Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ruptur uretra

ruptur uretra

Ratings: (0)|Views: 830|Likes:
Published by etigenx

More info:

Published by: etigenx on Dec 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2014

pdf

text

original

 
1
RUPTUR URETRAI.
 
PendahuluanRuptur uretra adalah suatu kegawatdaruratan bedah yang sering terjadi olehkarena fraktur pelvis akibat kecelakaan lalulintas atau jatuh dari ketinggian. Sekitar 70%dari kasus fraktur pelvis yang terjadi akibat dari kecelakaan lalulintas/kecelakaankendaraan bermotor, 25% kasus akibat jatuh dari ketinggian, dan 90% kasus cedera uretraakibat trauma tumpul. Secara keseluruhan pada fraktur pelvis akan terjadi pula cederauretra bagian posterior (3,5%-19%) pada pria, dan (0%-6%) pada uretra perempuan.
1,2
Fraktur pada daerah pelvis biasanya karena cedera akibat terlindas ( crush injury),dimana kekuatan besar mengenai pelvis. Trauma ini juga seringkali disertai dengancedera pada anggota tubuh lainnya seperti cedera kepala, thorax, intra abdomen, dandaerah genitalia. Angka kematian sekitar 20 % kasus fraktur pelvis akibat robekan padavena dan arteri dalam rongga pelvis.
2
 Fraktur pelvis yang tidak stabil atau fraktur pada ramus pubis bilateral merupakantipe fraktur yang paling memungkinkan terjadinya cedera pada urethra posterior.Dilaporkan, cedera pada urethra posterior sekitar 16% pada fraktur pubis unilateral danmeningkat menjadi 41% pada fraktur pubis bilateral. Cedera urethraprostatomembranaceus bervariasi mulai dari jenis simple ( 25%), ruptur parsial ( 25%)dan ruptur komplit ( 50%).
2
II.
 
AnatomiSistem kemih seluruhnya terletak di bagian retroperitoneal, sehingga prosespatologi seperti obstruksi, radang, dan pertumbuhan tumor terjadi di luar ronggaabdomen, tetapi gejalanya dan tandanya mungkin tampak di perut menembus peritoneumparietal belakang. Gajala dan tanda jarang disertai tanda rangsang peritoneum. Arterirenalis dan cabangnya merupakan arteri tunggal tanpa kolateral
(end artery)
sehinggapenyumbatan pada arteri atau cabangnya mengakibatkan infark ginjal. Dinding uretermempunyai lapisan otot yang kuat, yang dapat menyebabkan kontraksi hebat disertainyeri yang sangat hebat. Dinding muskuler tersebut mempunyai hubungan langsungdengan lapisan otot dinding pielumdi sebelah cranial dan dengan otot dinding buli-bulidi
 
2
sebelah kaudal. Ureter menembus dinding muskuler masuk ke kandung kemih secaramiring sehingga dapat mencegah terjadinya aliran balik dari kandung kemih ke ureter.
 
Sistem pendarahan ureter bersifat segmental dan berasal dari pembuluh arteri ginjal,gonad, dan buli-buli.
3
 Uretra adalah saluran kecil yang dapat mengembang, berjalan dari vesika urinariasampai keluar tubuh, yang berfungsi untuk menyalurkan urin dari vesika urinaria hinggameatus bermuara ke meatus urinarius externus.
4
Secara anatomis, urethra pada pria terbagi dua menjadi pars anterior dan parsposterior, yang saling berbatasan pada diafragma urogenital. Urethra proksimal mulaidari perbatasan dengan buli-buli, orificium uretra internum dan uretra prostatica. Urethrapostatica seluruhnya terdapat di dalam prostat dan berlanjut menjadi urethramembranaceus. Struktur yang menjaga adalah ligamentum puboprostatika melekatkanprostat membran pada arkus anterior pubis. Urethra membranaceus terdapat pada ujunganterior diafragma urogenital dan menjadi bagian proksimal urethra anterior setelahmelewati membran perineum. Urethra bulbosa, agak menonjol pada proksimal anterior,berjalan di sepanjang bagian proksimal korpus spongiosum dan berlanjut menjadi urethrapendulosa di sepanjang uretra anterior. Ductus dari glandula Cowper bermuara di urethrabulbosa. Urethra penil atau pendulosa berjalan di sepanjang penis dimana berakhir padafossa naviculare dan meatus urethra eksternus.
2,5
 Uretra diperlengkapi dengan sfingter uretra interna yang terletak pada perbatasanbuli
 – 
buli dan uretra, serta sfingter uretra eksterna yang terletak pada perbatasan antarauretra anterior dan posterior. Sfingter uretra interna terdiri atas otot polos yang dipersarafioleh sistem simpatis sehingga pada saat buli
 – 
buli penuh, sfingter ini terbuka. Sfingteruretra eksterna terdiri atas otot bergaris dipersarafi oleh sistem somatik yang dapatdiperintah sesuai dengan keinginan seseorang. Pada saat kencing sfingter ini terbuka dantetap tertutup pada saat menahan kencing. Panjang uretra pada pria sekitar 8 inci (20 cm),
 
3
Gambar 1: Potongan sagital organ pelvis pada pria dan perempuan.
5
sedangkan pada uretra wanita sekitar 1
1
 /2 inci (4cm), yang berada di bawah simfisispubis dan bermuara di sebelah anterior vagina. Di dalam uretra bermuara kelenjarpariuretra, diantaranya adalah kelenjar skene. Kurang lebih sepertiga medial uretra,terdapat sfingter uretra eksterna yang terdiri atas otot bergaris. Tonus otot sfingter uretraeksterna dan tonus otot levator ani berfungsi mempertahankan agar urin tetap berada didalam buli
 – 
buli pada saat perasaan ingin miksi. Miksi terjadi jika tekanan intravesicamelebihi tekanan intrauretra akibat kontraksi otot detrusor, dan relaksasi sfingter uretraeksterna.
3,4
III.
 
EtiologiTerjadinya ruptur uretra dapat disebabkan oleh cedera eksternal yang meliputifraktur pelvis atau cedera tarikan
( shearing injury).
Selain itu, juga dapat disebabkanoleh cedera iatrogenik, seperti akibat pemasangan kateter, businasi, dan bedahendoskopi.
3,7
 Ruptur uretra anterior biasanya terjadi karena trauma tumpul (paling sering) atautrauma tusuk. Dan terdapat sekitar 85% kasus rupture uretra anterior pars bulbosa akibattrauma tumpul.
11
 

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
gustian_ballack liked this
Aan Capella liked this
Yusuf Timika liked this
R'punzel Curly liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->