Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah semantik

makalah semantik

Ratings: (0)|Views: 239 |Likes:
Published by QeQe Rizkii Amaliah

More info:

Published by: QeQe Rizkii Amaliah on Dec 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/28/2012

pdf

text

original

 
Materi Bahan AjarSemantik "Konsep UmumMakna"
Kelas PB 2010Nama Kelompok:1.M. Miftakhul Bashori(102074958)2.Rizki Amaliah(102074213)
 
3.Arum Lestari(102074228)4.Inta Mustika C.(102074229)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYAFAKULTAS BAHASA DAN SENIPENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA2012
I.
Konsep Makna, Lambang, Acuan dalam Kajian Semantik 
A.
Konsep Makna
Pengertian Makna Istilah makna (meaning) merupakan kata dan istilah yangmembingungkan. Pengertian dari makna sendiri sangat membingungkan, ada yangmengatakan bahwa makna adalah bagian yang tidak terpisahkan dari semantik dan selalumelekat dari apa saja yang kita tuturkan.Pengertian makna dari para ahli, diantaranya:
Mansoer pateda mengemukakan bahwa istilah makna merupakan kata-kata danistilah yang membingungkan dan selalu menyatu pada tuturan kata maupunkalimat.
Ullman mengemukakan bahwa makna adalah hubungan antara makna dan pengertian.
Ferdinand de Saussure mengungkapkan pengertian makna sbagai pengertian ataukonsep yang dimiliki atau terdapat pada suatu tanda linguistik.
Bloomfield mengemukakan bahwa makna adalah suatu bentuk kebahasaan yangharus dianalisis dalam batas “unsur” penting situasi dimana penutumengujarkannya.
 
Aminnudin mengemukakan bahwa makna merupakan hubungan antara bahasadengan bahasa luar yang disepakati bersama oleh pemakai bahasa sehingga dapatsaling mengerti.Dalam kamus linguistik, pengertian makna dijabarkan menjadi:1.Maksud pembicara.
2.
Pengaruh penerapan bahasa dalam pemakaian persepsi atau perilakumanusia atau kelompok manusia.
3.
Hubungan dalam arti kesepakatan atau ketidaksepadanan antara bahasaatau antara ujaran dan semua hal yang ditunjukanya.4.Cara menggunakan lambang-lambang bahasa.
B.Tanda dan Lambang (simbol)
Tanda dan lambang (simbol) merupakan dua unsur yang terdapat dalam bahasa.Tanda dan lambang (simbol) dikembangkan menjadi sebuah teori yang dinamakansemiotik. Semiotik mempunyai tiga aspek yang sangat berkaitan dengan ilmu bahasa,yaitu aspek sintaksis, aspek semantik, dan aspek pragmatik. Ketiga aspek kajian semiotik ini dapat dijelaskan sebagai berikut.Pertama, aspek sintaksis, sintaksis semiotik merupakan studi tentang relasi yangsering kali tertuju pada pencarian peraturan-peraturan yang pada dasarnya berfungsisecara bersama-sama. Sintaksis semiotik tidak dapat membatasi diri dengan hanyamempelajari hubungan antartanda dalam suatu sistem yang sama. Sejauh perhatian utamakita ditujukan pada hubungan antartanda, maka kita bergerak dalam bidang sintaksissemiotik.Kedua, aspek semantik, semantik semiotik merupakan penelitian yang tertuju padahubungan antara tanda dan denotatumnya, dan interpretasinya. Ketiga, aspek pragmatik, jika yang menjadi objek penelitian adalah hubungan antara tanda dan pemakaian tanda,maka kita memasuki bidang pragmatik semiotik.Lebih singkat Djajasudarma (1993) menjelaskan tiga aspek semiotik yaitu semanti berhubungan dengan tanda-tanda; sintaktik berhubungan dengan gabungan tanda-tanda(susunan tanda-tanda); sedangkan pragmatik berhubungan dengan asal-usul, pemakaian,dan akibat pemakaian tanda-tanda di dalam tingkah laku berbahasa.Saussure sebagai bapak ilmu bahasa modern menggunakan istilah semiologi,sedangkan Peirce, seorang ahli filsafat memakai istilah semiotik. Kata semiotik berasaldari kata Yunani semeion, yang berarti ‘tanda’, maka semiotik berarti ‘ilmu tanda’.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->