Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Paper Unsur Logam

Paper Unsur Logam

Ratings: (0)|Views: 37 |Likes:
Published by ahmad kabirul rifai

More info:

Published by: ahmad kabirul rifai on Dec 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/08/2013

pdf

text

original

 
UNSUR LOGAM
[Type the document subtitle]
personal[Pick the date]
Nama:
 
Ahmad Kabirul Rifai
 
Hikmatunnisa Fadila
 
Mochamad Rizal Hidayat
 
Tina Aprilia
 
I.
 
PENDAHULUAN
Logam berasal dari bahasa Yunani, yaitu
Metallon
. Dalamkimia, logam adalah sebuahunsur kimiayang siap membentuk ion(kation) dan memilikiikatan logam.Logam adalah salah satu dari tiga kelompok unsur yangdibedakan oleh sifat ionisasi dan ikatan, bersama dengansemi-logamdannon- logam.Dalamtabel periodik,garis diagonal digambar dariboron(B) sampai kepolonium(Po) membedakan logam dari nonlogam. Unsur dalam garis ini adalahsemi-logam, unsur di kiri bawah adalah logam, unsur ke kanan atas adalah non-logam.Non-logam lebih banyak terdapat di alam daripada logam, tetapi logambanyak terdapat dalam tabel periodik. Beberapa logam terkenaladalahaluminium,tembaga,emas,besi,timah,perak,titanium,uranium,  danzink. Logam cenderung mengkilap, dankonduktoryang baik, sementaranonlogam biasanya rapuh, tidak mengkilap, daninsulator. 
II.
 
JENIS
Jenis-Jenis Logam :
1.
 
Logam Alkali
Logam Alkali adalah kelompok unsur kimiapada Golongan 1Atabel periodik,kecualiHidrogen.  Kelompok ini terdiri dari:Lithium (Li), Natrium (Na), Potassium (K), Rubidium (Rb), Cesium(Cs), Francium (Fr).Semua unsur pada kelompok ini sangat reaktif sehingga secara alami tak pernah ditemukan dalam bentuk tunggal. Untuk menghambatreaktivitas, unsur-unsur logam alkali harus disimpan dalam mediumminyak.
2.
 
Logam Alkali Tanah
Logam Alkali Tanah adalah kelompok unsur kimiaGolongan 2Apadatabel periodik. Kelompok ini terdiri dari:
 
Beryllium (Be), Magnesium (Mg), Calcium (Ca), Strontium (Sr),Barium (Ba), Radium (Ra).
3.
 
Logam Transisi
Logam transisi adalah kelompok unsur kimiayang berada padagolongan 3 sampai 12 (IB sampai VIIIB pada sistem lama). Kelompok ini terdiri dari 38 unsur. Semua logam transisi adalah unsur blok-d yangberarti bahwaelektronnyaterisi sampai orbit 3d.
4.
 
Logam Lainnya
Aluminium (Al), Gallium (Ga), Indium (In), Thallium (Tl), Ununtrium(Uut), Tin (Sn), Lead (Pb), Ununquadium (Uuq), Bismuth (Bi),Ununpentium (Uup), Ununhexium (Uuh) serta logam lantanida danaktinida.
III.
 
SIFAT
 – 
SIFAT
Logam mempunyai sifat-sifat istimewa yang menjadi dasar penggunaanya. Sifat-sifat tersebut dapat dirangkum sebagai berikut:1.
 
Kuat
Kecuali raksa, semua berwujud padat pada suhu kamar.Kekerasan dan kekuatan logam dapat ditingkatkan dengan caramencampurkan logam dengan logam yang lain ataudengannon logam yang disebut aliase (alloy) misalnya aliasealuminium dengan magnesium yang dimanfaatkan sebagaibahan konstruksi bangunan, jembatan dankendaraan bermotor.2.
 
Dapat ditempa
dan dapat direnggangkan. Bergantung pada kemudahanlapisan-lapisan atom menggelincir diatas lapisan atom lainnya yang terdapatdalam kristal logam. Semakin simetris susunan atom dalam suatu logam akansemakin mudah ditempa dan diregangkan. Elektron valensi yang beradadalam logam mengelilingi ion logam yang bermuatan positif secara simetriskarena gaya tarik antar ion logam dan elektron valensi sama ke segala arah.Sehingga bila ditempa, logam tidak akan remuk, tetapi akanmenggeser. Logam tidak hancur bila dipukul. Maka, logamdapat ditempa untuk membuat berbagai perkakas, barangkerajinan atau perhiasan. Logam dapat pula diulur menjadi kawat.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->