Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Penginderaan Jauh Ida.

Makalah Penginderaan Jauh Ida.

Ratings: (0)|Views: 166 |Likes:
Published by Ahmad Febrianda

More info:

Published by: Ahmad Febrianda on Dec 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/07/2013

pdf

text

original

 
 Makalah PENGINDERAAN JAUH 
Di susun oleh:
Nama : RosidaNim : 2010133381Kelas : 5i Geografi
Dosen pengasuh:
Edi Gumuntur, Mp. dJURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFIUNIVERSITAS PGRI PALEMBANGTAHUN AJARAN 2012
 
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar BelakangProgram Diploma Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (Diploma III PJ &SIG) dibuka pertama tahun 1999 berdasarkan SK DIKTI No. 358/DIKTI/Kep/1998 dandirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai, bekerja mandiri ataupun mendampingisarjana S-1 dan S-2 di bidang survei-pemetaan. Program Diploma III PJ & SIG memberi bekalpenguasaan teknis yang kuat pada 3 dari 5 bidang utama survei pemetaan, yaitu : PenginderaanJauh, Sistem Informasi Geografi,dan Kartografi; sementara 2 bidang utama lain (fotogrametridan land surveying) tetap diberikan secara memadai. Penggunaan Global Positioning System(GPS) juga diberikan di program ini.Penginderaah Jauh merupakan ilmu dan teknologi perolehan informasi obyek ataufenomena di permukaan bumi tanpa kontak langsung. Untuk dapat memperoleh informasi itu,diperlukan sensor yang dipasang pada pesawat udara, pesawat ulang- alik, atau satelit tak berawak. Sensor dapat berupa kamera fotografik, antena radar, maupun scannermultispektral/hiperspektral. Sensor menghasilkan citra (gambar) untuk dianalisis lanjut sesuaitema, menjadi peta.
B.
 
Rumusan Masalah
 
1. Apa pengertian penginderaan jauh ?2. Apa saja komponen dalam pengideraan jauh ?3. Bagaimana sistem dalam penginderaan jauh ?
 
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian Penginderaan Jauh
 
Menurut Lillesand dan Kiefer(1979)(2007)  Penginderaan Jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang obyek, wilayah,atau gejala dengan cara menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpakontak langsung terhadap obyek, wilayah, atau gejala yang dikaji.
 
Menurut Colwell(1984) Penginderaaan Jauh yaitu suatu pengukuran atau perolehan data pada objek di permukaan bumidari satelit atau instrumen lain di atas atau jauh dari objek yang diindera.
 
Menurut Curran(1985) Penginderaan Jauh yaitu penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambarlingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna.
 
Menurut
 American Society of Photogrammetry
 (1983) Penginderaan jauh merupakan pengukuran atau perolehan informasi dari beberapa sifat objek atau fenomena, dengan menggunakan alat perekam yang secara fisik tidak terjadi kontak langsung dengan objek atau fenomena yang dikaji.
 
Menurut Avery(1985) Penginderaan jauh merupakan upaya untuk memperoleh, menunjukkan (mengidentifikasi) danmenganalisis objek dengan sensor pada posisi pengamatan daerah kajian.
 
Menurut Lindgren(1985) Penginderaan jauh yaitu berbagai teknik yang dikembangkan untuk perolehan dan analisisinformasi tentang bumi.
1
 
1
http://id.wikipedia.org/wiki/Penginderaan_jauh

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->