuhan untuk menyembah Tuhan. Maka di sini kita ketahui bahwa
terhadapsiapa kita menganggap penting, pada saat kita bertemu dengannya kita harus menghadap dengankeadaan “berurap” 
.
2
 
Bagi orang-orang yang sangat miskin, merekapun terbiasa untuk menyimpan minyak urapan yanghanya akan dipakai untuk saat-saat atau kegiatan yang khusus, dan hampir dipastikan setiap rumahtangga memilikinya.Misalnya, keluarga Naomi termasuk keluarga yang miskin, tetapi ternyata juga menyimpanminyak urapan di keluarganya, di dalam kitab
Ruth 3:3
:
“…
mandilah dan beruraplah, pakailah pakaian bagusmu
dan
 pergilah
ke tempat pengirikan itu.Tetapi janganlah engkau ketahuan kepada orang itu, sebelum ia selesai makan dan minum
.”
Ruth diperintahkan oleh mertuanya untuk menemui Boas yang adalah majikannya secara tidak resmi,untuk menyampaikan sesuatu yang sangat penting dan karena Boas ini adalah seseorang yang pentingdan tidak mudah untuk didekati, maka oleh mertuanya Ruth diperintahkan untuk berdandansedemikian rupa dan “berurap” untuk bertemu dengan Boas.2. Sebagai Bahan Yang Berfungsi Secara Klinisa.Minyak urapan juga berfungsi secara klinis bagi tubuh terutama bagi kulit.
Dikarenakan daerah Timur Tengah memiliki keadaan iklim yang cukup ekstrim yaitu, panas terik kering sepanjang tahun yang disertai keadaan yang berdebu dan sedikit berkapur, dan minyak urapan ini memiliki fungsi sebagai penyejuk atau penyegar bagi kulit dan minyak ini diurap kesecara merata pada kulit atau bagian tubuh yang terbuka terutama pada bagian wajah.
Mazmur 104:15
:
“…
dan anggur yang menyukakan hati manusia,
 yang membuat muka berseri karena minyak 
 , danmakanan yang menyegarkan hati manusia
.”
Dari penjelasan ayat di atas kita mengerti bahwa minyak urapan sangat diperlukan untuk menangkal keadaan ekstrim dari suatu tempat dengan iklim yang sangat tidak menguntungkan.Hal ini dapat kita bandingkan dengan contoh yang terdapat di Alkitab yang memiliki hubungandengan hal ini:
Kejadian 29:16,17:
“Laban mempunyai dua anak perempuan; yang lebih tua namanya Lea dan yang lebih mudanamanya Rahel.
 Lea tidak berseri matanya
, tetapi Rahel itu elok sikapnya dan cantik parasnya.“
Menurut terjemahan Bible in Basic English, “
 And Leah's eyes were clouded 
, but Rachel was fair in face and form.“ Secara rohani
pengurapan di dalam hidup kita berfungsi sebagai bahan penyejuk atau penyegaryang terjadi terus-menerus bagi manusia rohani
kita, dengan tujuan kita bisa menyegarkan ataumembagi kesegaran kita kepada sekeliling kita agar orang-orang yang berada di dekat kita mendapat berkat yang membangun kehidupan mereka, dan hal ini dapat kita pelajari di dalam:
Yohanes 4:13-14
:
 Jawab Yesus kepadanya: "Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air  yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampaikepada hidup yang kekal 
."”
Yohanes 7:37-39
:
 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus,baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup." Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesusbelum dimuliakan
.”
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->