Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Injektor, Injector

Injektor, Injector

Ratings: (0)|Views: 186 |Likes:
Published by adi pamungkas
cara kerja injektor
cara kerja injektor

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: adi pamungkas on Dec 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2013

pdf

text

original

 
 MAKALAH SISTEM KONTROL ELEKTRONIK
“INJEKTOR”
 
Disusun oleh :Lutfi Rahmad W. 09504241019 Adi Pamungkas 09504241020Catur Apriyadi 09504241021
PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIFFAKULTAS TEKNIKUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
 
 
PENDAHULUAN
Isu penting saat ini bagi sebagian besar masyarakat dunia adalah perubahan iklimglobal disebabkan oleh pencemaran lingkungan. Permasalahan polusi menjadi semakinpelik selain karen ajumlah penghasil polusi yang semakin banyak, juga jumlah pendudukanyang terus meningkat juga akan mempengaruhi pertumbuhan polutan yang menyebabkanpolusi. Dampat yang paling gencar di kampanyekan saat ini adalah pemanasan global atauglobal warming yang memicu perubahan iklim di dunia.Pencemaran udara di dunia tidak akan terlepas dari polusi akibat gas buangkendaraan. Gas buang kendaraan yang mengadung berbagai macam zat berbahaya terusmenerus dan dalam jumlah yang semakin banyak akan mengotori udara. Gas CO, NOx, HCyang merupakan gas berbahaya bagi makhluk hidup. Efek yang lebih jauh lagi adalahmenjadi salah satu penyebab terbentuknya rumah kaca pada atmosfer yang mengakibatkanmeningkatnya suhu permukaan bumi.Berdasarkan hal tersebutlah, teknologi pada kendaraan khususnya kontrol emisisemakin di kembangkan. Setiap produsen berlomba-lomba menciptakan teknologi baru danmengklaim bahwa produk mereka adalah yang paling ramah lingkungan dan minim polusigas buangnya. Teknologi yang berkembang sudahlah sangat canggih, dan sebagai dasar perubahan teknologi kontrol emisi ini adalah sistem injeksi bahan bakar yang dikontrolsecara elektronik. Dengan perhitungan takaran dan waktu penginjeksian yang tepat, akanmenghasilkan tenaga maksimal namun juga emisi gas buang yang rendah.Prinsip dasar dari sebiak kontrol elektronik adalah sebuah komputer akan menerimasinyal-siyal dari sensor, kemusian mengolahnya berdasarkan data yang tersimpar dalammemori,kemudian akan menterjemahkannya menjdai suatu tindakan oleh aktuator untukdiwujudkan menjadi kerja aktual. Berdasarkan prinsip itulah berbagai perkembangan kontolelektronik berkembang sampai saat ini. Dalam makalah ini kami akan membahas salah satukomponen aktuator yaitu injektor sebagai komponen vital dalam sistem injeksi bahan bakar elektronik.
 
PEMBAHASANINJEKTORPendahuluan
Injektor iadalah suatu injeksi atau semprotan dari jarum dengan solenoid yangdikontrol oleh ECM.Berdasarkan jumlah udara yang masuk dan putaran mesin, ECM menghitung dasar waktu injeksi bahan bakar, dan menghitung secara tepat lamanya waktu injeksi bahan bakar berdasarkan temperatur pendingin mesin, sinyal umpan balik dari oxygen sensor selamaclose-loop-control, kondisi laju kendaraan termasuk akselerasi dan deselerasi, serta statuspengisian battery, dengan tujuan mengontrol injektor melalui sinyal pulsa yang konstan, dantekanan injeksi dikontrol agar tetap konstan. Kemudian jumlah bahan bakar yang dinjeksikanakan ditentukan berdasarkan lamanya waktu penginjeksian bahan bakar melalui kerjasolenoid yang menahan needle valve agar terbuka, menggunakan Pulse Width Modulation(PWM) yang dikirim dari ECM. Semakin lama waktu injeksi bahan bakar (pulse widthsemakin lama) maka bahan bakar yang disemprotkan oleh injektor juga akan semakinbanyak.Berdasarkan keterangan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kerja sistem injeksibahan bakar elektronik adalah: injeksi dipengaruhi oleh injektor. Banyaknya bahan bakar yang disemprotkan ditentukan oleh lamanya waktu injeksi oleh injektor yang dihitung olehECM berdasarkan kwantitas udara yang masuk, dan kondisi laju kendaraan. Umumnya adadua macam sistem injeksi yang digunakan:1. MPI (Multi-Point Injection)2. SPI (Single-Point Injection)Kedua sistem tersebut memerlukan pompa bahan bakar yang setiap saat harusmengirim bahan bakar ke mesin melalui fuel filter dari fuel tank. Pompa bahan bakar bisadipasang di dalam atau diluar fuel tank.Injektor menginjeksi bahan bakar pada intake manifold, dan sistem tekanannya diatur olehpressure regulator sehingga tekanannya tetap konstan.Pada sistem SPI, uap bahan bakar diinjeksikan oleh satu injektor yang letaknya ditengah atas throttle valve. Pendistribusian campuran bahan bakar udara yang didistribusikanke setiap cylinder akan tercapai di intake manifold. Untuk sekarang ini sistem tersebut sudahtidak dipakai lagi karena distribusi injeksi bahan bakarnya tidak bagus.Untuk sistem MPI, masing-masing cylinder mempunyai satu injektor, yang dipasangdi intake-manifold dan menginjeksikannya ke intake valve masing-masing cylinder. Suplaibahan bakar ke setiap injektor mengandalkan fuel rail.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
Imuz liked this
Yuzrhy Botax liked this
Alansafarudin liked this
Neny Ismawati liked this
adi pamungkas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->